Home » » Mengapa Komentar Blog Harus Dimoderasi

Mengapa Komentar Blog Harus Dimoderasi

komentar spam blog
ADA beberapa alasan Mengapa Komentar Blog Harus Dimoderasi alias jangan disetting "otomatis publish". Alasan utamanya adalah menghindari komentar spam (spammy comments) dan komentar yang "tidak sopan".

Untuk setting kotak komentar yang baik versi CB, silakan baca: Tips Agar Blog Banyak Komentar.

Sebagai contoh, apa Anda rela blog Anda tiba-tiba berisi komentar spam seperti gambar di bawah ini?

komentar spam

Gambar di atas hanya satu contoh. CB sering mendapatkannya dan langsung "Delete" saja. Maaf yaa....!!! CB sudah sarankan, gunakan saja OpenID untuk Komentar jika bermaksud promosi blog di kolom komentar.

Waduh, kebayang deh, kalo komentar di atas CB loloskan, bisa-bisa Google Adsense blog ini di-banned! Wuihhh.... gak banget deh...! GA 'kan melarang konten dewasa!


Alasan Moderasi Komentar Lainnya
Alasan lain kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi adalah agar kita bisa memantau dan menjawab langsung saat klik "Publish" sebuah komentar.

Jika otomatis publish, blogger akan kesulitan memantau komentar terbaru yang masuk, mana yang harus dijawab dan mana yang tidak. Wasalam.

Thanks for reading & sharing Mengapa Komentar Blog Harus Dimoderasi

Previous
« Prev Post

6 comments:

Comment Page:
  1. Langsung ke TKP untuk setting pengaturan kommentar, takut kena banned dari GA, terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  2. Selama ini saya hanya langsung gan, ternyata itu alasannya.
    terimakasih sharenya, salam sukses

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat gan, salam sukses

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalo komentar dari pengunjung bisa berdampak pada adsense,mas...bisa jadi pertimbangan untuk membuka kolom komentar tapi di moderasi saja biar aman dan bersih, karena sudah beberapa waktu menulis di blog kolom komentar sengaja ditutup karena merasa tidak perlu ada komentar :)

    ReplyDelete
  5. Komentar seperti ini memang perlu di moderasi dan langsung di remove karena tidak sesuai dengan artikel yang kita posting, justru ini hanya komentar jualan gitu mas :)

    ReplyDelete
  6. Setuju, moderasi itu penting tapi yang lebih itu selektif memilih komentar yang akan ditayangkan. Kalau misalnya yang menaruh link masih dibiarkan muncul berarti si admin kurang selektif.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox