Home » » Tips Komentar yang Baik di Blog Orang Lain

Tips Komentar yang Baik di Blog Orang Lain

Komentar yang Baik di Blog
BANYAK blogger yang komentar di blog orang lain "alakadarnya" atau "asal komen", lalu meninggalkan link blognya dan memang hanya itu tujuannya --menebar link. Tips Komentar yang Baik di Blog Orang Lain ini akan menunjukkan betapa hal itu merupakan hal keliru.

Berkomentar di blog lain untuk meningkatkan trafik memang sering menjadi strategi jitu, khususnya bagi blog baru. Ini pula cara jitu untuk memulai membangun hubungan di niche blog Anda.
Namun demikian, terlalu banyak blogger yang berkomentar dengan cara yang salah. Jika Anda meninggalkan komentar dengan hanya menulis "great post!", maka Anda membuang-buang waktu.

"If you leave comments that don’t say much more than “great post!” then you’re wasting your time (and everyone else’s)," kata Daily Blog Tips yang memberikan ide bagaimana sebaiknya kita melakukan strategi komentar, sebagai berikut:

#1: Think Quality, Not Quantity
Pikirkan kualitas, bunkan jumlah. Jangan perlakukan komentar sebagai permainan jumlah. Jauh lebih baik menulis lima komentar yang "mendalam" ketimbang 50 komentar "asal".

Jika komentar Anda tidak relevan dengan posting, salah ketik, atau bahkan "spammy" (berbau spam), maka komentar Anda akan dihapus --maka sia-sialah waktu Anda.

#2: Choose a Few Blogs to Focus On
Pilih beberapa blog untuk fokus komentar. Sebaiknya Anda mem-follow beberapa blog yang Anda sukai, khususnya yang se-"niche" dengan blog Anda. Di blog-blog yang Anda ikuti itulah Anda berkomentar yang berkualitas sekaligus membangun hubungan baik dengan author dan komunitasnya.

#3: Try to Get In Early
Jadilah komentator yang pertamax :) Ini akan membuat komentar Anda yang pertama dibaca oleh blogger dan komentator lain.

#4: Say Something Relevant and Interesting
Tulislah komentar yang relevan dan menarik, lebih baik lagi memberikan masukan atau tambahan pada posting yang ada. Itu akan membuat blogger dan komentator lain tertarik membuka blog Anda.

Berikut ini contoh komentar yang buruk (bad comment):
  1. Informasi yang berguna sekali, kunbal ya www.contohblognih.blogspot.com
  2. Great Post! Nice info. Berguna sekali bagi saya....!
Komentar semacam itu tidak berisi apa-apa, selain terkesan basa-basi dan hanya berniat mendapatkan kunjungan balik atau meninggalkan link blog.

Berikut ini contoh komentar yang baik (good comment):
  1. Tambahan gan, backlink juga penting. Selain itu, tampilan blog juga jangan terkesan "kumuh", banyak warna yang tidak serasi, atau warna terang yang menyilaukan. 
  2. Bener tuh, banyak blogger yang gonta-ganti template, udah gitu kontennya kebanyakan copas dari blog orang lain. Lebih parah lagi dia tidak mencantumkan sumbernya... disangkanya dia ahli, saat ada yang tanya, dia bingung jawabnya, pisss....!
#5: Use Your Real Name
Gunakan nama asli. Ini yang terbaik. Paling tidak, gunakan nama yang konsisten (username, misalnya). Jangan sekali-kali menggunakan "anonymous" atau tanpa nama. Kesannya "tidak jantan" alias penakut.

Jika blog Anda berupa toko online, jangan gunakan OpenID dengan nama toko Anda, gunakan saja nama Anda, link-nya baru gunakan nama toko. Menggunakan nama toko online atau nama usaha di komentar, kesannya seperti spam dan cenderung dihapus oleh blogger.

Itulah Tips Komentar yang Baik di Blog Orang Lain yang CB sadur dan edit seperlunya dari Daily Blog Tips. Good Luck!

Thanks for reading & sharing Tips Komentar yang Baik di Blog Orang Lain

Previous
« Prev Post

10 comments:

Comment Page:
  1. Ternyata ada kode etik berkomentar juga mas, thanks infonya, bermanfaat buat saya yang Newbi :D

    ReplyDelete
  2. 2 jam saya duduk depan komputer membaca posting artikel Anda. Saya tertarik dengan "model dan isi posting" dari Blog Anda. Saya jadi "iri" pingin punya yang seperti ini.

    Agak out of topic dikit ya Bang.... Saya punya sedikit kendala dalam menulis posting di blog, yaitu cara menautkan link dari tulisan-tulisan yang ada di blog saya. Maksudnya, saya mau menautkan artikel lain yang ada dalam blog saya pada posting/artikel yang sedang saya garap. Bang CB paham maksud saya?
    Mohon bimbingannya Bang....
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka postingan yang mau ditautkan, lalu Copy linknya (di adress bar), dan paste di bagian tautan/kalimat yang akan dijadikan link (klik menu Link, dan Paste-kan link yang tadi di-Copy)

      Delete
  3. Terus mas, kalau bedain blog dofollow dengan nofollow itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik kanan link komentator, akan terlihat rel="nofollow" atau "dofollow"-nya... yang tidak ada kode rel nofollow = dofollow....

      Delete
  4. berarti KOMENTAR tidak sekedar basa-basi saja atau numpang lewat....

    ReplyDelete
  5. memang komentar yang relevan dan sesuai dengan yg di bahas memang di butuhkan para blogger. kalau komentar pendek dan numpang titip link memang tidak di sukai dan bisa dianggap spam.

    ReplyDelete
  6. makasih gan buat infonya buat pemula seperti saya...

    ReplyDelete
  7. Ea mas, saya sering bget dapat komentar seperti demikian, nice blog lah, inilah, padahal impian saya mendapatkan komentar yang bisa membangun saya ke arah yg lebih baik, sekalipun itu komentar pedas

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox