Home » » Komentar Buruk (Bad Comment) di Blog yang Harus Dihindari

Komentar Buruk (Bad Comment) di Blog yang Harus Dihindari

komentar di blog
SETIAP hari selalu ada komentar baru di blog CB. CB ucapkan thanks a lots, makasih banget, atas kesediaan para komentator "meninggalkan jejak" dengan berkomentar. Namun, banyak juga pengunjung yang berkomentar buruk (bad comment), mungkin karena belum baca postingan ini: Cara Komentar yang Baik.

Baiklah kita bahas lagi soal komentar baik dan komentar buruk ini. Komentar yang baik adalah komentar yang:

  1. "Tulus", benar-benar dengan hati, misalnya mengungkapkan rasa terima kasih karena terbantu dengan postingan yang dibaca.
  2. Sesuai dengan topik alias tidak OOT (Out Of Topic).
  3. Benar-benar share pemikiran atau pengalaman terkait posting --melengkapi isi posting.
  4. Tidak nyepam.
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan santun.
Sebaliknya, ciri-ciri komentar yang buruk antara lain:
  1. Hanya "modus" untuk mendapatkan "backlink" dan kunjungan balik. Misalnya, hanya menulis "great post", "nice post", "info menarik Gan" plus "kunbal ya di [url blog]..."
  2. OOT
  3. Tidak berisi ide atau pengalaman
  4. Menyertakan link hidup/link aktif alias SPAM.
  5. Menggunakan bahasa yang sulit dimengerti dan tidak sopan.
Yang paling sering CB temukan di blog ini ataupun di blog lain adalah komentar seperti ini: "Info menarik, ditunggu kunjungan baliknya ya di http://contohblognih.blogspot.com..." Ini komentar "Spammy", berbau spam. Kentara banget sang komentator "hanya" bermaksud mendapatkan "kunbal".

Namun, komentar demikian masih bisa ditoleransi. Mungkin, mereka masih baru di dunia blogging dan bermaksud menebar link blognya di sebanyak mungkin blog lain. CB pun masih publish kok komentar-komentar singkat, asalkan bukan spam.

Komentar Spam

Yang parah adalah komentar spam. Ini "musuh bersama" (common enemy) para blogger. Masih mending jika linknya mengarah ke "blog positif", tapi banyak juga yang blognya berupa blog "dewasa" dan berbau judi.  Kalau itu, bukan saja komentar buruk, tapi juga blogger negatif alias blog tidak sehat.

CB pernah contohkan komentar Spammy yang masuk seperti gambar berikut ini:


Wuuiiih... "ngeri" kali 'kan ini komentar! Bisa-bisa Google Adsense CB kena banned jika menampilkan komentar kayak gitu.

CB mohon maaf kepada sang komentator karena tidak bisa publish komennya. Namun, CB juga punya saran, sebaiknya blogger bisnis mempunyai OpenID untuk komentar, biar tidak terlalu "vulgar" ketika berusaha menebar link di blog lain lewat komentar. 

Apakah link building dengan komentar di blog lain bagus untuk SEO? Ini jawaban langsung dari Google. Intinya, Blog Commenting is Fine for Link Building! Maka, keep commenting.... but relevant and informative!


Thanks for reading & sharing Komentar Buruk (Bad Comment) di Blog yang Harus Dihindari

Previous
« Prev Post

9 comments:

Comment Page:
  1. yang sangat saya takutkan adalah komentar bau vulgar, bisa merusak citra blog dimata Google Adsense

    ReplyDelete
  2. Yang paling dikhawatirkan adalah orang yang punya masalah didunia nyata, ditumpahin ke blog yang dikunjunginya, hahahaha

    ReplyDelete
  3. mesti berhati-hati melakukan komentar terhadap blog lain,maksud hati untuk menjaga silaturrahmi sesama blogger,yaa walaupun ada yang berniat dapat kunbal,,,tapi tata kesopanan dan rule mesti tetep di jaga ya ga,....hmmmm semakin faham nich etika berkomentar di blog temen

    ReplyDelete
  4. iya gan, paling sebel kalo di blog ada komentar spam yang ga ada hubungannya sama blog tersebut, udah gitu live link lagi -_-

    ReplyDelete
  5. iya gan, paling sebel kalo di blog ada komentar spam yang ga ada hubungannya sama blog tersebut, udah gitu live link lagi -_-

    ReplyDelete
  6. Wahh . . . berarti cara berkomen saya selama ini salah yah :( soalnya cara berkomentar saya sama kaya yang dijelasin di ciri-ciri komentar yang buruk. Ok, saya akan coba deh tips berkomentar yang baik sesuai penjelasan diatas. Dan satu lagi kalo kita memberi komentar yang ujung-ujungnya promosi situs sendiri itu berarti termasuk spam, kalo gitu gimana cara nya mempromosikan situs kita lewat komen. ? Terima kasih Banyak . . .

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox