Cara Ganti Nama Blog Tanpa Kehilangan Trafik

Cara Ganti Nama Blog Tanpa Kehilangan Trafik
Cara Mengalihkan (Redirect) Blog Lama ke Blog Baru. Ganti Alamat Blog Tanpa Kehilangan Trafik.

CB pernah share tentang cara memilih nama blog yang baik untuk seo. Jika Anda mau ganti nama blog, namun tidak mau kehilangan trafik atau pengunjung setia, maka jangan khawatir.

Ada cara mengganti nama blog tanpa kehilangan trafik, yaitu dengan cara mengarahkan (redirect) blog lama ke blog baru.

Ganti nama blog penting dilakukan jika nama blog Anda saat ini susah diingat, kepanjangan, atau tidak relevan dengan kata kunci (keywords). (Baca: Cara Memilih Nama Blog yang Baik).

Misanya, nama dan alamat blog lama adalah http://bloglama.blogspot.com. Lalu, kita mengubahnya menjadi http://blogbaru.blogspot.com. Nah, saat kita atau pengunjung membuka http://bloglama.blogspot.com yang sudah banyak diindeks Google, maka akan mengarah ke blogbaru. Trafik tidak hilang.

Risiko mengganti nama blog adalah kita mulai dari nol lagi. Google akan mengindeks ulang, dan mungkin saja butuh waktu lama.

Cara Ganti Nama Blog Tanpa Kehilangan Trafik

Langkah pertama adalah membuat blog baru, namun kontennya persis sama dengan blog lama. Alamat blog lama itu kita REDIRECT ke blog baru.

Dengan begitu, blog tidak akan kehilangan trafik dan nama blog kita jadi lebih baik.

# TAHAP 1: DI BLOG LAMA
  1. Klik "Setting" > "Other"
  2. Klik menu "Export Blog" (akan terdownload file XML yang nanti kota import ke blog baru).
  3. Jika perlu, download pula templatenya (jika akan menggunakan template yang sama): "Template"  > "Backup/Restore" > "Donload Full Template" (akan terdownload file template XML yang nanti diinstall ke blog baru)
  4. Klik "Template" > "Edit HTML"
  5. Copas kode berikut ini di bawah kode <head>
<script type='text/javascript'>
var this_url = window.location.href;
var new_url = this_url.replace(&quot;bloglama&quot;,&quot;blogbaru&quot;);
window.location = new_url;
</script>

Jangan lupa, ganti nama tulisan yang berwarna merah dengan nama blog lama dan nama blog baru Anda.

Jika hanya ingin mengalihkan alamat blog saja, tanpa mengalihkan link posting (permalink), misalnya karena tanggal posting dan permalinknya diubah, maka gunakan kode berikut ini:

<script type='text/javascript'>
  var d='<data:blog.url/>';
  d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
  location.href = 'http://blogbaru.blogspot.com';
</script>

Save!!! 

#TAHAP 2: DI BLOG BARU

  1. Jika belum membuat blog baru dengan nama baru, ya... bikin dulu dong! :)
  2. Ganti Template Blog Anda dengan template blog lama yang sudah didownload di TAHAP 1. Yang belum tahu cara ganti template, silakan baca Cara Ganti Template Blog.
  3. Setelah ganti template, klik "Setting" > "Other"
  4. Klik menu "Import Blog" dan masukkan file hasil export di TAHAP 1 yang berekstensi .xml.
  5. Selesai!
Selamat, kini blog Anda punya nama dan alamat baru!!! Asyiknya lagi, blog lama tetap ada kok, jangan dihapus, biarkan saja.... Coba buka blog lama Anda, pasti sekarang sudah mengarah (redirect) ke alamat blog baru.

Sekali lagi, trafik blog dan indeks posting blog di Google TIDAK BERUBAH, tidak berpengaruh, bahkan database blog Anda di Google berlipat ganda. 

Ganti Nama Blog Saja
Jika Anda tidak membuat blog baru, tapi hanya mengganti alamat (url) blog saja, misalnya dari bloglama.blogspot.com menjadi blogbaru.blogspot.com, maka hanya menyimpan kode redirect (pengalihan) di dalam template:

1. Template > Edit HTML
2. Simpan kode berikut ini di bawah kode <head>

<script type='text/javascript'>
var this_url = window.location.href;
var new_url = this_url.replace(&quot;bloglama&quot;,&quot;blogbaru&quot;);
window.location = new_url;
</script>

Demikan cara ganti nama blog dengan mengalihkan nama blog lama ke blog baru. Good Luck! (http://www.contohblog.com).*

Sumber

48 Komentar untuk "Cara Ganti Nama Blog Tanpa Kehilangan Trafik"

Apa hal ini tidak akan menyebabkan duplikat content Gan?

sama sekali tidak, 'kan blog lama itu di-redirect ke blog baru.....

keran mas bos, blog ane jadi dapat penghasilan lagi dari adsense !, trims, and matur tank you !!

mau coba tapi takut gagal yah hehe..

Apakah cara yang sama berlaku untuk blogspot yang akan saya ganti domainnya menjadi .com?

Apakan Semua Postingan Otomatis masuk di blog yang baru Gan ???

Ya, otomatis, dan jangan ubah tanggal posting dan permalinknya....

Itu beda. Lebih mudah, gak usah import konten, cukup Custom Domain saja.
Info lengkap: http://contohblognih.blogspot.com/2013/10/custom-domain-membuat-blog-domain-sendiri.html

gak akan gagal, semua diatur sma Blogger/Google....

Ini yang membuat blog saya amburadul, dengan mengganti nama URL. saya belum sempat baca tapi asal coba. Maklum guru saya cuma koneksi internet. hehehhe. Suwun, seharusnya saya baca langkah ini dulu

tetapi blog mas yang saya coba kok tidak muncul ?
1. Silakan buka: http://mybestwpthemes.blogspot.com/
2. Pasti yang muncul yang ini: http://cb-templates.blogspot.com/

Cuma pengen cek aja mas..masih agak-agak takut..masih pemula sih mas saya..

iya memang begitu....! Coba baca lagi posting di atas..... :)

min kalo dampak nya ke adsense ada nggak?

makasih banyak buat sarannya bang. mau ganti nama url nih, soalnya blog lama dibuat waktu zaman alay jadi namanya masih alay gitu. cara ini dibandingkan cara yang pakai script window.location dan yang pakai htaccess. redirect dan atau 301 redirect lebih efektif yang mana ya? terus, bedanya apa? terima kasih :)

bang, tapi tetep ramah google ya? nggak dikira ngehack ato gimana gitu

itu abangnya make adsense, kyknya ga ngaruh ya? berarti "ramah" google donk ya :3 *sok tau *nyimpulin sendiri

maaf mas. langkah ini apa bisa digunakan untuk mendaftarkan situs adsence lagi (situs yang baru saja di redirect) yang awalnya sudah disabled adsence? mohon informasinya.

ini saya mencoba melakukan tips ini mas. Tetapi kenapa trafik alexa saya menjadi nol lagi?

gan cara ekspor blog nya setelah ganti nama blog baru atau blog lama??saya udah ganti nama blog sebelumnya, dah 1mingguan saya baru nemu artikel nih, alamat blog lama gak bisa dibuka krna teganti nama baru.tolong penjelasan nya .thanks gan. www.bloganandasyahputra.blogspot.com

silakan baca lagi, sangat jelas tahapannya.......

Terimakasih gan, namun saya sudah terlanjur mengganti alamat blog saya dan menurunkan trafik yang ada. Hehehe

Bang Admin, kalau kita mengembalikan TLD (.com) ke blogspot.com, pakah tidak diperlukan langkah apapun lagi? Hanya menghapus domian TLD nya saja di blogger?

ya, tidak memerlukan langkah lanjutan, kecuali kalo belum daftar ke webmaster tools dengan blogspot

Mas,,, saya mohon saran dan pencerahan,, bolg 1 sudah pernah di banned akun adsennya,,, saya mau mindahkan postingan ke blog 2, bagaimana itu mas..? blog 1 saya trafiknya tinggi.. namun sya pengen main adsen lagi di blog 2

Mohon pencerahannya

Ya... tips di atas itu caranya....

Mohon bantuannya GAN!

1. Kalau mau semuanya di pindahin dari mulai alamat blog sama postingannya juga, pakai cara/script yang mana ya?

2. kalau sudah berhasil, terus saya mau buat postingan, itu buatnya di blog sebelumnya atau blog yang baru?

Please mohon bantuannya.

Sama dengan cara di atas,
posting baru di blog baru.....

Alhamdulillah, ketemu cara ini. Kebetulan saya berencana ganti nama domain blog. Bookmark dulu kalo gitu gan.

Pakai script yg pertama di cara no.1 di atas, apa sudah termasuk redirect permalink per postingan juga gan??

dicoba aja :) kalo gagal tinggal lepas lagi

Kok gagal ya gan? gak ke-redirect, malah muter-muter loading aja terus..

apakah cara tersebut masih bisa digunakan sampai saat ini??

untuk cara ganti nama blog saja tidak berhasil min, solusi dulu min

Makasih. sementara ini, saya simpan dulu. Soalnya saya masih ragu untuk ganti nama blog dalam waktu dekat ini. hehehe

Misalnya Blog Lama yg domainnya Sudah TLD:

1. namabloglama.com
diubah mejadi
2. namablogbaru.com

Apa cara di atas berlaku Mas?
Terima kasih.

masih selama nama blog lama masih ada

klaw udh trlanjur ganti nma tnpa redirect ke blog baru, tu gmanna gan??????

bikin lagi blog baru dengan nama/alamat blog yang lama, lalu pasangkan kode di atas

Om CB pertanyaan saya bila platform blogspot alamat lama dirubah ke baru dengan secara langsung redirect tanpa kehilangan trafik lalu untuk domainnya sdh diganti TLD dan sedang didaftarkan ke adsense., kira2 berpengaruh trhdp review adsense tidak?

tidak ngaruh, yang pengaruhi review adsense cuma satu: KONTEN

Oke om cb makasih info yang bermanfaat..sukses terus buat webnya.

Kalau buat blog yang udah costum domaian gimana Mas?

udah nyoba buat balikin blog lama yang udah terlanjur diganti namanya. tapi gak berhasil,
Pas di searching yang muncul tetep blog lama, dan pas di buka muncul notif kalau blognya udah di hapus. mohon pencerahannya gan

Blog lama jangan dihapus, cukup kasih kode di atas saja, lalu postingannya migrasikan (import) ke blog baru. Kalo blog lama sudah telanjur dihapus, segera bikin lagi dengan nama/alamat blog yang sama, sebelum 90 hari dihapus permanen Google

mau nanya gan, ane rencana ganti nama blog, tapi blog saya ini sudah full approved adsense. kira2 kalo ane mau ganti namanya iklannya bakal hilang nggak. domainnya masih tetap pake blogspot.com. mohon pencerahannya

Sebaiknya bikin blog baru saja, jangan hapus blog lama.

brarti iklan adsensennya tinggal dihubungkan ke blog baru ya, btw ane hosted

1. Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *