Home » » 5 Tips SEO Dasar untuk Blogger Baru (Newbie)

5 Tips SEO Dasar untuk Blogger Baru (Newbie)

Tips, trik, dan tips SEO dasar banget buat para blogger baru dan saat membuat blog baru.

5 Tips SEO Dasar untuk Blogger Baru (Newbie)
KARENA banyak yang "mengaku" newbie di dunia blogging, berikut ini CB share tentang panduan SEO dasar untuk blogger baru alias newbie itu.

Optimisasi blog yang dikenal dengen sebuat SEO Blog itu mesti dilakukan agar blog kita terindeks Google dan mudah ditemukan user (pengguna), visitor (pengunjung), atau reader (pembaca). Pasalnya, blog kita bersaing ketat dengan blog lain.

Sebenarnya tanpa SEO sama sekali pun blog bisa terkenal dan banyak pengunjung, jika tulisannya orisinal (asli) dan unik, gak ada di blog lain, eksklusif, dan dicari user, serta ditambah promosi dan SEO Offline.

Pengertian SEO

SEO (baca: eS-i-Ow) adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu upaya agar blog kita diindeks mesin pencari (yaitu situs pencarian seperti Google, Bing, dan Yahoo!) sehingga ditemukan pengunjung.

Menurut data Wikipedia, istilah SEO pertama kali digunakan 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode HTML situs web/blog mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten (isi) yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. 

Saat ini, seiring update algoritma Google, manipulasi semacam itu --dikenal dengan Stuffing-- sudah tidak berlaku. 

5 SEO Dasar untuk Blogger Baru

SEO dasar ini untuk blog platform blogger/blogspot. Untuk blog platform lain, seperti WordPress, mungkin akan dibahas di kesempatan lain (tapi gak janji).

1. Nama/Judul Blog
Buatlah nama/judul blog (Blog Title) yang relevan atau sesuai dengan sebagian besar konten (isi) blog. 

Misalnya, jika blog Anda berisi tulisan (teks), foto, video, dan/atau audio tentang sepakbola, maka buatlah nama blog yang mengandung kata sepakbola --misalnya Sepakbola Magz dengan domain Url sepakbolamagz.blogspot.com.

Anda bisa gunakan Blog Name Generator jika bingung mencari atau memilih nama blog.

2. Gunakan Meta Tags
Jangan lupa mengisi Blog Description dan Search Description di "Setting" > "Basic" > "Description" setelah Anda membuat satu blog. 

Misalnya, seperti punya CB ini, di bagian "Title" tulis "Contoh Blog" dan di bagian Description tulis "Panduan blogging untuk pemula - Tips SEO dan desain blog, download template SEO friendly gratis, cara membuat blog keren dan contohnya".

Di bagian "Setting" > "Search Preference" > Meta Tags > Description isi juga dengan gambaran isi blog Anda, misalnya: "Panduan Blog untuk Pemula - Tips SEO Blog, Desain Blog, Download Template Blog SEO Friendly Gratis, Cara Membuat Blog keren".

3. Manfaatkan Google Webmaster Tools.
Buka Webmaster Tools, login dengn akun gmail/blogger Anda, klik "ADD A SITE" di kanan atas, dan masukkan URL blog Anda!

Setelah itu, masukkan sitemap dengan cara klik "Manage Site" (Kelola Situs) dan "Add A Sitemap" (Tambahkan Peta Situs) dengan cara:
- tambahkan sitemap.xml di kolom akhir yang ada di belakang nama blog Anda. Klik "Submit" dan "Refresh".
- Klik sekali lagi "Add A Sitemap" dan masukkan kode
 atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 di belakangnya: dan klik lagi "Submit" dan "Refresh".

4. Daftarkan Blog ke Google.
Sebenarnya begitu dibuat, blog kita sudah terdaftar di Google karena blogspot 'kan milik Google dan terintegrasi dengan akun Google, Gmail, Youtube, dll. 

Namun, untuk mempercepat indeks blog kita, maka buka Submit Url dan masukkan alamat blog Anda di kolom yang tersedia.

5. Link dengan Akun Media Sosial
Tautkan blog Anda dengan media sosial. Buatlah Fans Page Facebook, Twitter, dan Google Plus. Bisa ditambah dengan Youtube, Pinterest, LinkedIn, dan sebagainya, lalu masukkan alamat blog Anda di bagian "profile". Ini akan menjadi "backlink" blog Anda.

Itulah 5 Dasar SEO Blog bagi pemula (blogger baru), juga berlaku setiap kali kita membuat blog baru.

Gunakan Template SEO

Untuk mendukung lima tahap dasar seo tadi, maka gunakan Template SEO Friendly yang ringan, fast loading (cepat tampil), clean (bersih), user friendly, dan responsive alias mobile friendly.

Di atas semua tips seo tadi, kunci sukses utama blogging adalah KONTEN --isi blog. Maka, buatlah selalu Konten Berkualitas (Quality Content) seperti disarankan Google. Jangan terlalu ngurusin tampilan, desain, atau sisi artistik blog!

Untuk tips, trik, dan tips SEO "tingkat lanjut" dan "tingkat mahir", silakan klik "Tips SEO". Good Luck and Happy Blogging! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing 5 Tips SEO Dasar untuk Blogger Baru (Newbie)

Previous
« Prev Post

4 comments:

Comment Page:
  1. Mksih, pas bwt sy nih psnduanya...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih panduannya om :)

    ReplyDelete
  3. disave dulu buat dipraktekin ke blog

    ReplyDelete
  4. terima kasih, posting ini sangat membantu

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox