Home » » 6 Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas

6 Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas

6 Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas
CARA membangun, memperoleh, atau mendapatkan Backlink Berkualitas (High Quality Backlinks) bagi blog tidak semudah nulis komentar "nice info" lalu "nyepam" dengan menuliskan alamat blog atau meninggalkan link aktif (live link).

Banyak blogger "newbie" mengira, dengan berkomentar di banyak blog, mereka akan mendapatkan backlink. Tidak demikian. Mayoritas link di kolom komentar blog disetting default "nofollow" sehingga tidak menjadi backlink.

Kehadiran kode anti komentar spam juga akan menghapus secara otomatis komentar yang berisi link aktif atau alamat blog.
Pasang/copas kode .comment-content a {display: none;} di atas kode </b:skin> di template blog, maka otomatis komentar spam dan sampah [junk comment] akan terhapus.
Pengertian Backlink
Backlink (Inbound Link) adalah tautan dari blog lain yang mengarah ke blog kita atau alamat blog kita yang ada di blog lain.
A backlink is an incoming hyperlink that connects the web page or content to another website. Backlinks arevery important when it comes to page ranking as Google rates them highly.
Pentingnya Backlink Berkualitas
Backlink berkualitas yaitu link blog kita yang ada di situs populer dan/atau banyak pengunjungnya. 10 backlink berkualitas akan mengalahkan 200 backlink kualitas rendah.

Google hanya akan memperhitungkan backlink dari situs berkualitas. Backlink yang didapatkan secara ilegal bahkan akan menyebabkan blog kita di-banned atau dipenalti.

Anda yang suka nyepam di blog orang lain akan dideteksi oleh Google. Akibatnya, situs Anda pun akan kena sanksi Google, minimal sulit diindeks dan disimpan di peringkat bawah di halaman hasil pencarian (SERP).

6 Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas

Berikut ini Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas versi Help Blogger yang sudah terbukti ampuh. CB edit sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami blogger "newbie".

1. Buatlah Posting (Tulisan/Konten) yang Panjang dan Menarik
Create Long, Interesting Posts. Misalnya tulisan tentang tips & trik, tutorial, menggunakan gambar, chart, dan grafis lainnya.

Tulisan panjang itu antara 1000 hingga 1200 kata. Namun, semua kata dan kalimatnya benar-benar bermakna, bukan asal panjang, apalagi mengulang-ulang kata kunci (stuffing).

2. Aktif di Forum-Forum
Participate in Forums. Misalnya di kaskus atau forum netizen. Forum online biasanya menyediakan profil, seperti halnya media sosial, dan kita bisa memasukkan alamat blog.

Forum lainnya adalah Yahoo Answer di mana Anda bisa menjawab pertanyaan orang lain dan menyertakan link blog Anda --jika jawabannya ada di blog Anda tentunya.

3. Membuat eBook
Write e­Books. Buat buku elektronik dan share di media sosial dan forum-forum. Ini akan "build high quality backlinks".

4. Miliki Produk Gratis
Have Free Products. Berbagi template adalah salah satunya. Setiap orang suka yang gratisan. Jika produk gratis itu baik, menarik, halal, dan berguna, maka otomatis user akan menyebarkannya.

5. Gunakan Videos
Buatlah akun YouTube dan upload video yang unik dan menarik. Video tentang "cara" (how to) akan selalu menarik pengunjung.

6. Interaksi dengan Blog Lain
Interact with Other Blogs. Jangan "menyendiri". Lakukan "blogwalking" dan berinteraksilah dengan sesama blogger.

Tulislah komentar yang berkualitas, bukan komentar asal apalagi komentar "modus", spam, dan sampah, serta JANGAN PERNAH MINTA KUNJUNGAN BALIK!

Hindari komentar yang menyertakan link hidup, link aktif, dan spammy. Jangan pernah berkomentar dengan menuliskan alamat lengkap blog, kecuali jika ditanyakan oleh admin blogger.

Komentar yang menuliskan alamat blog biasanya tidak akan dipublish oleh admin blogger.

Demikianlah sebagian tips Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas. Baca juga Cara Efektif Membangun Backlink Blog. Good Luck!

Thanks for reading & sharing 6 Cara Mendapatkan Backlink Blog Berkualitas

Previous
« Prev Post

46 comments:

Comment Page:
  1. bukannya itu cuma menghilangkan linknya saja tapi linknya tetap tertanam

    ReplyDelete
  2. mantapp. . .ternyata benar mencari baklink yang berkualitas tidaklah semudah nice info aja alias nyepam banyak proses yang harus kita lalui. . .good job kawan dan terimak kasih sudah mau berbagi sukses selalu !!!

    ReplyDelete
  3. Meski tertanam, ia takkan muncul dan tidak menjadi backlink

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan postingan di atas mas :) ..

    Saya sendiri sudah membuktikannya dengan postingan berkualitan dan sampai di repost di luar negeri. khususnya thailand filipina vietnam dan forum XDA.. sangat bermanfat memang postingan yang berkualitas.. sekali lagi terimakasih templatenya heehehe :)

    ReplyDelete
  5. Kalo membuat eBook nanti apa back linknya ke baca google? atau ada yang baca terus kita kasih link ke web kita untuk baca selengkapnya misalnya, jadi trafik web kita akan naik jika si pembaca tadi mengunjugi web kita setelah membaca eBook yang kita buat, trimakasih infonya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlinknya dari share di media sosial dan forum-forum

      Delete
  6. berbagi template gratis itu maksudnya gmn min ? template siapa yang mau kita berikan gratis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini contohnya : http://contohblognih.blogspot.com/search/label/Template%20Blog%20SEO

      Delete
  7. kl kita komen kalimat biasa tanpa menyertakan alamat web kita, apa admin nya bisa tau blog kita gan? Mohon pencerahannya, newbie nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... melalui profil G+... makanya disarankan komentar pake OpenID....
      http://contohblognih.blogspot.com/2013/10/cara-membuat-openid-blog-untuk-komentar.html

      Delete
  8. cara yang kedua kok gak dipake di artikel ini ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana? GJ ah :)

      Delete
    2. maaf maksudnya cara yang pertama master

      Delete
    3. posting di CB ini variasi, ada yang panjang, ada yang pendek, natural saja... yang penting jangan terlalu pendek.... minimal 4-5 alinea gitu lah....

      Delete
  9. Thanks so much for sharing this awesome info! I am looking forward to see more postsby you! best backlink gig fiverr alternatives

    ReplyDelete
  10. Bagaimana cara dapatkan backlink yang berkualitas ?

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas ilmunya, terus terang saya dapat pencerahan yang luar biasa, memang selama ini cenderung ketika berkomentar hanya sekedar untuk mendapatkan backlink, padahal sejatinya dijadikan sarana membangun hubungan, ketika hubungan terbangun dengan baik insya alloh rejeki mengalir... makasih atas pencerahannya mas....

    ReplyDelete
  12. sangat bermanfaat artikelnya .. thanks gan

    ReplyDelete
  13. Terima kasih om atas ilmu nya, semoga komen ane ini di approve, biar blog gw gak sepi mulu n dpt backlink berkualitas dari contohblognih :) :D

    ReplyDelete
  14. gan agan bisa gak nyebar kan virus , tp bukan virus untuk berbuat jahat atau hal lainnya yg merugikan orang lain gan, tp virus nyebarin web mesin pencari gan dan tertanam di tampilan awal broswer tersebut ya kaya hao123, gan kira2 bisa gak gan? tolong infonya gan

    ReplyDelete
  15. Yang penting bukan masalah backlink dari luar dulu tapi web yang dibacklinknya sudah berkualitas atau ngga

    ReplyDelete
  16. Yg paling gampang ya cuma Blog walking gan gk ada yg lain ..

    ReplyDelete
  17. Thanks For the Info, really help. Big Thanks For You Gys

    ReplyDelete
  18. iya kalok berbagi template bisa dapet backlink dofollow

    ReplyDelete
  19. terima kasih informasi yang begitu penting ini gan, sangat menarik sekali
    informasi

    ReplyDelete
  20. Makasih gan udh share.. ilmunya sangat berguna

    ReplyDelete
  21. mantap, bisa dicoba niih gan... makasih informasinya gan..

    ReplyDelete
  22. Artikel yang luar biasa, sangat bermanfaat buat saya yang awam dan mulai membangun blog mulai dari nol. Jujur, lugas dan apa adanya, saya benar-benar merasa dituntun mana yang baik dan benar cara melakukannya mana yang tidak. Banyak contoh yang perlu dihindari yang tadinya saya kira benar karena banyak yang melakukannya. Misalnya: "Ini blog saya.." "Kunjungi balik ya gan" dll. Sekali lagi artikel yang sangat membantu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah, terimakasih gan ilmu-nya. dari gak tahu jadi tahu (y)

    ReplyDelete
  24. Thanks mas atas iinformasinya. Semakin bertambah bersemangat aja saya untuk terus berkarya di blogger. Sukses terus buat blog mas. :D

    ReplyDelete
  25. Terima kasih gan ilmunya...semoga bisa ane terapin

    ReplyDelete
  26. Ini yang dari dulu belum saya meengerti dari blog. Tapi akhirnya sekarang mulai mengerti sedikit demi sedikit. hehe

    ReplyDelete
  27. maaf min saya masih belom begitu ngerti sama step yang ke 3 mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  28. good infonya, kunbal bos

    ReplyDelete
  29. Terima kasih gan infonya sangat membantu sekali, kalau sempat mampir di blog saya gan. sambil dikoreksi apa saja yang kurang di blog saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  30. siiipp dah bro moga moga yang naro link aktif di blog ane di penalty =D

    ReplyDelete
  31. tambah ilmu tentang backling

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox