Home » , » Tips SEO: Hindari Stop Words di Permalink & Meta Tags

Tips SEO: Hindari Stop Words di Permalink & Meta Tags

Tips SEO: Hindari Stop Words di Permalink & Meta Tags
Hilangkan Stop Words dalam Permalink dan Meta Tags Anda agar Blog SEO Friendly! 

STOP WORDS adalah istilah dalam dunia SEO Webite/Blog yang merujuk pada kata-kata yang sering muncul dalam dokumen dan situs web dan sering diabaikan mesin pencari, termasuk Google.

Ringkasnya, Stop Words yaitu kata-kata umum yang cenderung diabaikan alias tidak diindeks mesin pencari. Kebanyakan berupa kata penghubung (kata sambung), seperti dan (and), bahwa (that), dalam (in), Anda (you), dengan (with), di sini (here),

Stop Words pernah menjadi isu hangat di kalangan blogger dan pakar seo: apakah Google mengabaikannya atau mengindeksnya?

Dulu, Google mengabaikannya. Kini Google sudah mengindeksnya, namun tetap mengutamakan kalimat (posting & permalink) yang tanpa Stop Words.
"In order to speed up their searches and to save disk space, search engines like Google don’t record and never give much importance to stop words." (Untuk mempercepat pencarian dan menghemat disk space, mesin pencari seperti Google tidak merekam dan tidak pernah menganggap penting stop words). 
Salah satu bukti diabaikannya stop words adalah data berikut ini. Anda juga bisa mengecek sendiri di Google Search:

Kata Kunci: rama dan sinta  (menggunakan stop words "dan").
Hasil: About 434,000 results (0.32 seconds)

Kata Kunci: rama & sinta (mengganti stop words "dan" dengan lambang &)
Hasil: About 439,000 results (0.44 seconds)

Kata Kunci: rama sinta (tanpa menggunakan stop words "dan")
About 463,000 results (0.59 seconds)

Data di atas jelas menunjukkan, kata kunci tanpa stop words lebih banyak terindeks ketimbang yang menggunakan stop words.
Kesimpulan: Hindari sebisa mungkin kata-kata yang diabaikan mesin pencari ini, terutama di Permalink dan Meta Tags. Jelasnya, jangan gunakan kata "dan", "di", "untuk", "yang", "ke", "dengan", "pada", "dalam", dsb. dalam Permalink & Meta Tags blog.

DAFTAR STOP WORDS INGGRIS
A, is, what, who, how, was, this, that, but, at, be, for, he, she, iam, I, in, its, your, with, all, any, did, do, had, has, here, his, and, etc. (Daftar Lebih Lengkap Stop Words dalam Bahasa Inggris).

STOP WORDS INDONESIA
Stop Words dalam bahasa Indonesia cukup banya, seperti dan, di, ke, dengan, saja, Anda, saya, tentang, untuk, dsb.

Berikut ini daftar stop words dalam bahasa Indonesia:

yang di dan itu dengan untuk tidak ini dari dalam akan pada juga saya ke karena tersebut bisa ada mereka lebih kata tahun sudah atau saat oleh menjadi orang ia telah adalah seperti sebagai bahwa dapat para harus namun kita dua satu masih hari hanya mengatakan kepada kami setelah melakukan lalu belum lain dia kalau terjadi banyak menurut anda hingga tak baru beberapa ketika saja jalan sekitar secara dilakukan sementara tapi sangat hal sehingga seorang bagi besar lagi selama antara waktu sebuah jika sampai jadi terhadap tiga serta pun salah merupakan atas sejak membuat baik memiliki kembali selain tetapi pertama kedua memang pernah apa mulai sama tentang bukan agar semua sedang kali kemudian hasil sejumlah juta persen sendiri katanya demikian masalah mungkin umum setiap bulan bagian bila lainnya terus luar cukup termasuk sebelumnya bahkan wib tempat perlu menggunakan memberikan rabu sedangkan kamis langsung apakah pihak melalui diri mencapai minggu aku berada tinggi ingin sebelum tengah kini the tahu bersama depan selasa begitu merasa berbagai mengenai maka jumlah masuk katanya mengalami sering ujar kondisi akibat hubungan empat paling mendapatkan selalu lima meminta melihat sekarang mengaku mau kerja acara menyatakan masa proses tanpa selatan sempat adanya hidup datang senin rasa maupun seluruh mantan lama jenis segera misalnya mendapat bawah jangan meski terlihat akhirnya jumat punya yakni terakhir kecil panjang badan juni of jelas jauh tentu semakin tinggal kurang mampu posisi asal sekali sesuai sebesar berat dirinya memberi pagi sabtu ternyata mencari sumber ruang menunjukkan biasanya nama sebanyak utara berlangsung barat kemungkinan yaitu berdasarkan sebenarnya cara utama pekan terlalu membawa kebutuhan suatu menerima penting tanggal bagaimana terutama tingkat awal sedikit nanti pasti muncul dekat lanjut ketiga biasa dulu kesempatan ribu akhir membantu terkait sebab menyebabkan khusus bentuk ditemukan diduga mana ya kegiatan sebagian tampil hampir bertemu usai berarti keluar pula digunakan justru padahal menyebutkan gedung apalagi program milik teman menjalani keputusan sumber a upaya mengetahui mempunyai berjalan menjelaskan b mengambil benar lewat belakang ikut barang meningkatkan kejadian kehidupan keterangan penggunaan masing-masing menghadapi

Di bagian mana saja harus hindari Stop Words? 
Hindari penggunaan kata-kata gak penting itu terutama di bagian:
  1. Meta titles 
  2. Meta Description
  3. Meta keywords
  4. Links (Baca: Jangan Gunakan Kata "Klik di Sini")
  5. Anchor Text 
  6. Header tags
  7. Permalink
Jika Meta Tags disimpan di template dan harus menggunakan kata "dan", ganti saja dengan simbol & yang hasil parse-nya adalah &

Cara Parse Kode HTML biar bisa masuk di template, ubah di sini: Blogcrowds Parse.

Mengubah Permalink
"Remove Stop words from permalink (Ex: A, an, the)," kata pakar seo. "Hapus stop words dari permalink (seperti sebuah, suatu, yang, dan, dsb."

Lihat: Cara Mengubah Permalink Posting Blog.

Contoh:
ASLI: tips-seo-hindari-stop-words-di-permalink-dan-meta-tags
SEO: tips-seo-hindari-stop-words-permalink-meta-tags

Demikian Tips SEO "sederhana" tentang Stop Words di Permalink & Meta Tags. Semoga bermanfaat. Wasalam. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Sumber:
http://www.seobythesea.com/2008/01/new-google-approach-to-indexing-and-stopwords/
http://www.shoutmeloud.com/9-killer-blogspot-seo-tips-for-bloggers.html
http://blogtimenow.com/seo/stop-words-seo-list-stop-words-avoid/
http://e3ngage.com/seo/what-are-seo-stop-words/

Thanks for reading & sharing Tips SEO: Hindari Stop Words di Permalink & Meta Tags

Previous
« Prev Post

10 comments:

Comment Page:
  1. mantap info di awal tahun ...
    berarti harus ada yg diedit nich.. btw, terkadang ga cocok juga jadi kalimat utk meta tags.. tanpa "stopword" itu :(

    ReplyDelete
  2. baru tahu ada tips seo kek gini, makasih infonya min

    ReplyDelete
  3. Hmmm, harus dipelajari dan dipraktikan,
    thaks bro..

    ReplyDelete
  4. Kalau gunakan kata-kata dalam list tersebut di atas dalam judul dan diskripsi blog, bagaimana bro, apa ada pengarunya juga. Soalnya judul blog saya sampe sekarang belum terindek google, kecuali masukan alamat lengkap URLnya....

    Makasih,,,

    ReplyDelete
  5. URL artikel ini adalah http://contohblognih.blogspot.com/2015/01/Tips-SEO-Hindari-Stop-Words-Permalink-Meta-Tags.html

    Apa perbedaan Tips-SEO-Hindari-Stop-Words-Permalink-Meta-Tags dengan tips-seo-hindari-stop-words-permalink-meta-tags ? Jika kita lihat pasti ada perbedaan huruf besar dan kecil pada tiap-tiap kata.

    Apakah ada perbedaannya jika kita lihat dalam sudut pandang teknik SEO? Terima kasih CB Bloggerz ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada, huruf kecil dan besar dalam seo sama saja

      Delete
  6. aduh gawat, baru tau nih saya. kata "tentang" termasuk stop words juga rupanya.
    mana permalink ga bisa diedit lagi. hiks... ada solusi ga gan?

    ReplyDelete
  7. Akhirnya nemu juga setelah muter-muter makasih gan sudah berbagi salam kenal

    ReplyDelete
  8. Gan kalau sudah terlanjur gimana apakah harus edit kembali???

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox