Home » , , » Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

template blog johny wuss series
BANYAK komentar di blog CB yang mengaku bingung memilih template blog, karena banyaknya desain blog yang keren, seo friendly, bagus, unik, dsb.

Berikut ini CB share pendapat dan pengalaman tentang Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar. Baik artinya bagus buat "nasib" blog di indeks Google dan mesin pencari lainnya, bagus pula di mata pengunjung. Benar artinya sesuai dengan kaidah-kaidah desain blog, seperti disarankan Google.

Template atau tampilan blog tidak asal keren atau indah. Yang terpenting bagi sebuah template blog adalah FAST LOADING, tampil cepat atau ringan. Itu prioritas utama. Lainnya adalah SEO Ready, Responsive, Clean, dan User Friendly.

Mengacu pada Trend Desain Situs Web 2015, minimalis dan sederhana (simple) menjadi salah satu acuan. Makin simple akan makin ringan. Makin "rumit" akan makin berat dan kian buruk buat masa depan blog Anda.

GUNAKAN TESTING TOOLS!
Sebelum menentukan atau memilih template blog yang akan digunakan, sebaiknya lakukan dulu fit and property test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap blog demonya di 5 situs Blogging Tools berikut ini:

1. Webmaster Structured Data Testing Tools.
Untuk menguji baik-tidaknya struktur data template sehingga mudah dan cepat diidendeks Google dan mesin pencari lain. Jika ada error, perbaiki! Jika tidak bisa memperbaikinya, abaikan saja template blog yang error itu, sebagus apa pun tampilannya.

2. Am I Responsive Design.
Untuk menguji apakah template yang akan digunakan itu mobile friendly sebagaimana rekomendasi Google. Namun demikian, jika ternyata tidak responsif, Anda bisa memilih tampilan mobile versi default blogger.

3. GT Metrix
Untuk melihat kecepatan loading. Standar minimal memiliki skor B (80%). Nilai A (90%) tentu bagus bingit! Jika template blog yang dites memiliki skor kecapatan di bawah 80% (C), maka abaikan! Percuma saja, karena kata Google, blog yang loadingnya di atas 4 detik akan ditinggalkan pengunjung.

4. CHKME
Untuk menguji ke-SEO-an template. Skor 80% menjadi standarnya. Di sini juga akan ditampilkan elemen mana saja yang harus diperbaiki. Jika skor seonya di bawah 80, silakan perbaiki sesuai dengan saran Chkme. Jika tidak bisa memperbaikinya, abaikan saja template itu.

5. Facebook Debugger
Copy & Paste salah satu posting di sana. Lihat apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik. Saat di-share mestinya muncul gambar, judul, dan kutipan alinea pertama (deskripsi posting).

TEMPLATE BLOG YANG MEMENUHI KRITERIA
Mayoritas template blog seo friendly yang d-share di sini memenuhi kelima kriteria tersebut. Silakan pilih dan cek saja di 5 situs di atas.

Template blog yang baik dan benar bisa dipilih di Template Blog SEO. Yang paling populer dan recommended banget adalah tempate blog seo friendly  Johny Wuss Series. Good Luck! (http://contohblognih.blogspot.com/).*

Thanks for reading & sharing Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Previous
« Prev Post

12 comments:

Comment Page:
  1. Yup Benar sekali kang.. saya dari dulu sering menggunakan tips ini untuk meningkatkan blog saya.

    ReplyDelete
  2. maksih om, ilmu yang sudah diberikan, :)

    ReplyDelete
  3. Om bagaimana cara nya agar komentar dari pengunjung di blog saya bisa keluar?
    soalnya kalau ada pengunjung yang berkomentar, komentar mereka tidak muncul di kolom komentar!

    tolong di periksa, ini alamat blog saya
    http://newtipshidup.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek setting "Posts & Comment" dan Edit widget "Blog Post", centang "Comments"

      Delete
    2. bisa di kasih scenshoot nya gak gan? Ane gak ngejumpai bacaan blog post

      Delete
    3. http://contohblognih.blogspot.com/2015/02/mengatasi-komentar-tidak-muncul-di-blog.html

      Delete
  4. CB maaf ni, mau nanya, kalo minta bantuan jasa sama CB biar template ane SEO 100% kayak punya CB, kira-kira harganya berapa? skali lgi maafin ane, bukan bermaksud tdk sopan.he..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa..... Silakan ke
      http://contohblognih.blogspot.com/p/layanan-premium-cb.html

      Delete
  5. terima kasih telah berbagi info.....
    infonya sangat bermamfaat.....
    salam kenal dan salam sukses.......

    ReplyDelete
  6. ternyata template yg sederhana itu jauh lebih bagus daripada yg alay berisi ini itu...
    hehe

    ReplyDelete
  7. Bener jg kata om CB,klo g banyak guna bat ap dipake,mending ganti yg laen,, hehehe,,, tp sbner'y nikmat yg lbh dapet download ap yg asli bawaan Om CB,seputar template yg lebih seo???

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox