Home » » Good Bye, Backlink! Bukan Zamannya Lagi Berburu Backlink

Good Bye, Backlink! Bukan Zamannya Lagi Berburu Backlink

Good Bye, Backlink!
ERA berburu backlink akan segera berakhir! Komentar "modus" untuk mendapatkan backlink akan segera lenyap.

Pasalnya, Google dikabarkan tengah mempertimbangkan algoritma baru bernama Knowledge-Based Trust (KBT), yaitu dasar pemeringkatan situs web berdasarkan keakuratan informasi (accuracy of information).

Seperti dalam kasus "meta keyword" (kata kunci). Karena banyak webmaster atau blogger yang "curang" dalam memasukkan kata kunci (stuffing), maka sudah lama meta keywords diabaikan Google. 

Diabaikannya backlink pun kasusnya demikian. Banyak webmaster/blogger lebih rajin berburu backlink, bahkan dengan komentar spam, ketimbang meningkatkan kualitas konten blog. Akibatnya, banyak blog berkualitas rendah berada di posisi atas indeks Google, "hanya" karena banyak backlink (inbound link).

Nah, hai para pemburu backlink dengan berbagai modus komentar, segeralah "bertobat" dengan menulis komentar yang berkualitas, nyambung dengan topik posting, memberikan tambahan informasi, serta meningkatkan kualitas konten blog dengan lebih akurat, lengkap, dan bermanfaat.

Google sudah mulai mengabaikan jumlah backlink. Google terus memperbaiki algoritmanya dengan fokus pada kualitas konten.

Dulu banyak blog atau situs berkualitas rendah, bahkan kontennya banyak yang hasil copy paste, asalkan banyak backlink, bisa menduduki posisi nomor satu di SERP Google. Sekarang, tidak lagi!

Sejak algoritma Google Panda diluncurkan, banyaknya backlink tidak lagi menjadi penentu untik bisa menempati halaman pertama Google dan Search Engine lain.

Kini, Google, Yahoo, Bing, lebih memperhatikan kualitas posting dan SEO OnPage.

Bahkan, jika sebuah blog memiliki banyak backlink, tapi kontennya berkualitas rendah, maka kemungkinan blog itu di-banned Google sangat besar. Alasannya, blog tersebut akan dianggap sebagai situs "spammer", tukang nyebar link ke blog lain!

Waspadalah........!!!

Kini bukan zamannya lagi berburu backlink, mencari situs dofollow! Sekarang eranya meningkatkan kualitas tulisan, posting, isi, atau konten blog dengan posting yang berkualitas, segar (fresh), asli (orisinal tulisan sendiri), lengkap, dan bermanfaat.

Akurasi Informasi

PageRank (PR) sudah mati, tidak berlaku lagi. Kini backlink mengalami nasib yang sama, meski "belum resmi" diumumkan Google.

Sebagai gantinya, "rumor" yang berkembang di kalangan webmaster dan pakar SEO di luar sana, dalam mengindeks atau memeringkat situs, Google mulai menerapkan cara baru berdasarkan "Akurasi Informasi" (Accuracy of Information).  No more backlinking!

Lihat deh: Google Confirmed: No More Backlinks For Search Engine Optimization.

no more backlink
"Rumor" yang kayanya akan segera berubah status menjadi "fakta" itu bersumber dari sebuah dokumen yang berjudul "Knowledge-Based Trust: Estimating the Trustworthiness of Web Sources ".

Menurut dokumen itu, Google di masa depan akan lebih memperhatikan akurasi informasi daripada database backlink! (Google in future will give more value to accuracy of information more than your backlinks data base). Thanks to All Blog Things yang telah berbagi informasi penting ini.

Waspadai Blog Dofollow!

"Modus" komentar spammy --seperti "nice info", "ini yang saya cari", "great post", "terima kasih infonya gan" dsb.-- mulai diperlakukan Google sebagai aktivitas spam (spam activity).

Kedudukan backlik akan digantikan oleh Knowledge-Based Trust (KBT) yang selama ini dikenal dengan istilah "Quality Content" (Konten Berkualitas), baik isi blg maupun isi komentar di blog lain.

Hindari pula, atau tepatnya waspadai pula situs-situs atau blog dofollow! Situs dofollow bisa menjadi "jebakan" yang menjerumuskan!

Alasannya "sederhana": blog dofollow pasti akan banyak banget berisi "komentar asal" plus link aktif (active link) atau tautan hidup (live link) dari para pemburu backlink yang mengakibatkan situs tersebut "overdosis komen dan link". Jika sudah demikian, maka sang blog dofollow akan "dimusuhi" Google. Maka, waspadalah...!!! Yuk, fokus ke konten! (http://contohblognih.blogspot.com).*

Jika masih "ragu" dengan berakhirnya era backlinking, silakan simak:
  1. http://www.brightlabs.com.au/page/Blog/Google-backlinks/
  2. http://www.ipblogging.com/is-google-going-to-say-goodbye-to-backlinks/
  3. http://gotoanswer.stanford.edu/?q=Goodbye+Backlinks%2C+Hello+Social+Interaction
  4. http://www.localmarketingsource.com/blog/goodbye-backlinks-local-marketing-weekly-update-107/
  5. http://trimarkfirm.com/marketingblog/2011/05/google-panda-update/

Thanks for reading & sharing Good Bye, Backlink! Bukan Zamannya Lagi Berburu Backlink

Previous
« Prev Post

53 comments:

Comment Page:
  1. Jasa backlink bakal pada ga laku dong ntar gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. demikianlah kira-kira :)

      Delete
    2. Wahhh... ane banget tuh gan berburu backlink!! Ahhaaaak ahak ahak!

      Delete
  2. Apa dengan lebih fokusnya Google pada kontent, itu berarti seo, responsive, mobile frindly atau tidaknya sebuah template blog sudah tidak terlalu dipermasalahkan? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlink gak ada kaitan dengan seo dan responsive design... jadi seo dan mobile friendly tetap berlaku....

      Delete
    2. Gak ngerti mobile friendly maz. Bisa diperjalas, maz? maz :D

      Delete
    3. mobile friendly itu website bisa diakses dengan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, iphone, iphone dan sejenisnya

      Delete
  3. berarti harus kreatif menulis dong gan,biar konten terlihat lebih berkualitas?

    ReplyDelete
  4. baguslah, kebanyakan backlink juga nggak bagus, lebih baik fokus ke konten blog dulu :)

    ReplyDelete
  5. Menurut saya sendiri setuju saja karena malas cari backlink :D :v

    ReplyDelete
  6. apa bedanya responsive dengan mobile friendly ?
    apakah menonaktifkan tampilan mobile di blog berpengaruh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. responsive = mobile friendly

      Delete
  7. sangat berkesan sekali mas, jadi post harus bener asli dari jari kita ...

    ReplyDelete
  8. sebenarnya sya lebih suka konten orisinil,setuju kalau google bgtu. Jadi dpat dolarpun sudah pasti itu hasil kerja keras layaknya kerja dinunia nyata . good artikel. jujur ane si masih ngopi paste tapi cuman gambar saja ambil dari google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati, posting copy paste, meskipun diedit, bakal ketahuan dan jika dilaporkan ke DMCA blog kita akan kena banned

      Delete
    2. Kalau seandainya ambil dari Google bagian Image, misalnya milih tapi nekan "Buka gambar di tab baru" atau "Open image in new tab", nge-save, ganti nama, upload kembali.. Gimana? Se-tau kita sih itu salah satu SEO image...

      Delete
  9. Saya lebih suka membuat artikel yang belum ada di blog lain :) hehe ato artikel dari hasil ekperimen sendiri :) itu lebih menjanjikan mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. se-7, google sangat suka artikel yang belum ada di blog lain alias UNIK

      Delete
  10. berarti kalau sekarang kita sering pakai Backlink tidak akan berlaku lagi dari peringkat petama google bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. demikianlah adanya... bisa dicek peringkat pertama Google banyak kok yang backlinknya dikit bahkan nggak ada sama sekali

      Delete
  11. Terima kasih infonya gan. Baru tau kalo sekarang backlink udah gak berlaku. Sekarang fokus ke kualitas postingan blog deh :D.

    ReplyDelete
  12. Ya baguslah kalau begitu, saya sendiri juga terbebani dengan adanya BL ini.

    Mudah-mudahan aja jadi beneran :D

    ReplyDelete
  13. kita berdoa saja semoga rumor ini bisa menjadi kenyataan ^_^

    keep posting !

    ReplyDelete
  14. baru aja saya mau cari backlink malah nemu info kayak gini,, tanks

    ReplyDelete
  15. Beneran ni??? klo emng beneran, smoga cepat" direalisasikan, soalnya susah mw ngoptimalin seo, padahal post udh bagus"... keep posting gan Y(^^)Y

    ReplyDelete
  16. Kalo bing, ask, dan lainya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin pencari lain malah sejak awal fokus ke konten :)

      Delete
  17. Yah mati nieh blog aku T_T,..kalau benar nie info om,..kita di ajukan untuk pro artikel ya T_T ,.mudah mudahan gak kenak banned

    ReplyDelete
  18. artikel adalah nomor 1, jadi harus lebih focus dalam mengoptimalkan blog nih.

    ReplyDelete
  19. inilah artikel yang saya harapkan, bahkan saya sering mikir mas, kapan ya backlink itu di tiadakan :) karena saya adalah orang yang paling malas cari backlink.. backlink ini memang agak tidak berguna sejak di lepasnya google panda, info yang sangat bermanfaat sekali master, saya suka kunjungi blog ini mas, karena bahasnya enak dan mudah di pahami, update terus artikel2nya, saya tunggu :)

    ReplyDelete
  20. Jadi istilah blogwalking ga bakalan rame lagi nich dan secara umum aktifitas ngeblog akan berkurag karena dari sekian bayka blogger hampir 75% copy paste termasuk punya saya,.. gdubrakk pukul jidat *)

    ReplyDelete
  21. Benar mas mereka semua sudah gelap mata. mereka hanya mencari backlink tapi dengan verkomentar tidak sesuai postingan bahkan spam inilah contoh blogger kekanak-kannakan

    ReplyDelete
  22. membaca penjelasan di atas... berarti kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunjungi sebuah blog dan memberikan komentar di blog yang dikunjungi... atau boleh idistilahkan dengan BLOGWALKING SUDAH TIDAK JAMANNYA LAGI.... waahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sila simak:
      http://contohblognih.blogspot.com/2015/03/manfaat-blogwalking-bukan-hanya-backlink.html

      Delete
  23. ok. kita ikuti permainannya google :) tapi jangan sampe terjebak. toh kalau konten kita berkualitas, kenapa jadi masalah

    ReplyDelete
  24. baik juga sih usulnya si google agar kita lbh kreatif dalam menghadirkan postingan yang fresh

    ReplyDelete
  25. kocak bang CB "cheery Belle" kwkwkwwk
    nice inpo gan.

    ReplyDelete
  26. berarti blogger harus mulai meningkatkan kualitas dirinya...

    ReplyDelete
  27. Untung saya blm banya koment2 spam,,, kalo dulu gak ngerti ya gitu deh
    Untung baca artikel ini, krn sayang juga kl sampe kena banned

    ReplyDelete
  28. Jadi 'Akurasi Informasi' itu apakah informasi dalam konten yang harus valid (sesuai fakta), bukan informasi abal-abal ya?
    Trus, kualitas konten itu maksudnya tulisan dengan gaya bahasa sendiri gitu?

    Kalau ada artikel lain dan kita buat artikel yang mirip tapi dengan gaya bahasa sendiri, apakah itu termasuk konten yang berkualitas.

    Saya lagi banyak belajar nih, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/06/membuat-konten-blog-berkualitas.html

      Delete
  29. kualitas yang dimaksud itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://contohblognih.blogspot.com/2014/06/membuat-konten-blog-berkualitas.html

      Delete
  30. ane baru tau.. sekarang ane berhenti backlink. heheh..
    om minta ebok yang mempelajari tentang teknik seo terbaru dong, kalo ada bagi linknya yaa. makasih sblumnya

    ReplyDelete
  31. satu kata dari ane bang ..... GASWAT kalo begitu .. bisa turun drastis pendapatan.

    ReplyDelete
  32. Backling selama ini yang saya buat jadi bakal sia-sia .. atuhhh

    ReplyDelete
  33. Model begini yg dibutuhkan, drpd blog saya nyungkep terus :(

    ReplyDelete
  34. Mulai sekarang kita harus meningkatkann kualitas konten daripada menyebar link kesana-kemari.

    ReplyDelete
  35. kalau saya sangat jarang nyebar link di komentar2, saya lakukan adalah membuat artikel2 di .edu dan di sela - sela artikelnya di sisipi link ke blog utama

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox