March 29, 2015

Arti Newbie dan Mastah

March 29, 2015

Definisi, Pengertian, Makna, atau Arti Newbie dan Mastah. 

Arti Newbie dan Mastah
DI dunia blogging, dikenal istilah Newbie dan Mastah (Master). Newbie adalah sebutan bagi pendatang baru (new comer) atau pemula (beginner). Dalam blogging newbie artinya blogger baru, atau orang yang baru ngeblog.

Mastah adalah plesetan dari kata "master" yang artinya ahli, piawai, sudah menguasia seluk-beluk blogging.

Banyak blogger yang komentar di blog lain, bertanya, lalu mengaku "mastah, ini bagaimana... maklum ane newbie gan".

Mari kita "bedah" dua istilah ini, Newbie dan Mastah, biar lebih paham.

Arti Newbie

Arti Newbie menurut kamus bahasa Inggris Merriam-Webster, kata newbie (baca: nu-bi, nyu-bi) artinya orang yang bariu saja mulai melakukan aktivitas tertentu (a person who has recently started a particular activity).

Menurut Wikipedia, kata "Newbie" berasal dari kata "New" (baru). Istilah yang semakna dengan newbie adalah newb, noob, n00b, noobie, n00bie atau nub.


Newbie, newb, noob, n00b, noobie, n00bie or nub is a slang term for a novice or newcomer, or somebody inexperienced in any profession or activity.
Newbie dan lain-lainnya itu adalah istilah slang atau bahasa gaul untuk pendatang baru (new comer) atau seseorang yang belum berpengalaman dalam sebuah profesi atau aktivitas.

Menurut Urban Dictionary,  Newbie artinta orang yang baru di bidang game, konsep, atau forum. Berbeda dengan Wikipedia, menurut kamus ini, newbie beda makna dengan n00b yang artinya "orang bodoh" (a stupid person).

A person new to a game, concept, or forum. Not to be confused with n00b, a stupid person. Newbies are just new.

Arti Mastah

Mastah adalah bahasa slang atau ucapan populer untuk "master". Menurut Kamus Slang, Mastah adalah plesetan dari kata master (sebutan orang yang ahli di bidangnya).

Hal senada dikemukakan Urban Dictionary: Word that is slang for master.

Dalam kamus bahasa Inggris seperti Merriam Webster tidak dikenal istilah mastah. "The word you've entered isn't in the dictionary." Karena memang yang baku itu "master" yang artinya a.l. gelar sarjana S2 dan "menguasai" atau ahli di bidang tertentu.
Master is a person with the ability or power to use, control, or dispose of something

Di Wikipedia kita temukan banyak sekali pengertian master di berbagai bidang. "Master and masters are terms denoting some kind of rank or status".

Dari ulasan di atas, kita makin paham arti dan perbedaan antara newbie dan mastah, minimal kita "sadar" dan paham betul arti kata/istilah yang kita ucapkan atau tuliskan. Bukan ikut-ikutan atau latah :) (http://contohblognih.blogspot.com).*

Baca Juga: Arti Wannabe

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

8 comments on Arti Newbie dan Mastah

  1. yups,.. 'newcomer' juga biasa digunakan oleh dosen tertentu untuk menanyakan jika ada maha siswa yang baru datang ketika perkuliahan sementara berlangsung. biasanya si dosen akan bertanya, "who is the newcomer?" selain itu, latecomer juga sebenarnya 11-12 maknanya secara semantik. tapi newbie lebih keren dibanding latebie, hehe..just kidding guys. thanks infonya CB.

    ReplyDelete
  2. share ilmunya ya,,, jadi tahu saya...
    mantap nih artikelnya!

    Madu Khasiat

    ReplyDelete
  3. Oh jadi seperti itu artinya, terimakasih banyak yah.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mastah, eh, terima kasih Mas buat artikelnya yang informatif. :p

    ReplyDelete
  5. ilmunya bermanfaat sekali ya :)

    ReplyDelete
  6. mastah itu penyebutan asal jepang. Yang mana dalam bahasa jepang, kata adopsi menggunakan katakana dan ditulis sesuai pengucapan. akan tetapi tidak ada huruf untuk akhiran r pada katakana sehingga dipanjangkan menjadi マスタア (masutaa/mastaa). Dan agar terdengar penegasannya menjadi mastah

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *