Home » , » Manfaat Blogwalking Bukan Sekadar Backlink

Manfaat Blogwalking Bukan Sekadar Backlink

Manfaat Blogwalking
BLOGWALKING adalah aktivitas blogger untuk "jalan-jalan" (walk) ke blog lain. Arti praktisnya, blogwalking yaitu membuka atau mengunjungi blog orang lain.

Kebanyakan motif blogwalking adalah untuk mendapatkan backlink. Namun, manfaat mengunjungi blog lain bukan sekadar backlink atau promosi blog, apalagi backlink mulai diabaikan Google.

Lebih dari itu, blogwalking terutama bertujuan membangun reputasi di kalangan sesama blogger. 

Motif terbaik blogwalking adalah "berbagi" tips atau wawasan seputar topik yang dibahas dalam suatu posting. 

Dengan menuliskan komentar yang relevan dengan tema saat blogwalking, memberikan tambahan atau bahkan koreksi,  maka Anda tengah membangun reputasi di kalangan blogger lain, minimal admin blog yang dikomentari. 

Komentar yang baik, berisi, tidak sekadar "nice info gan, bermanfaat sekali", akan membuat admin blog dan blogger lain "penasaran" bahkan "kagum". Nah, rasa penasaran itu akan membuat blogger lain membuka profil Google Plus atau link blog Anda (jika menggunakan Open ID atau Name/URL) alias mengunjungi blog Anda.

Intinya, komentar yang "bukan basa-basi", komentar berkualitas, akan membuat admin blog dan blogger lain mengunjungi blog kita.

Selain itu, blogwalking juga bermanfaat untuk "mencari ide". Banyak membaca dengan cara blogwalking dan mengikuti perkembangan isu aktual akan menjadi "sumber inspirasi" dalam mengupdate blog kita. 

Jelas, manfaat blogwalking bukan sekadar membangun backlik, apalagi backlink sudah mulai diabaikan oleh Google karena banyaknya blogger yang melakukan "spam activity" dengan menyertakan live link atau alamat blog dalam isi komentarnya.

Pantangan utama dalam blogwalking adalah menulis komentar yang buruk, terkesan basa-basi, mencantumkan alamat blog dalam isi komentar, dan minta kunjungan balik! Minta kunbal dalam komentar terkesan "mengemis" atau "merengek". Padahal, tanpa diminta pun, umumnya admin blog akan mengunjungi blog yang berkomentar di blognya.

Aktivitas blogwalking & komentar di blog lain juga akan mendorong para blogger menghindari Copy Paste dan Menghapus Credit Link --dua dari sekian pantangan blogging. 

Blogger tukang Copas dan suka menghapus credit link desainer templatenya akan menghindari nulis komentar --takut ketauan dong! Ya gak? Copas tidak dilarang, selama mencatumkan link sumber. Wasalam. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing Manfaat Blogwalking Bukan Sekadar Backlink

Previous
« Prev Post

14 comments:

Comment Page:
  1. Saya termasuk blogger yang sangat jarang melakukan blogwalking, bahkan bisa dihitung dengan jari. biasanya saya baru melakukan blogwalking saat lagi mencari data atau sumber materi yang sedang saya tulis. Ya bukan penjilat, tapi ini sebuah pengakuan. CB-blogger merupakan salah satu tempat saya belajar, terutama tentang tips ngeblog. Memang fokus blog saya tentang pendidikan. tetapi kadang-kadang saya menulis juga tentang tips nge-blog, biasanya yang menjadi sumber utama ya CB. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sahabat CB Blogger, ane mau nanya nih.., yah mungkin nantinya ada yang ketawa, tapi silahkan.., karna prinsip ane nda pernah malu untuk blajar. Ane kurang faham, apaan sih backlink itu??? ane cuma ngerti artinya doank link balik. tapi selebihnya ane g mudeng sama skali, mohon penjelasannya dong...terimakasih sebelumnya.

      Delete
    2. Mungkin setau ane backlink tu, benar kata masa suta sebagai link balik, jika link yang dicantumkan ke blog orang lain (blogwalking) banyak (spam), mungkin bisa membantu naikin page rank blog tersangka, karena link kita tersebar dibeberapa blog. mungkin bisa dbilang seperti itu, selebihnya bisa dijelaskan oleh mastah admin baginda C.B, heheh

      Delete
    3. Makasih Bang Guido.., penjelasannya membuat saya jadi ngerti.

      Delete
  2. Sip, benar banget bos Agus dan bos Inan, memang blog CB sangat mantap, dapat dicuri ilmunya untuk memperbaiki tampilan blog saya, baik dalam segi cara penulisan artikelnya maupun tentang unsur seonya. mantap sekali. Salam dari blogger baru ya bos CB dan teman-teman

    ReplyDelete
  3. haha berati komennya harus panjang panjang ya ?

    ReplyDelete
  4. terima kasih tipsnya bang,, Template NJW saya pakai di blog saya. Saya sangat suka dengan desain dan loadingnya. Sukses terus bang.

    ReplyDelete
  5. Izin copas mimin CB , Untuk berbagi dengan yang lainnya.
    Trims ^_^

    ReplyDelete
  6. berkat postingan ini saya jadi benar benar tahu cara menanggapi sebuah postingan..terus cara lain meningkatkan visitor blog gmana ya?

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, saya banyak belajar mengenai masalah blogging. Ulasannya sangat bermanfaat. Happy Blogging

    ReplyDelete
  8. thanks bang saya masih pemula soalnya

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox