Home » » 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie

 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie
Daftar Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Baru (Newbie). 

BLOGGER baru biasa melakukan kesalahan dalam memulai ngeblog. Ini wajar, namanya juga "new comer" alias masih belajar!

Daftar Kesalahan berikut ini harus dihindari blogger newbie untuk menuju sukses blogging di masa depan. CB juga masih tergolong newbie kok, baru "serius" ngeblog sekitar 1,5 tahun terakhir ini, masih jauh untuk jadi mastah.

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie

1. Salah Memilih Topik
Salah memilih niche blog. Banyak hal yang bisa ditulis untuk konten blog. Namun, banyak newbie memilih topik yang dikiranya bisa "mendatangkan duit" atau "trafik" dengan cepat. Misalnya, ia memilih topik yang tidak dikuasainya.

Kita harusnya memilih topik yang sesuai dengan "bakat-minat" (interest) dan wawasan-pengetahuan (knowledge) kita. Jangan paksakan memilih topik tulisan yang gak dikuasai. Tulisan yang dibuat "tidak dengan hati" akan "hambar" bagi pembaca.

2. Copy Content
Copy paste (Copas) adalah tipikal blogger newbie. Ia main copas aja tulisan blogger lain untuk dimasukkan kedalam blognya. 

Jika tidak mencantumkan sumber, ia menjadi plagiator alias pelaku plagiarisme yang sangat dimusuhu di alam dunia ini. Jika mencantumkan sumbernya, tentu bukan plagiat, tapi blog yang isinya copas, bahkan cuma satu posting, tidak akan diterima Google Adsense!

Kita harus membuat tulisan unik (unique content) dan segar (fresh content) yang sekiranya belum banyak ditulis blogger lain. Jikapun sudah ada/banyak, maka gunakan "angle" atau sudut pandang lain atau "lebih lengkap".

3. Tidak Belajar SEO
SEO sangat penting untuk bisa bersaing dengan jutaan blogger lain. Siapa paling "cerdik" memainkan SEO, maka ia akan menang. Berlomba tampil di halaman depan hasil pencarian adalah "kewajiban" para blogger, jika ingin blognya banyak pengunjung.

4. Tidak Menggunakan Favicon dan Gravatar.
Favicon bawaan blogger adalah logo blog. Gravatar yang kosong biasnya "anonim". Maka, siapkan gambar kecil, ukuran 16x16 pixel, sebagai ciri khas blog Anda di browser.

Gunakan pula foto di Gravatar dan Google Plus. Gunakan foto atau logo yang akan menjadi ciri khas, identitas, atau "Trade Mark" blog Anda.

5. Jadi Spammer
Mungkin berniat mengenalkan atau mempromosikan blognya, banyak newbie yang justru menjadi "tukang spam". Ia nyepam di mana-mana, mengenalkan blognya, bahkan dengan komentar yang 'gak nyambung!

Komentar berkualitas adalah salah satu cara meningkatkan trafik dan popularitas blog. Sebaliknya, nyepam atau komentar spam hanya akan membuat Anda dimusuhi blogger lain.

Sebenarnya masih banyak daftar Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie. CB pilih lima saja dulu biar lebih efektif. Selengkapnya bisa dicek di Blog Tips n Trick yang menjadi sumber posting ini. (http://contohblognih.blogspot.com).*

Thanks for reading & sharing 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Newbie

Previous
« Prev Post

15 comments:

Comment Page:
  1. Replies
    1. sama, saya juga gak termasuk :v

      Delete
  2. CB mau nanya nih,.. soal gambar itu kira-kira ngambil dari mana ya agar tidak kena hak cipta ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri di corel atau photoshop

      Delete
  3. soal poin 4. Tidak Menggunakan Favicon dan Gravatar.
    justru ini bukti kecintaan kepada blogger..
    apa iya, dengan cinta di balas dengan penghapusan blog.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha wong bloggernya aja nyediain favicon buat diganti kok :)

      Delete
    2. Poin nomor 4. Bisa jelasin gak mas dimana letak kesalahannya? Lagian saya masih menggunakan yang orisinil. Buatnya sih gampang, tapi males benerrrrr

      Delete
  4. Saya sering liat jualan obat di koment blog saya, kesel amat... !! cara nya biar koment gak muncul dulu sebelum disetujui admin gmana ya, mbah cb ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seting komentar seperti pada gambar di sini:
      http://contohblognih.blogspot.com/2014/02/tips-agar-blog-banyak-komentar.html

      Delete
  5. Halo CB...

    Sebagai pemula dan akhirnya menemukan blog CB ini....jadi banyak belajar banget....

    Mau coba buat blog utk free template dulu...abis itu coba layanan premiumnya

    Maklum gaptek soal blog dsb...

    Thanks CB

    ReplyDelete
  6. Insya allah, semua artikel yang saya buat tidak hasil copas. Terima kasih mas atas informasinya,, oh..iya, maaf saya gak minta izin dulu cantumin sumber berita artikelnya mas di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho... katanya "semua artikel yang saya buat tidak hasil copas" ? :)

      Delete
  7. beberapa waktu yang lalu saya pernah melakuakannya (spam), sebab saya benar-benar tidak tahu. andai saya membaca artikel ini, saya pasti tidak melakukannnya. sekarang yang jadi sedikit cemas: apakah dampak spam itu berkelanjutan atau sekadar beberapa waktu saja? mohon solusi untuk memperbaikinya. terima kasih untuk kesediaannya dan pengetahuannya. salam pemula yang juga ingin memberikan inspirasi

    ReplyDelete
  8. Di blog saya ada yang komen membahas tentang judul yang saya posting .trs dia meninggalkan ling untuk blog sidia .pertanyaanya .apakah harus di hapus komentar yang demikian .mas ?

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox