Home » , » 7 Cara Membuat Posting Blog SEO Mudah Terindeks Google

7 Cara Membuat Posting Blog SEO Mudah Terindeks Google

Posting Blog SEO
Cara Membuat Posting Blog Mudah Terindeks Google dan Ranking Bagus di Halaman Hasil Pencarian (SERP) Google.

POSTING di blog harus ramah mesin telusur (SEO Friendly), sebagaimana Meta Tags dan template yang digunakan.

Posting "ramah mesin pencari" akan mendorong konten blog mudah dan cepat diindeks Google dan ditemukan pembaca di halaman hasil pencarian.

Memang tidak ada yang menjamin posting blog Anda bisa nomor satu, sebagaimana dikatakan Google. Jasa SEO sekalipun tidak bisa menjamin rangking #1 di Google. 

"Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google," kata Google dalam Bantuan Alat Webmaster seraya mengingatkan sebagai berikut:

Hati-hati terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menyatakan memiliki "hubungan khusus" dengan Google, atau mengiklankan "pengiriman prioritas" ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Kenyataannya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui laman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs, dan Anda dapat melakukannya tanpa biaya sedikit pun.

Posting SEO Friendly adalah satu-satunya pembeda antara blog yang satu dengan blog lainnya.

Bayangkan, jika semua blogger sama-sama menggunakan template seo friendly, fast loading, mobile friendly, dan meta tags seo friendly, atau menerapkan semua trik seo, bagaimana Google menentukan peringkatnya di halaman hasil pencarian (SERP)?

Kualitas Posting Penentu Utama Peringkat

Berdasarkan "pengamatan" dan pengalaman selama ini, penentu utama ranking di Google tak lain tak bukan adalah kualitas konten (quality content) dengan ciri-ciri utama: unik, asli, dan lengkap. Semakin unik, semakin asli, dan makin lengkap posting Anda, maka akan makin berpeluang tampil di peringkat #1 SERP Google.

Itulah sebabnya, banyak blogger master yang berbagi tips & trik seo karena mereka tahu, toh penentu utama peringkat adalah kualitas posting (tulisan).

Jasa Layanan Premium CB sendiri hanya menjanjikan Skor SEO 100% dan Template Blog yang SEO Friendly, Mobile Friendly, dan User Friendly, tidak menjamin peringkat di Google, karana soal peringkat tergantung kualitas isi atau postingan blog Anda.

7 Tips Membuat Posting Blog  SEO Friendly

Tips berikut ini adalah faktor teknis penulisan posting, bukan subtansi atau isi (tema/ulasan) postingan. 

Setelah postingan Anda unik, asli (bukan copy paste), dan lengkap --mendetail, plus gambar, bahkan infografis dan video, maka tips berikut ini akan membantu ke-SEO-an posting Anda:

1. Sertakan Kata Kunci di Judul Posting

Postingan tentang "Posting Blog  SEO Friendly", maka kata kunci itu pun harus muncul di dalam judul, sebagaimana posting ini. 

2. Tulis dalam struktur posting yang baik (structure of blog post)


Layaknya sebuah artikel karya penulis profesionnal di media massa, maka tulisan Anda harus dimulai dengan pendahuluan (opening), isi (body) berupa ulasan atau bahasan, dan penutup (closing) yang biasanya berupa kesimpulan.

3. Perhatikan Kepadatan Kata Kunci

Anda pasti sudah mengenal istilah keyword density alias kepadatan kata kunci. Pastikan kata kunci di keseluhan postingan sekitar 2%, jangan kurang, dan lebih. Jika kurang akan sulit diindeks, jika berlebihan akan dianggap spam. 

Lalu, bagaimana menenentukannya? Menulislah secara normal dan wajar. Istilah Google: menulislah untuk pembaca (manusia), bukan untuk mesin! Postingan yang orientasinya mesin pencari, akan "tidak natural" dan gak enak dibaca!

4. Gunakan Heading Tags H1, H2, H3
Saat kita menulis posting, di bagian atas ada pilihan Heading, Subheading, Minorheading, dan Normal. Itulah yang dimaksud Heading Tags H1 s,d. H4. Ukuran hurufnya ditentukan di template blog.

Yang dimaksud menggunakan Heading Tags adalah membuat subjudul dengan ukuran huruf yang berbeda dengan teks normal.

5. Gunakan Kata Kunci di Semua Elemen

Terkait dengan tips nomor 3, gunakan kata kunci di judul, subjudul, isi posting, dan bagian akhir. Tentu, ulangi kata kunci dengan wajar, gak berlebihan, mengalir saja.

6. Buat Link Internal

Usahakan minimal ada satu atau dua tautan internal ke posting sebelumnya atau posting terkait. Untuk mudahnya, contoh terbaik soal link internal ini adalah tulisan-tulisan di Wikipedia. Silakan simak, banyak internal link 'kan? That's very SEO friendly Posting! 

7. Atur Permalink

Struktur permalink sangat penting dalam SEO. Permalink yaitu link posting yang bisa diatur di menu "Permalink" di sidebar halaman saat posting. Hilangkan Stop Words dan masukkan kata kunci di permalink. 

Baca Juga:

Demikian 8 Cara Membuat Posting Blog SEO Friendly. Cara atau tips SEO lainnya "berserakan" di blog ini. Silakan cek di menu Tips SEO.

Kesimpulan
Membuat Posting blog ramah mesin pencari memang membutuhkan kesabaran dan ketekutan. Perlu proses juga. 

Tips ini hanyalah "ikhtiar" agar blog kita eksis dan mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian Google. Good Luck and Happy Blogging! (http://www.contohblog.com/).*

Thanks for reading & sharing 7 Cara Membuat Posting Blog SEO Mudah Terindeks Google

Previous
« Prev Post

2 comments:

Comment Page:
  1. Posting ini sangat SEO sekali, internal link nya oke dan eksternal link nya juga oke. Sya juga memperhatikan bagian Heading, Subheading dsb di posting ini. Artikelnya memang sangat Relevan dan pastinya sangat bermanfaat mas CB. :)

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox