Cara Menghapus Widget Bundle CSS untuk Fast Loading Blog

Mempercepat Tampilan BlogCara Menghapus Widget Bundle CSS untuk Mempercepat Tampilan Blog

JIKA kita "bedah" daleman template blog SEO Friendly & Fast Loading, maka umumnya menghapus kode bawaan blogger yang disebut  Widget Bundle CSS.

Diyakini, dan terbukti, dengan menghilangkan kode tersebut, tampilan blog akan kian kenceng & ringan alias mengurangi waktu tampilan (reduce blog load time).

Apa tidak berbahaya? Tentu tidak. Buktinya, penghapusan Widget Bundle CSS memang tidak membuat tampilan blog jadi error, malah makin ringan.

Kode Widget Bundle CSS tersebut adalah kode yang berakhiran widget_css_bundle.css.

Cek saja template Anda dengan cara Template > Edit HTML > Ctrl+F > masukkan kata bundle.css. Jika masih ada, Anda bisa menghapus atau men-disable-nya agar tampilan blog lebih ringan dan cepat.


Kode Widget Bundle CSS lengkapnya adalah:

<link type='text/css' rel='stylesheet' href='//www.blogger.com/static/v1/widgets/1738504331-widget_css_bundle.css' />

Cara Menghapus Widget Bundle CSS Blogger

1. Klik "Template" > "Backup Template". Backup dulu template Anda, jaga-jaga kalo error
2. Klik "Edit HTML"
3. Hapus kode widget_css_bundle.css!
4. Temukan kode ini di template Anda: <b:skin><![CDATA[
5. Select All alias Copy & Paste SEMUA kode css yang ada di antara kode <b:skin><![CDATA[
dan ]]></b:skin> ke notepad

6. Setelah dicopypaste, hapus semua kode tersebut, sehingga yang tersisa hanya kode berikut ini:

<b:skin><![CDATA[
]]></b:skin> 

7. Hapus kode tersebut dan ganti (replace) dengan kode berikut ini:

<style type="text/css"> <!-- /* <b:skin><![CDATA[ */]]></b:skin>

atau gunakan kode ini:

&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin>

7. Copas kode berikut ini di bawahnya atau di bawah kode </b:skin>


<style type="text/css"> 
... kode CSS di sini... 
</style>

8. Copy & Paste kode CSS yang di langkah no. 4 disimpan di Notepad ke dalam kode di atas (di bagian yang ada tulisan ... kode CSS di sini...)

9. Save Template!

Itu dia Cara Menghapus Widget Bundle CSS untuk Fast Loading Blog. Silakan klik dua link sumber di bawah ini untuk lebih jelasnya. Good Luck! (http://www.contohblog.net/).*

Sumber
Sumber

22 Komentar untuk "Cara Menghapus Widget Bundle CSS untuk Fast Loading Blog"

CB, apakah cara ini sudah diterapkan pada Genesisseo?

Untuk genesis seo tidak diterapkan, karena sudah cukup Fast Loads... Silakan kalau mau diterapkan, tapi risikonya layout jadi agak acak-acakan.... (gak masalah sih, toh layout cuma admin yang lihat:) )

Siap mas. Untuk mengatasi layout acak-acakan saya ngerti mas.
Dicoba dulu orisinil premiumnya, tanpa perlu edit sana-sini. Ntar kalo kurang, baru di oprek habis-habisan Genesisseo-nya.. Thanks CB!

Siiiippp....! Good Luck....!

Dah di coba belum ini trik kang?

Keraguan saya berawal dari sini:

1. Kode ini ga ada tag penutupnya : "<style type="text/css"> <!-- /* <b:skin><![CDATA[ */]]></b:skin>"

2. Trus knapa tag komentar html dimasukin ke CSS "

1. gak usah ragu, coba saja, tidak akan error...
2. semua kode CSS bisa masuk ke < style > itu....

Thanks infonya... Berguna sekali... Gak salah saya kunjungi nih blog... Good Job

Dah di coba sampai di ulang 2X GagalManing-GagalManing. Sebelum di coba page speed score sudah 96% tadinya mau sampai 100% Eeeeeee masih tetap. Kalau Pendapat Aa CB 96% sudah bagus belum ya ?

untuk Template NJW Update apakah sdh terhapus dari sananya mas?

Fungsi widget css bundle itu apaan sih gan??
Kok disetiap template ada semua??

ketika saya test speed blog saya di pagespeed insight ada peringatan seperti ini "Hapus JavaScript yang memblokir render: https://www.blogger.com/static/v1/widgets/127631110-widgets.js"
saya saya praktekkan tutorial abang CB sedetail mungkin dari a-z dan seharusnya work tapi kenapa tidak ada perubahan sama sekali ya? mohon pencerahanya mastah

Itu untuk menampilkan widget bawaan blogger

Itu bukan widget bundle_css, lain lagi. Silakan buka linknya

apakah ngaruh ke seo? tapi skor blog CB ini dapat skor 57 dan 59/100

ngaruh, tapi skor seo chkme bukan ukuran, buktinya ya blog CB ini tetap "jaya" :)

gimana gan kalau di template ga ada bundle.css tapi di pagespeed insight tools masih ada

itu artinya masih ada di template, ngumpet, takut dihapus :)

saya coba dulu mas,, nanti kalo ga berhasil saya balik ke sini

Seperti blog saya gan, saat halaman depan dilakukan control+U maka tepat di bawah head ada tercantum :

58827200-widget_css_bundle.css

NAMUN di dalam template html nya tidak ada alias ngumpet. Apakah ada solusi untuk menampilkannya gan? Soalnya oleh PageSpeed Insights masih terdeteksi.

Silakan ke UPDATE hapus css bundle:
http://www.contohblog.com/2017/07/hapus-widget-bundle-css-kecepatan-blog.html

Silakan.... cek juga updetannnya:
http://www.contohblog.com/2017/07/hapus-widget-bundle-css-kecepatan-blog.html

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *