Home » , » 3 Penentu Utama Peringkat Blog di Pencarian Google

3 Penentu Utama Peringkat Blog di Pencarian Google

seo blog google
Tiga Faktor Utama Penentu Peringkat Blog di Halaman Hasil Pencarian (SERP) Google. SEO Terbaik masih Konten Berkualitas!

KITA, blogger, terus berlomba agar blog atau postingan tampil di peringat atas halaman hasil pencarian Google. Tampil di ranking satu, dua, tiga, atau ada di halaman pertama (page one/pejwan) SERP Google merupakan "kran" yang akan mengalirkan pengunjung ke blog kita.

Apa yang kita lakukan untuk mendapatkan peringat satu di Google? SEO! Tapi, SEO bukan satu-satunya faktor penentu.

Bayangkan saja, kalo semua blogger menerapkan tips dan trik seo di blognya, lalu Google akan "bingung" kan? Lha... wong semuanya seo friendly kok!

Karenanya, berdasarkan pengalaman dan pengamatan, ada tiga faktor terpenting dalam penentuan rangking SERP Google, yaitu Konten Berkulitas, Template Blog SEO & User Friendly, dan... Link!

Jadi, sebelum berlanjut, kita simpulkan dulu. Faktor penentu peringat blog di SERP Google itu bukan puluhan, apalagi ratusan, tapi cuma TIGA! Telu. Tilu, Three! Mirip podium MotoGP yang cuma ada tiga di balkon!

Ke-3 Penentu Utama Peringkat Blog di Pencarian Google itu adalah:

  1. Konten Berkualitas
  2. Template Blog
  3. Links

Penentu Peringkat Google #1: Content is King!

Konten, isi, atau posting (tulisan) adalah raja. Konten Berkualitas menjadi penentu utama peringat blog di hasil pencarian Google. Tips, teknik, atau trik SEO blog terbaik tidak lain adalah menulis Konten Berkualitas.

Kualitas konten itu meliputi aktualitas, unik, orisinalitas, lengkap, dan "enak dibaca" oleh pengunjung.


Enak dibaca? Ya, enak dibaca. Istilahnya, user friendly (ramah pengguna).  Kita bisa belajar banyak banget kepada NN Group soal usability web (blog) agar enak dibaca dan menyenangkan pengguna.

Misalnya, tampilan teks di postingan itu jangan bertumpuk. Satu alinea maksimal lima baris. Makin sedikit kalimat dalam satu alinea, makin enak dibaca. Biar mudah dan langsung praktik, lihat saja deh, misalnya, situs BBC Indonesia

Bandingkan tampilan teks (posting) di situs itu dengan di blog Anda. Enak mana dibacanya? :) 

Kalo enakan BBC, ya.... tiru saja gaya tampilan naskah berita/tulisannya: rata kiri (align left), ada jarak antar-alinea (white space), maksimal empat-lima baris per alinea alias paragraf pendek. 

Kembali ke soal Content is King. Sering sekali ada blog "asal jadi", tanpa seo, bahkan templatenya bawaan blogger (default), nangkring di peringkat pertama Google. 

Kenapa? Sebab, kontenya berkualitas, lengkap, asli tulisan sendiri, yaitu... blog mahasiswa yang memposting makalah atau tugas kuliahnya! Ya kan?

Penentu Peringat Google #2: Template Blog

Ini saran Google: Make your blog load faster! Jika blog Anda berat, misalnya kebanyakan kode dan widget, sehingga loading lebih dari 4 detik, maka blog Anda akan sering kena "bounce back", ditinggalkan pengunjung, lalu diabaikan Google.


Maka, konten berkualitas harus didukung Template Blog SEO & User Friendly, yaitu fast loading (tampil cepat, ringan), enak dilihat, "tidak kumuh", dan responsive (mobile friendly). 

Gunakan template yang simple, sederhana, tapi "indah", tidaak asal cepat, perhatikan pula soal "keindahan", namun tidak "menor" dan "lebay" --segala tips desain blog diterapkan dan segala widget dipasang! 

Penentu Peringat Google #3: Link!

Tautan. Terdiri dari internal link, eksternal link, dan... masih.... backlink!

Internal link meliputi navigasi menu, related post, popular post, recent post, jika perlu random post dan most commented post (kalo memberatkan lepas saja widget random post dan most commented post).

Internal link juga ada dalam postingan, menaut ke posting lama yang setema (relevan). Contoh terbaik posting yang penuh link dan bagus buat seo adalah tulisan-tulisan Wikipedia. Lihat saja, banyak linknya 'kan?

Link eksternal juga penting agar posting kita "punya teman". Jika kita "pelit" menyertakan link eksternal, misalnya link sumber, maka blog kita akan sendirian, kesepian!

Anda yang suka menghapus credit link footer desainer template akan menjadi blog yang kesepian, bahkan dimusuhi oleh blogger lain! Ngelink ke blog desainer itu menguntungkan. Lihat saja, CB masih setia ngelink ke blog maskolis di footer!

Backlink masih penting, namun kata Google, sudah tidak terlalu penting karena banyaknya manipulasi dan "spam link". Hanya backlink dari situs/blog berkualitas yang akan dihitung Google.


Demikian "bahan diskusi" kita tentang penentu utama peringkat blog di Google. Jangan habiskan waktu dan pikiran/tenaga untuk utak-atik desain dan seo. Kerahkan sebagian tenaga, waktu, dan pikiran untuk fokus ke konten berkualitas. 

Good luck and Happy Blogging! (http://www.contohblog.com/).*

Thanks for reading & sharing 3 Penentu Utama Peringkat Blog di Pencarian Google

Previous
« Prev Post

4 comments:

Comment Page:
  1. makasih gan artikelnya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. yang terpenting sih dlm setiap artikel yang kita terbitkan itu harus tulisan asli sendiri. mksh sob dah di share.

    ReplyDelete
  3. siang. cb mau tanya cara agar site linking in bertambah banyak. caranya gmn ya?
    tq ya dan fungsinya untuk apa ya?

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox