Home » » Tiga Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Komentar di Blog Lain

Tiga Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Komentar di Blog Lain

Cara Komentar di Blog yang Baik
Cara Komentar di Blog yang Baik.

SANGAT banyak blogger senior yang share tentang cara menulis komentar yang baik di blog orang lain. Berikut ini CB share tentang Tiga Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Komentar di Blog.

Komentar blog yang baik akan membuat blogger lain terkesan, bikin penasaran, dan otomatis mengundang blogger lain berkunjung ke blog Anda (lewat Google plus), meski komentar Anda tidak menyertakan link atau alamat blog.

Isi komentar yang menyertakan alamat blog merupakan pantangan besar dalam dunia blogging. Itu namanya "Komentar Spam". 

Demikian juga komentar pendek, semisal "nice post" atau "artike yang bagus", dan penggunaan nama produk atau nama yang merek yang berbau promosi. Sebaiknya, komentar menggunakan nama (nama orang), bukan nama blog atau nama produk.

Tiga Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Komentar di Blog

1. Baca Tulisan secara Utuh
Dengan membaca postingan secara utuh, Anda tidak akan salah komentar atau "ketahuan" nyepam. Baca artikel juga akan memunculkan inspirasi untuk menulis posting dengan topik yang sama di blog Anda, namun dengan perspektif yang berbeda.

2. Baca Komentar Blogger Lain
Jika sebuah postingan sudah banyak komentar, baca komentar blogger lain. Siapa tahu Anda yang belum dijawab oleh admin, dan itulah peluang Anda untuk menjawabnya. Blog Anda akan dikunjungi admin blog yang tanya.

Anda bisa berdiskusi dengan blogger lain di blog yang Anda kunjungi. Diskusi akan menciptakan reputasi yang baik bagi blog Anda. 

Sekali lagi, meskipun Anda tidak menyertakan alamat blog, hanya akun Google plus misalnya, blogger lain akan kunjungi akun G+ Anda dan menemukan alamat blog Anda.

Komentar dengan G+ akan membuat Anda berkesempatan mengenalkan semua blog yang Anda kelola karena postingannya muncul di akun G+.

3. Beri Nilai Tambah
Komenter terbaik adalah komentar yang memberi nilai tambah, koreksi, atau tambahan tips dan pandangan lain yang melengkapi artikel yang dikomentari.

Komentar singkat, semacam "terima kasih" atau "nice post" tidak memberi nilai tambah apa pun. Sebaliknya, komentar panjang --minimal 3-4 kalimat-- akan memberi nilai tambah bagi Anda sendiri, karena isi komentar juga terindeks mesin pencari (Google).

Anda bisa berbagi pengalaman dalam komentar, juga berbagi tips lain tanpa menyertakan link yang akan dianggap spam oleh admin maupun mesin pencari.

Demikian sebagian hal yang wajib kita perhatikan dalam berkomentar di blog orang lain. Lebih parah lagi jika Anda malas berkomentar di blog lain, karena hal itu akan membuat Anda "kesepian", blog atau akun G+ Anda tidak ngelink ke blog mana pun. (http://www.contohblog.com/).*

Thanks for reading & sharing Tiga Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Komentar di Blog Lain

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox