Home » » Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM untuk Meningkatkan Pengunjung

Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM untuk Meningkatkan Pengunjung

Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM
Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM. Panduan untuk Blogger Pemula.

"Kami bantu SEO, SEM dan SMM untuk mengoptimalkan sumber traffic". Demikian salah satu bagian isi email yang masuk ke admin CB. Sebuah penawaran menarik yang ujungnya sih kita diminta atau ditawari untuk memasang iklan di Google :)

Terima kasih suah memberikan penawaran sehingga mendorong atau menjadi inspirasi bagi CB untuk mengulas ketiga istilah sangat penting di dunia blogging ini.

Apa itu SEO, SEM, SMO, dan SMM? 

Blogger newbie seperti CB belum paham betul apa itu SEO, SEM, SMM. Maklum, CB mah hanya bikin blog terus cari template blog seo friendly, dan fokus ngisi blog dengan konten yang sekiranya berkualitas.

Setelah melakukan "riset mendalam" secara online alias Googling, maka didapatkan hasil sebagai berikut:

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimisasi/Pengoptimalan Mesin Pencari atau Mesin Telusur.

Mesin pencari yaitu situs-situs web yang digunakan pengguna (pembaca) untuk mencari informasi atau tulisan di internet. Mesin pencari terkemuka adalah Google dan Bing (Yahoo).

Artinya, kita melakukan upaya agar blog, posting, atau konten blog kita mudah dan cepat terindeks mesin pencari, terutama Google, sehingga tampil di peringkat atas --bahkan teratas-- di halaman hasil pencarian (SERP = Search Engine Result Page).

Muncul di halaman depan, page one (pejwan), bahkan di posisi teratas SERP Google merupakan pintu gerbang berhampar karpet merah bagi pengunjung untuk datang membuka blog kita.

Jadi, dipastikan, jika blog Anda sepi pengunjung, maka blog Anda tidak atau kurang SEO Friendly (ramah mesin pencari).

Google mendefinisikan SEO sebagai “Meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari”. Google juga memberikan panduan bagi para blogger dalam Panduan Dasar SEO.

Di blog blogger, kita sudah dibantu Google untuk setting SEO dasar, seperti di Dashboard, yaitu di menu Setting > Basic > Deskripsi dan Setting > Other > Search Preference > Meta tags.

Banyak pula Template Blog dan Meta Tags SEO Friendly yang dishare para mastah blogger. Kita tinggal pake dan fokus ke konten berkualitas. 

Bagi CB, SEO terbaik adalah Konten Berkualitas (Quality Content) dengan dukungan Template Blog SEO Friendly, User Friendly, dan Responsive.

Pengertian SEM

SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketing. SEM bisa dikatakan bagin dari SEO, namun berupa memasang iklan atau mengiklankan blog kita di Google, Bing, atau Yahoo!

Tentu kita sering menemukan iklan di Google Adsense. Itulah situs-situs yang melakukan teknik SEO berupa SEM. 

Jadi, sederhananya, SEM adalah mempromosikan blog dengan cara mengiklankan blog kita di Google atau Yahoo! Situs Google yang menyediakan fasilitas SEM adalahh Google AdWords.

Definsisi Google tentang SEM yaitu "penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).”

Nah, jik kita punya anggaran buat iklankan blog di Google, mengapa tidak? Secara, itu teknik SEO halal (white hat seo) yang sangat disukai Google --lha iya lah... wong kitra bayar kok ke Google :)

Pengertian SMO

SMO jelas bukan Sekolah Menengah Otas. SMO adalah singkatan dari Social Media Optimization atau Pengoptimalan Media Sosial.

Media Sosial, seperti Facebook dan Twitter, merupakan sumber trafik sekaligus backlink. Salah satu pilar SEO adalah Social Media SEO.

Sistem indeks Google kini mempertimbangkan Social Signal. Artinya, makin populer blog kita di sosmed, maka akan makin bagus indeks dan peringkatnya di SERP. Makin banyak yang like dan share, maka akan makin bagus buat trafik blog.

Bayar gak SMO? Bisa bayar, bisa tidak. Jika Anda share sebuah berita di situs berita ke Facebook, maka Anda sudah membantu situs berita tersebut dalam hal SMO. Makin sering Anda share berita  atau posting di situs orang lain ke akun medsos Anda, mereka makin senang dan berterima kasih kepada Anda. Anda sendiri dapat apa? Hmmmm.... dapat apa ya? :)

Tips dasar SMO bagi blog adalah membuat akun sosial media sebanyak mungkin dan melengkapi profil dengan menambahkan alamat blog kita di sana. Itu akan jadi backlink berkualitas dan gratis.

Jangan lupa, selain akun personal, buat juga Fanspage untuk share update posting blog Anda ke Facebook. Share bisa otomatis melalui Feedburner > Twitter > Facebook. Sekali posting, tulisan kita tersebar di RSS, Twitter, dan Facebook yang dihubungkan di Setting.

Pengertian SMM

SMM adalah Sekokah Mini Market? Jelas bukan... SMM adalah singkatan dari Social Media Marketing atau Pemasaran Media Sosial.

Seperti halnya SEM, SMM adalah mempromosikan blog dengan cara memasang iklan di media sosial, misalnya pasang iklan di Facebook.

Jika Anda punya anggaran untuk itu, bagus sekali. Itu teknik SEO halal (white hat seo) yang disukai mesin pencari dan medsos yang kita pasangi iklan.

So, bagi blogger newbie yang tak bermodal seperti CB, teknik SEO baru bisa sebatas SEO biasa dan SMO. Teknik SEM dan SMM belum kesampaian. Maka, kepada pengirim email di atas, CB mohon maaf, belum bisa menerima tawarannya. 

Good Luck and Happy Blogging, Everyone! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Pengertian SEO, SEM, SMO, dan SMM untuk Meningkatkan Pengunjung

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox