Home » » Mengenal Istilah Dunia Blogging: Platform dan Niche

Mengenal Istilah Dunia Blogging: Platform dan Niche

platform blog
Mengenal Istilah Dunia Blogging: Pengertian Platform dan Niche Blog.

SEBUAH pers kampus atau media online kampus menulis berita tentang dunia blogging. Dalam berita disebutkan, pengguna internet kini mencapai 76 miliar!

Hah? 76 Miliar? Penduduk dunia ini berapa? Busyet da ah! Berbagai sumber menyebutkan, penduduk bumi ini cuma 7-8 miliar doang! Masak jumlah user internet mencapai 76 miliar? Oh.. typo kali ya. Tapi, typo atau kesalahan ketik apanya?

Menurut Worldo Meters, penduduk dunia mencpai 7,4 miliar. Anda bisa memantau pertambahan jumlah penduduk secara Real Time di sana. Jadi, belum nyampe 8 miliar.

Masih menrut Worldo Meters, pengguna internet itu 3,3 miliar atau sekitar 45% dari penduduk dunia. Di situs itu juga ada data posting blog real time yang mencapai 4-5 juta posting per hari.

Kita maklum, namanya juga pers mahasiswa, masih belajar :) Tapi, entah wartawan yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang "menggelitik" lainnya dari berita tersebut disebutkan, kita bisa memilih platform blog, misalnya blog fashion. Hah??? Platform kok fashion?

Lagi-lagi, entah wartawan yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang jelas, yang dimaksudkan adalah NICHE blog. PLATFORM blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog, seperti WordPress dan Blogger.


Pengertian Niche & Platform Blog

niche blog
NICHE adalah topik, tema, atau ruang lingkup konten blog, misalnya blog berita, blog sepakbola, blog traveling, blog fashion, blog tips kesehatan, dll. Baca deh: Niche Blog vs General Blog.

Rupanya, wartawan atau calon wartawan sekarang harus paham dunia blogging juga ya. Bahkan, menurut sebuah studi, blogging merupakan keterampilan nomor tiga yang wajib dimiliki wartawan modern atau jurnalis online.

Minimal, dengan menguasai blogging, sang wartawan tidak salah dalam menulis berita, seperti contoh di atas itu. Mungkin, karena tidak menguasai blogging, jadinya belum paham deh apa itu platform dan niche blog.

Ingat ya, pengertian praktisnya, platform itu "tempat ngeblog", a.l. WordPress dan Blogger. Niche blog itu topik atau tema konten blog, misalnya sepakbola, kesehatan, pendidikan, games, dll.

Tentu masih banyak istilah dunia blogging lainnya, mulai dari pengertian blog, blogger, blogging, blogosphere, vlog, phlog, SEO, keywords, meta tags, template, hingga corporate blogging dan business blogging.

Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Mengenal Istilah Dunia Blogging: Platform dan Niche

Previous
« Prev Post

1 comments:

Comment Page:
  1. Bener banget mas, memang istilah penting dunia Blogging sangat utama dipelajari agar kita jangan sampai salah mikir dan salah ketik yang menyebabkan gagal paham.

    ReplyDelete

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox