January 16, 2017

Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging

January 16, 2017

Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging
Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging.

SEBUAH pers kampus atau media online kampus menulis berita tentang dunia blogging. Dalam berita disebutkan, pengguna internet kini mencapai 76 miliar!

Hah? 76 Miliar? Penduduk dunia ini berapa? Busyet da ah!

Berbagai sumber menyebutkan, penduduk bumi ini cuma 7-8 miliar doang! Masak jumlah user internet mencapai 76 miliar? Oh.. typo kali ya. Tapi, typo atau kesalahan ketik apanya?

Menurut Worldo Meters, penduduk dunia mencpai 7,4 miliar. Anda bisa memantau pertambahan jumlah penduduk secara Real Time di sana. Jadi, belum nyampe 8 miliar.

Masih menrut Worldo Meters, pengguna internet itu 3,3 miliar atau sekitar 45% dari penduduk dunia. Di situs itu juga ada data posting blog real time yang mencapai 4-5 juta posting per hari.

Kita maklum, namanya juga pers mahasiswa, masih belajar :) Tapi, entah wartawan kampusnya yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang "menggelitik" lainnya dari berita tersebut disebutkan, kita bisa memilih platform blog, misalnya blog fashion. Hah??? Platform kok fashion?

Lagi-lagi, entah wartawan kampus yang salah tulis, atau memang narasumbernya memang menyebutkan demikian?

Yang jelas, yang dimaksudkan adalah NICHE blog. PLATFORM blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog, seperti WordPress dan Blogger.

Pengertian Niche Blog

niche blog
Niche adalah topik, tema, atau ruang lingkup konten blog, misalnya blog berita, blog sepakbola, blog traveling, blog fashion, blog tips kesehatan, dll.

Bisa juga topiknya "apa saja" alias segala hal ditulis sehingga blognya menjadi General Blog.

Baca deh: Niche Blog vs General Blog.

Rupanya, wartawan atau calon wartawan sekarang harus paham dunia blogging juga ya.

Bahkan, menurut sebuah studi, blogging merupakan keterampilan nomor tiga yang wajib dimiliki wartawan modern atau jurnalis online.

Minimal, dengan menguasai blogging, sang wartawan tidak salah dalam menulis berita, seperti contoh di atas itu. Mungkin, karena tidak menguasai blogging, jadinya belum paham deh apa itu platform dan niche blog.

Ingat ya, pengertian praktisnya, platform itu "tempat ngeblog", a.l. WordPress dan Blogger. Niche blog itu topik atau tema konten blog, misalnya sepakbola, kesehatan, pendidikan, games, dll.

Tentu masih banyak istilah dunia blogging lainnya, mulai dari pengertian blog, blogger, blogging, blogosphere, vlog, phlog, SEO, keywords, meta tags, template, hingga corporate blogging dan business blogging.

Pengertian Platform Blog

Pengertian Platform Blog
Platform blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog, seperti WordPress dan Blogger.

Selain WP dan Blogger, ada juga TypePad, Weebly, Tumblr, Live Journal, dan lainnya. Banyak deh. Silakan cek: Blogging Platform.

Kata atau istilah platform adalah bahasa Inggris dengan pengertian Indonesianya, menurut Kamus Bahasa, adalah panggung, podium, peron (station), atau program partai.

Tentu yang dimaksud platform di sini adalah tempat, yakni situs tempat ngeblog gratis --semua situs tempat blog gratis keles :)

Platform blog yang paling banyak digunakan adalah Blogger milik Google dan Wordpress (WP). WP dibagi dua, yakni Wordpres.com templat membuat blog gratis dan Wordpress.org yang merupakan Content Management System (CMS) untuk membuat sebuah blog dengan domain dan hosting sendiri (SelfHosting).

Demikian Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging. Good Luck & Happy Blogging! (http://www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Pengertian Niche Blog dan Platform Blogging

  1. Bener banget mas, memang istilah penting dunia Blogging sangat utama dipelajari agar kita jangan sampai salah mikir dan salah ketik yang menyebabkan gagal paham.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *