July 14, 2016

5 Cara Mengembangkan Bisnis Online

July 14, 2016

5 Cara Mengembangkan Bisnis Online
5 Cara Mengembangkan Bisnis Online plus Tips Blog Bisnis.

BISNIS Online adalah usaha menghasilkan uang atau meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan media online seperti blog.

Aktivitas bisnis online di antaranya jual-beli produk atau jasa, pemasaran, promosi, dan pengembangan bisnis.

Kunci sukses bisnis online adalah pemahaman dan penerapan strategi bisnis yang tepat sesuai dengan karakteristik media internet dan perilaku netter atau user.

Membangun brand dan menciptakan konten menarik merupakan bagian dari cara mengembangkan bisnis online.


5 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Berikut ini lima langkah yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis online, sebagaimana dikutip Antara dari perusahaan nama domain dan keamanan internet Verisign.

1. Bangun brand Anda

Nama domain yang Anda miliki, apakah itu nama domain yang kemudian diarahkan ke halaman media sosial atau ke website, merupakan brand online Anda. Pastikan alamat ini sesuai atau sama dengan keseluruhan dari identitas bisnis Anda termasuk kartu nama, iklan, signature email, dan lainnya.

Nama domain dan alamat email professional merupakan cara murah untuk tampil kredibel saat membangun brand bisnis online Anda.

Penyedia layanan nama domain bisa dengan mudah membantu membuatkan email profesional sesuai nama domain yang Anda beli. Anda juga bisa memanfaatkan Google Apps for Business jika ingin membuat email personal dari akun gmail yang Anda miliki.

2. Konten

Buatlah konten menarik dan berkualitas untuk memperkuat brand Anda untuk membedakan diri dengan kompetitor. Ada banyak tips untuk membuat content marketing, namun di bawah ini adalah beberapa tips yang paling penting untuk diperhatikan:
  • Fokus pada apa yang Anda ketahui: Anda akan menjalin keterikatan kuat dengan pembaca dan lebih dipercaya bila secara konsisten membahas topik yang sama sesuai dengan bakat dan minat atau passion Anda.
  • Buat Sesederhana Mungkin: Posting blog pada website Anda bisa menjadi sumber konten menarik bagi pembaca yang bisa Anda buat tanpa memakan banyak waktu dan biaya. Tulislah 2-3 paragraf per posting dan minta bantuan orang lain untuk memeriksa tulisan tersebut sebelum diunggah.
  • Lakukan Pengukuran: Baik media sosial atau website dapat dikonfigurasikan, sehingga dapat memberikan metrik pengukuran secara berkala seperti jumlah klik, view, dan lainnya. Gunakan data ini untuk mengukur usaha Anda, lihat mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak.


3. Mulailah mencari pelanggan


Anda harus aktif bahkan proaktif mencari pelanggan atau klien. Ada tiga cara efektif untuk mendapatkan pelanggan baru: Email Marketing, Social Media Marketing, dan Search Engine Marketing.
  • Pemasaran melalui Email (Email Marketing). Ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand Anda, mendorong bisnis baik secara online dan offline, mengintegrasikan saluran multi-marketing, dan mendorong pertumbuhan jaringan sosial.
  • Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing/SMM). Berbagai platform media sosial menyediakan program promosi berbayar yang mudah digunakan untuk mengembangkan bisnis online Anda.
  • Pemasaran Mesin Pencari (Search Engine Marketing/SEM). Dengan membayar untuk SEM, Anda bisa mengontrol kata kunci spesifik untuk mempromosikan bisnis dan menentukan dimana bisnis Anda akan muncul dalam pencarian. Gunakan Google AdWord untuk menjangkau pengunjung lebih banyak.


4. Pasarkan dan Monetisasi

Untuk menjual produk secara online, perhatikan beberapa langkah dalam penjualan, seperti cara menerima order (cara pesan), proses pembayaran (cara bayar), dan dukungan komunikasi.

Walaupun Anda tidak berencana untuk menjual produk melalui standar prosedur e-commerce, Anda tetap bisa menerima dan melayani permintaan atau order melalui website atau media sosial.

Website atau blog toko online Anda bisa di-embed dengan link serta formulir untuk mendapatkan informasi prospek sales dari pelanggan agar bisa ditindaklanjuti kemudian.

5. Bersiap untuk langkah selanjutnya

Ketika memasuki dunia bisnis online, Anda harus siap menghadapi tantangan yang lebih besar. Apakah ini berupa perpindahan dari halaman media sosial ke website ataupun meningkatkan kapabilitas website, termasuk membuatnya menjadi teroptimasi secara mobile atau e-commerce, Anda perlu membuat perencanaan untuk tujuan spesifik bisnis agar bisa bersaing dan memenangkan pasar.

Demikian 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online. Untuk bisnis online dengan blog platform blogger, tips dasar pengembangan bisnis online-nya antara lain sebagai berikut:
  • Gunakan Template Blog SEO Friendly: Fast Loading & Responsive
  • Dukung blog bisnis online Anda dengan Konten Berkualitas, bukan hanya produk, tapi juga tips dan informasi bermanfaat untuk mengundang pengunjung.
  • Hindari komentar SPAM atau "nyepam" di blog orang lain karena akan menurunkan kredibilitas bisnis Anda.
  • Gunakan NAMA ANDA, bukan nama bisnis, di akun Google Plus.
  • Lakukan Custom Domain agar brand bisnis online Anda lebih kredibel. Beli Domain Sekarang!
Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *