Home » » Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube: Monetisasi & AdSense

Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube: Monetisasi & AdSense

Mendapatkan Uang dari Video Youtube
Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube: Monetisasi & AdSense.

POSTING Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube alias Monetisasi & Google AdSense di Youtube ini lebih merupakan menyimpan catatan atau dokumentasi. 

Siapa tahu catatan bisnis online via Youtube ini berguna juga bagi Anda yang ingin mencoba meraih penghasilan dari Youtube, bukan cuma jadi penonton setia.

Untuk membuat video, saat ini sangat gampang. HP masa kini semuanya dilengkapi kamera foto dan video. Kita juga bisa membuat video melalui, misalnya, Windows Movie Maker.

Kita tidak perlu punya akun Google Adsense dulu untuk menghasilkan uang dari video Youtube. Jika sudah menjadi publisher Google Adsense, kita tinggal mengintegrasikan akunnya dengan iklan Youtube.

Popularitas Youtube

Sebelumnya, mari kita simak kekuatan Youtube sebagai media sosial berbagi video ini. Diperkirakan ada 1 miliar lebih pengguna aktif  bulanan YouTube.

Menurut data Alexa, Youtube merupakan situs terpopuler kedua di dunia setelah Google yang notabene pemilik Youtube. Bahkan, Mushroom Networks, Youtube juga menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google --mengalahkan Bing dan Yahoo!

Menurut data eBizMBA, Youtube merupakan situs jejaring sosial terpopuler kedua di dunia setelah Facebook, mengungguli Twitter dan LinkedIn. 

Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube

Untuk memperoleh penghasilan dari Youtube, berikut ini ringkasan langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Tentu saja harus punya akun Youtube dan promosikan di blog Anda lewat Widget Media Sosial. Untuk membuatnya, jika Anda sudah punya akun Gmail atau Blogger, tinggal buka tab baru dan ketik youtube.com lalu masuk (login/sign in) menggunakan akun gmail Anda saat ini.

2. Upload Video ke YouTube

Setelah memiliki akun Youtube, upload video asli buatan sendiri dan unik. Hindari video yang mengandung konten --misalnya musik-- yang melanggar hak cipta. Jika itu terjadi, bukan saja video Anda tidak bisa dimonetisasi, tapi juga bisa dihapus atau dibanned.

Untuk menghindari pelanggaran hak cipta musik latar (backsound music), kita bisa gunakan Musik Latar Bebas Royalti & Hak Cipta.

3. Daftar AdSense

Lewat Youtube juga kita bisa daftar Google AdSense. Bahkanb, jika video kita banyak yang tonton, views-nya banyak banget, kita akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense

Jika belum mendapatkan undangan tersebut, daftar saja dengan mengikuti panduan ini: Mendaftar ke AdSense melalui YouTube.

Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube

Berikut ini panduan lengkap cara monetisasi video Youtube, langsung dari Panduan Google. Highlightnya: 

Cara terbaik untuk Mendapatkan Uang dari Video Youtube adalah dengan membuat sendiri semua elemen video alias karya sendiri, asli!

1. Cara Mengaktifkan Monetisasi Saluran Youtube
  1. Masuk ke akun YouTube
  2. Di bagian kanan atas, pilih ikon akun > Creator Studio. 
  3. Di menu sebelah kiri, pilih Saluran > Status dan fitur.
  4. Di samping "Monetisasi", klik Aktifkan. Anda hanya akan melihat opsi ini jika monetisasi belum dinonaktifkan pada akun.
  5. Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyetujui perjanjian monetisasi YouTube.
  6. Jika akun tidak memenuhi syarat untuk monetisasi, Anda akan melihat pesan yang berbeda. 

2. Monetisasi Video
  1. Setelah mengikutsertakan saluran untuk monetisasi, Anda dapat mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang.
  2. Pastikan video Anda memenuhi kriteria monetisasi video.
  3. Tentukan apakah Anda ingin memonetisasi satu video atau lebih dari satu video:
  4. Satu video: Ikuti langkah ini untuk mengaktifkan iklan di video yang ingin dimonetisasi.
  5. Lebih dari satu video: Ikuti langkah ini untuk memonetisasi beberapa video sekaligus.
monetisasi video youtube

Agar dapat mulai menerima pendapatan, ikuti langkah-langkah untuk menautkan akun YouTube dan AdSense.

Mengganti Musik yang Melanggar Hak Cipta

Jika kta telanjur membuat video dengan musik latar yang melanggar hak cipta, maka kita bisa menghapus dan mengubahnya langsung di Youtube dengan cara edit, agar video tersebut bisa dimonetisasi atau menghasilkan uang.

Di daftar video yang kita upload akan link ada catatan pelanggaran, misalnya "Includes copyrighted content" atau "Blocked in Some Countries". Klik link tersebut dan Hapus Musik dan Ganti dengan Music Free Copyrights yang disediakan.

Itu dia catatan atau dokumentasi tentang Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube: Monetisasi & AdSense. Good Luck! (http://www.contohblog.com).*

Thanks for reading & sharing Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube: Monetisasi & AdSense

Previous
« Prev Post

0 comments:

Comment Page:

Post a Comment

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

E-mail Newsletter

Receive Latest Posts from CB Blogger Straight in Your Email Inbox