Cara Mengaktifkan "Ok Google" di Perangkat Android

Cara Mengaktifkan "Ok Google" di Perangkat Android

Cara Mengaktifkan "Ok Google" di HP Android
Cara Mengaktifkan Pencarian Suara "Ok Google" di Perangkat Android --HP/SmartPhone dan Tablet.

TEKNOLOGI kian memudahkan kita mencari informasi apa saja di internet. Di mesin pencari terpopuler, Google, kita bisa menemukan info "apa saja" hanya dengan mengatakan, misalnya, "Ok Google Contoh Blog", maka akan muncul halaman hasil pencarian berisi link info seputar Contoh Blog.

Untk bisa menggunakan fitur pencarian suara (Voice Search ) ini, ada syaratnya, yaitu Perangkat Android atau Smartphone kita harus memiliki:
  1. Google app versi 3.5 atau yang lebih tinggi
  2. Android 4.4 atau yang lebih tinggi
  3. Mengaktifkan setelan Aktivitas Suara & Audio

Dengan memenuhi persyaratan tersebut, kita dapat mengucapkan "Ok Google" di ponsel atau tablet Android untuk memulai penelusuran suara atau meminta Google melakukan sesuatu.

Cara Mengaktifkan "Ok Google"

Dilansir laman resmi Google, saat mengucapkan "Ok Google," ucapan tersebut memberi tahu Google app bahwa kita siap menggunakan suara. 

Agar kita dapat menggunakan "Ok Google" dengan lebih baik, maka kita perlu memperbarui beberapa setelan.

Catatan: Jika menggunakan Google app di beberapa perangkat, Anda perlu mengaktifkan fitur "Ok Google" pada setiap perangkat.

  1. Pastikan kita memiliki Google app versi terbaru. (Untuk mendapatkan versi terbaru, buka laman Google app di Play Store dan tap Perbarui).
  2. Buka Google app Google .
  3. Di kiri atas, tap atau sentuh Menu Menu berikutnya Setelan berikutnya Suara berikutnya Deteksi "Ok Google".
  4. Centang kotak di samping "Dari Google app".

Pada perangkat tertentu, kita juga dapat mengubah beberapa setelan untuk mengaktifkan pendeteksian "Ok Google" di luar Google app:
  1. Centang kotak di samping "Dari semua layar" atau "Selalu aktif". 
  2. Ikuti petunjuk untuk memasukkan model suara Anda ke Google.
Catatan: Tidak semua bahasa mendukung opsi "Selalu aktif". Jika Anda tidak dapat mengaktifkan fitur ini, berarti bahasa Anda mungkin tidak didukung.

Perlu diingat bahwa setelan "Dari semua layar" dapat mengakibatkan layanan suara lainnya yang menggunakan perintah pengaktifan atau kata cepat tidak berfungsi. 

Misalnya, jika Anda memiliki Samsung S6 dan mengaktifkan S-Voice untuk menggunakan perintah pengaktifan "Hi Galaxy," perintah tersebut mungkin tidak berfungsi jika setelan "Dari semua layar" diaktifkan.

Nah itu dia sekilas catatan tentang Cara Mengaktifkan "Ok Google" di HP/Tablet Android untuk mencari info melalui suara. Panduan selengkapnya ada di laman resmi Google.

Fitur pencarian suara (voice search) ini berdampak pula pada desain blog kita, yaitu harus responsive (mobile-friendly) dan tips khusus SEO Pencarian Suara yang akan CB share di posting berikutnya. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Related Posts

0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan "Ok Google" di Perangkat Android"

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *