Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger

Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger
Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger.

POSTING ini panduan untuk pemula dalam memasang kode-kode yang membangun template blogger, yakni CSS, HTML, dan Javascript.

JavaScript (JS) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis.

JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. KodeJavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk mendesain atau mengatur tampilan tata letak sebuah halaman web/blog kita.

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. (Wikipedia)

Kita bisa belajar tentang CSS, HTML, dan Javascript ini di W3C School biar tidak terlalu awam soal kode-kode yang membangun blog kita.

Letak / Posisi Kode  dalam Template

Dalam template blog kita, kode CSS ada di antara kode <b:skin> dan </b:skin> dan/atau antara kode <style> dan </style>.

Kodenya diawali dengan titik (.) yang diterjemahkan HTML sebagai class (div=class) dan tanda pagar (#) untuk id (div=id).

Kode HTML ada di hampir seluruh bagian template, terutama di antara kode <body> dan </body>

Sedangkan kode Javascript ada di antara kode <head> dan </head> serta <body> dan </body>. Biasanya ditempatkan di atas </head> atau </body>.

Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript

Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger sangat diperlukan terutama jika kita mengambil kode di Code Pen.

Kode-kode widget, navigasi menu, dan sejenisnya di sana hanya berupa Kode CSS, HTM, dan Javascript tanpa ada panduan penerapannya. Misalnya, Navigasi Top Menu Responsive untuk blogger.

1. Kode CSS

Kode CSS dipasang di atas kode ]]></b:skin> dalam template blog.
Bisa juga dipasang di atas kode </head> dengan diapit kode <style> dan </style>

2. Kode HTML

Kode HTML dipasang di posisi di mana widget akan dimunculkan. Misalnya, jika akan dimunculkan atau dipasang di bagian paling atas halaman blog, di atas header, maka tempatkan kode HTML di bawah kode <body>

3. Kode JavaScript

Kode Javascript biasanya dipasang di atas kode </head> atau kode </body>

NOTE!
Jika terjadi error, maka tambahkan kode warna merah, seperti ini:

<script type="text/javascript" >
//<![CDATA[
<!--KODE JAVASCRIPT DI SINI -->
//]]></script>



//]]>
-->
Demikian sekilas panduan Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger. Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Labels: Desain Blog
0 Komentar untuk "Cara Memasang Kode CSS, HTM, dan Javascript di Template Blogger"

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *