Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google: Fred Update

Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google: Fred Update
Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google, Fred Update, yang Mengguncang Industri SEO.

UPDATE terbaru algoritma Google bernama "Fred Update" mengguncang dunia SEO. Demikian tulis Search Engine Land.

Terdeteksi 8 Maret 2017, Google baru memberikan konfirmasi algoritma terbaru Fred Update pada 24 Maret 2017, sebagaimana dikutip laman Search Engine Rountabel dalam Google Has Now Confirmed The Fred Algorithm Update.

Algoritma google terbaru Fred Update ini memakan banyak korban, sebagaimana update algoritma Google sebelumnya, seperti MobileGeddon.

Sebagaimana MobileGeddon yang fokus ke konten atau akurasi informasi, bukan link, Fred Update juga membidik LINK dan menghukum situs atau blog yang dinilai "curang" dalam link building, terutama tautan kedalam (internal link).

Banyak blog mengalami penurunan trafik secara drastis dan hilang di halaman depan hasil pencarian (SERP). Di sisi lain, banyak juga blog yang mengalami kenaikan trafik secara signifikan dikarenakan kontennya berkualitas padahal minim link.

Fred Update, dengan demikian, mengubah "posisi klasemen" di ranking Google.

Bagaimana dengan algoritma terbaru Google? Adakah muncul di bulan ini? Kemungkinan besar, ya, karena tim Google mengatakan "google akan update setiap saat".

"Yes, we make changes almost every day," kata John Mueller, Webmaster Trends Analyst at Google, di akun Twitternya. (Google’s John Mueller Reminds: “We Make Changes Almost Every Day").

Cara Kerja Algoritma Google Terbaru Fred Update

Menurut berbagai ahli SEO di laman SEL dan SE Rountable, Fred Update menurunkan peringkat di mesin pencari untuk postingan blog atau konten website yang berisi link internal dan eksternal yang tidak relevan.

Blog/website yang sering mengganggu pengunjung dengan iklan-iklan juga akan disikat habis! Google ingin pembaca nyaman menyantap informasi yang mereka butuhkan tanpa diganggu iklan.

"Ranking drops are the first indication that a site has been penalized due to Google Fred Update," tulis laman Result Firts

Penurunan peringkat merupakan indikasi pertama bahwa sebuah situs sudah dipenalti akibat Google Fred Update.

Tips Mengatasi Dampak Buruk Algoritma Google Fred Update

Lalu, bagaimana menyikapi atau mengatasi dampak Fred Update? 

Prinsip dasarnya adalah panduan konten dari Pedoman Webmaster Google yang sudah lama disebutkan: Konten Berkualitas untuk Pembaca!

Prinsip Dasar
  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

Jadi, Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google Fred Update ini utamanya adalah membuat konten atau postingan berkualitas yang unik, orisinal, dan ditujukan buat pembaca, bukan buat mesin telusur.

Postingan yang "kebanyakan rekayasa" agar diindeks Google lambat-laun akan lenyak ditelan Fred Update.

Tips lainnya, The Best Way to Tackle Google Fred Update menurut Result Firts antara lain:
  • Utamakan kualitas tulisan, bukan kuantitas atau jumlah.
  • Utamakan backlink berkualitas, bukan jumlah backlink apalagi backlink tidak alami.
  • Buatlah konten yang sekiranya dibutuhkan pengguna.
  • Beri perhatian kepada kenyamanan pembaca ketimbang "memainkan" kata kunci (keywords).
  • Buatlah anchor text untuk memingkatkan relevansi tautan. (Soal ini, silakan simak lagi: Jangan Gunakan Kata Klik di Sini dalam Link).
  • Perkaya postingan atau konten blog dengan menambahkan infografis, video, dan podcasts.

Yang Tidak Boleh Dilakukan (Don’t-s)
  • Avoid publishing similar content over and over. Hindari postingan serupa terus-menerus.
  • Avoid sitewide dofollow. 
  • Avoid using automated tools to create backlinks. Hindari menggunakan tools otomatis pembuat baclink.
  • Do not buy links. Jangan beli link.
Kesimpulan, cara terbaik Mengatasi Algoritma Terbaru Google Fred Update adalah tetap fokus ke postingan berkualitas, unik, bermanfaat, kaya informasi, berguna bagi pembaca, bangsa, negara, stabilitas nasional, serta menjaga keutuhan NKRI :) Merdeka !!!! 

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).

VIDEO tentang Google Algorithm Update


Labels: Featured, Tips SEO
7 Komentar untuk "Tips Mengatasi Algoritma Terbaru Google: Fred Update"

dari awal membuat blog, menjual blog dan skrg membuat baru lgi, selalu cri info disini.. SEO memang tak bisa di pahami mas, kadang blog copas pun bisa nongkrong d halaman pertama, bot google meman tdk sempurna, apalagi update lagi fred poll..

cri info = cari info apa curi info? :)

berani sumpah deh mas, saya gak pernah copas artikel mas cb.. ah becanda nya gak seru ah...

he he.... sapa bilang copas? Curi info beda lho sama copas...

Dari zaman dulu sampai sekarang memang belum ada yang berani klaim atau menyatakan bot Google sempurna. Tapi, besar harapan banyak blogger kalau suatu saat nanti 'kayak judul lagu aja ye:)' algoritma Google yang diupdate bisa memenuhi harapan para blogger dan juga pengguna dan betul-betul perfect:)

artikel ane ilang Di pejwan. tinggal 2 biji yg msih nangkring

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *