Pengertian Nama-Nama Domain Ekstensi dot Com, dot Net, dot Org

Pengertian Nama-Nama Domain Ekstensi dot Com, dot Net, dot Org

nama-nama domain
Kita sudah akrab dengan nama-nama ekstensi domain (domain extension) seperti dot com, dot net, dot org, dot co.id, dot go.id, dan sebagainya, seperti google.com, yahoo.co.id, indonesia.go.id, wordpress.org, dsb. 

Tapi, sudah pahamkah kita akan makna atau pengertian .com, .net, .org dan seterusnya itu? Bagi yang belum tahu, nih CB Blogger share di bawah ini yang diolah dari berbagai sumber. Ini juga agar kita tidak salah memilih nama domain ekstensi.

COM
Singkatan dari Commercial (komersial, bisnis). Awalnya, nama domain dot com diperuntukkan untuk nama-nama komersial atau lembaga bisnis, seperti singkatannya: commercial, seperti nama perusahaan, nama produk, hingga nama-nama merek.

Namun, nama domain ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja, misalnya untuk nama seseorang, produk, lembaga, dan sebagainya. Tidak ada larangan dan batasan untuk dapat menggunakan domain ini karena dapat didaftarkan tanpa persyaratan khusus.

NET
Singkatan dari Network atau Networking, yang artinya jaringan. Nama domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan-perusahaan komputer, IT, layanan-layanan internet dan sejenisnya. 

Namun, pada umumnya nama domain ini juga dapat digunakan untuk apa saja, seperti halnya dot com, karena dapat didaftarkan tanpa dengan pesyaratan khusus. Biasanya, jika dot com sudah diambil orang, maka ada pilihan mengambil yang dot net-nya.

ORG
Singkatan dari Organization (organisasi). Nama domain ini sangat pas bila digunakan untuk website organisasi, lembaga, atau perkumpulan. Tidak ada pesyaratan khusus untuk mendapatkan domain dot org karena sama dengan dot com dan dot net. 

Meski boleh dipakai untuk website apa saja, termasuk website pribadi, namun umumnya dot org digunakan untuk website lembaga. Jarang sekali ada website pribadi menggunakan nama domain dot org.

BIZ
Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Meski boleh dipakai untuk website apa saja, tapi nama domain ini lebih cocok untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau lembaga usaha, termasuk toko online. Nama domain ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif bila nama domain .COM atau .NET atau nama domain lainnya sudah dimiliki orang lain.

INFO
Singkaran dari Information. Bisa dipakai untuk website apa saja, termasuk blog pribadi. Namun, nama domain dot info ini lebih cocok untuk sesuatu yan sifatnya informasi. Misalnya, kesehatan.info, lalulintas.info, dan sebagainya. Tidak ada persyaratan khusus untuk membeli domain dot info.

CO.ID
Singkatan dari Company Indonesia, perusahaan Indonesia. Dari namanya saja sudah jelas, domain yang dibacanya "dot ko dot aidi" ini diperuntukkan bagi website perusahaan, juga nama produk, maupun merek yang memiliki identitas Indonesia. 

Ada syarat khusus untuk menggunakan nama domain co.id, yaitu fotokopi KTP penaggung jawab, SIUP/TDP, NPWP, dan Akta Notaris. 

OR.ID
Singkatan dari Organization Indonesia, organisasi Indonesia. Sudah jelas, nama domain ini untuk nama organisasi di Indonesia, seperti ormas, parpol, LSM. Ada syarat khusus untuk bisa menggunakan domain or.id, yaitu foto kopi KTP penganggung jawab, Akta Notaris, dan SK Internal Organisasi. 

AC.ID
Singkatan dari Academy Indonesia, akademi Indonesia. Nama domain ini untuk website lembaga pendidikan (akademi), khususnya perguruan tinggi, sekolah tinggi, atau universitas. Ada syarat khusus untuk menggunakannya, yaitu foto kopi KTP penanggung jawab, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan. 

SCH.ID
Singkatan dari School Indonesia, sekolah Indonesia. Nama domain khusus untuk sekolah SD hingga SMA/SLTA. Syaratnya: foto kopi KTP penanggung jawab dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.

GO.ID
Singkatan dari Government Indonesia, pemerintah Indonesia. Nama domain khusus untuk instansi atau lembaga pemerintahan, termasuk kementeria, pemerintah provinsi, pemeirntah kota, dan lembaga-lembaga negara lainnya. Syarat khusus: foto kopi KTP penanggung jawab, Surat permohonan di tanda tangani
oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.

Masih banyak nama domain ekstensi lainnya, termasuk dot co (CO = Company). Ini alternatif lain jika dot com sudah dimiliki orang. Tidak ada syarat khusus untuk menggunakannya, beda sama co.id.*

Thanks for reading Pengertian Nama-Nama Domain Ekstensi dot Com, dot Net, dot Org | Labels: Tulisan Lepas edit this post

34 komentar on Pengertian Nama-Nama Domain Ekstensi dot Com, dot Net, dot Org

  1. Terimakasih telah share terkait ekstensi domain dan perbedaannya masing-masing.

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk fotografer, sebaiknya pakai nama domain dengan ekstensi apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dot com sudah pas kok :)

      Delete
  3. Saya di perusahaan eksporir, apa ada nama domain khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksportir domain cocoknya domain co.id Pak :)

      Delete
  4. mas numpang repost ya untuk artikel di blog saya yg baru, (tugas kuliah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, cantumkan sumber ya :)

      Delete
  5. Replies
    1. OK, CB sudah kunjungi, mantap!

      Delete
  6. hehe...tertarik sih pengen ganti domain untuk blog saya ini, cuma takut ntar visitornya malah anjlok karena kurang familiar dgn google. emang ada pengaruhnya gak sih dengan SERP kalo domain diganti?

    ReplyDelete
  7. terimakasih telah berbagi informasinya.

    ReplyDelete
  8. ok mkasih gan,ane kebetulan lagi bingung milih domain

    ReplyDelete
  9. Kebetulan lg cari ektensi domen yg pas . Eh nemu site ini.. mantap :)

    ReplyDelete
  10. setelah mengikuti semua persyaratan itu musti daftar di mananya ya min? Website Gratis

    ReplyDelete
  11. keren banget artikelnya. bisa dijadikan refrensi penulisan artikel yang berjudul teori kelembagaan menurut pendapat para ahli dalam blog tipepedia

    ReplyDelete
  12. Sharing dong... Pingin ngembangin blog itu gmn ya... Agar tulisan2 dapat dikenal bnyk orng... Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sila baca-baca neng....
      http://contohblognih.blogspot.com/search/label/Tips%20SEO%20Blog?&max-results=10

      Delete
  13. adalagi dot ninja (.ninja) itu apa ya?

    ReplyDelete
  14. Makasih gan infonya, klo info itu buat jualan bisa ga ya?

    ReplyDelete
  15. kalau dibalakang blogspot.in apa maksudnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu domain blogspot di India, kalo Indonesia 'kan co.id, jepang .jp, hongkong .hk, dst

      Delete
  16. Ga mau tanya, Agan beli domainya dimana?

    ReplyDelete
  17. Untuk bisnis online lebih bagus pakai yg mana y, dot com atau dot biz?
    dan kelebihannya apa y
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  18. Admin, saya mau tanya nih, saya sudah pake domain .id, apakah bisa saya daftar lagi dengan blogsama tapi domain berbeda, misalnya websaya.id dan websaya.com? Agar pengunjung bisa akses ke websaya.id dan websaya.com. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, redirect aja yang domain id ke com atau sebaliknya

      Delete
  19. banyak juga ya baru saja bermunculan ya mas

    ReplyDelete
  20. Maaf gan mau tanya, kalau untuk yayasan sosial yatim piatu domain yang pas apa ya...?

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *