June 7, 2014

5 Manfaat Blog: Aktualisasi, Berbagi, Jaringan, Bisnis, Menulis

June 7, 2014

Manfaat Blog

PERTANYAAN kenapa harus membuat blog bisa terjawab dengan  mengetahui kegunaan, keuntungan, keutamaan, atau manfaat blog.

Blog adalan website pribadi (personal web) sebagai media aktualisasi, berbagi, jaringan, bisnis, dan menulis. Berikut ini maanfaat blogging bagi kita.

Banyak sekali keuntungan dan kesempatan yang kita peroleh, jika kita punya blog. Di antara manfaat blog adalah sebagai media "personal branding" atau "pencitraan diri" dan menghasilkan uang.

Dunia bisa mengenal siapa kita, apa keahlian atau kemampuan kita, lewat blog yang kita miliki dan kelola. Manfaat lainnya sebagai berikut.

Lima Manfaat Utama Blog

Berikut ini keuntungan atau manfaat blog bagi kita.

1. Aktualisasi Diri

Sering diistilahkan dengan ekspresi diri. Dengan ngeblog kita berekspresi mengemukakan uneg-uneg, pendapat, komentar, juga menunjukkan kemampuan, hobi, dan kesukaan kita.

2. Berbagi

Blog adalah media berbagi apa saja yang bermanfaat bagi orang banyak. Dengan begitu kita telah berbuat baik bagi sesama. Kebaikan pasti akan berbuah kebaikan juga.

3. Jaringan

Blog akan membuka kesempatan kita membangun jaringan, relasi, pertemanan, yang membuka peluang lebih jauh lagi, misalnya urusan bisnis, komunitas, grup, perkumpulan, bahkan jodoh :)

4. Bisnis!

Blog adalah "buku harian online". Ia termasuk media sosial, tapi fasilitas dan jangkauannya yang bisa lebih powerful dari website, membuat blog bisa dimanfaatkan sebagai ajang bisnis, yakni bisnis online, menjual barang dana jasa, atau sekadar menjadi media promosi online.

Paling tidak, kita bisa ikut program Google Adsense yang disediakan Google. Dengan begitu, di blog kita akan ada iklan dari Google, dan kita mendapatkan komisinya. Klik aja menu "Earning" atau "Make Money with Your Blog" di dashboard blog.

5. Menulis

Blog akan membuat kita menjadi penulis yang bak. Menulis itu keterampilan dan keahlian itu harus diasah biar "tajam". Nah, dengan ngeblog kita mengasah keterampilan menulis, sekaligus berbagi wawasan dan meluaskan wawasan. Karena sebelum menulis posting biasanya kita baca-baca refrensi dulu.

Itulah lima alasan utama kenapa harus membuat blog dan itu pula keutamaan atau manfaat ngeblog. Masih banyak yang lainnya, dan bisa Anda alami sendiri nanti setelah ngeblog.

Baca: Cara Membuat Blog

Demikian manfaat blog. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 5 Manfaat Blog: Aktualisasi, Berbagi, Jaringan, Bisnis, Menulis

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *