Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial

Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial

Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial
Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial

SETELAH menyimpan data tentang pengertin cyberquatter, kali ini CB akan simpan tentang pengertian generasi milenial (millennial).

Pengertin Generasi Milenial ini CB posting gegara mantengin berita politik seputar Pilpres 2019.

Istilah generasi milenial berulang-ulang disebutkan presenter dan narasumber (pengamat dan politisi). Katanya, kedua pasangan capres-cawapres harus mampu merebut suara generasi milenial agar menang.

Pengertian Generasi Milenial

Apa dan siapa generasi milenial? Pengertian praktisnya, generasi milenial adalah generasi muda atau mereka yang lahir dan dibersarkan di era milenium.

Menurut Wikipedia, milenium adalah bilangan untuk tiap jangka waktu seribu tahun dalam kalender. Istilah alaf yang berasal dari bahasa Arab banyak dipakai di Malaysia. Tahun 2000 disebut sebagai awal dari alaf baru dalam memasuki alaf ketiga (tahun 2000 sampai tahun 2999).

Jadi, secara bahasa, generasi milenial adalah orang-orang yang lahir tahun 2000 ke atas. Para pemain Timnas U-16 adalah generasi milineal.

Namun, Wikipedia juga menyimpan data tentang pengertian milenial. Disebutkan, milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X).

Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok milenial. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir diantara tahun 1980 an sampai 2000 an sebagai generasi millennial.

Jadi bisa dikatakan generasi milenial adalah generasi muda masa kini yang saat ini berusia sekitar 15 – 34 tahun.

Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari generasi Baby Boomers dan Gen-X yang tua. Milenial kadang-kadang disebut sebagai "Echo Boomers" karena adanya 'booming' (peningkatan besar) tingkat kelahiran di tahun 1980-an dan 1990-an. 

Generasi milenial umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.

Tentang karakteristik generasi milenial ini, pada tahun 2015, Pewresearch (pewresearch.org) pernah melansir sebuah laporan tentang generasi milenial atau Gen Y ini.

Karakteristik Generasi Milenial 

Karakteristik generasi milenial antara lain dilansir laman USA Today. Sebuah studi menunjukkan, generasi millenial lebih terkesan individual, cukup mengabaikan masalah politik, fokus pada nilai-nilai materialistis, dan kurang peduli untuk membantu sesama jika dibandingkan dengan generasi X dan generasi baby boom pada saat usia yang sama. 

Studi ini sendiri berdasarkan analisa terhadap dua database dari 9 juta orang yang duduk di bangku SMA atau yang baru masuk kuliah.

Generasi ini bila dilihat dari sisi negatifnya, merupakan pribadi yang pemalas, narsis, dan suka sekali melompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain.

Generasi millenial juga merupakan pribadi yang pikirannya terbuka, pendukung kesetaraan hak, memiliki rasa percaya diri yang bagus, mampu mengekspresikan perasaannya, pribadi liberal, optimis, dan menerima ide-ide dan cara-cara hidup.

Majalah Time sempat mengadakan polling yang hasilnya menunjukkan bahwa generasi Milenial menginginkan jadwal kerja yang fleksibel, lebih banyak memiliki 'me time' dalam pekerjaan, dan terbuka pada saran dan kritik, termasuk nasihat karier dari pimpinannya.

Generasi milenial juga sering ditujukan kepada pengguna aktif internet (netizen) dan media sosial serta gadget.

Demikian Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial. (www.contohblog.com).*

Related Posts

0 Komentar untuk "Pengertian & Karakteristik Generasi Milenial"

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *