Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya

Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya

Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya.

Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya
Niche adalah ceruk, relung, atau kedudukan yg sesuai. Itu pengertian niche secara bahasa (Inggris).

Secara istilah, niche artinya adalah topik atau subjek bahasan tertentu.

Wikipedia mendefinisikan niche sebagai "bagian dari sektor pasar yang terfokus dan dapat ditargetkan".

Dalam dunia blogging, niche adalah topik khusus yang menjadi konten utama blog, misalnya blog pendidikan, blog sepakbola, blog kecantikan, blog kesehatan, dsb.

Dengan demikian, niche blog itu merupakan jenis blog yang berisi konten atau tulisan khusus topik tertentu, seperti blog kesehatan, blog pendidikan, dll.

Lawan niche blog adalah general blog, yaitu blog yang berisi beragam topik alias campur-campur. Jika blog Anda berisi beragam posting dengan berbagai macam topik, maka tidak masuk dalam kategori niche blog, melainkan general blogging alias "blog gado-gado".

Blogger pemula banyak yang memilih niche tentang blogging. Blog tentang blogging ini disebut Meta Blogging.

Agak "lucu" memang, baru ngeblog kok sudah "ngajarin" orang lain tentang blogging. Udah gitu, copas lagi! Tapi tidak apa. Mungkin maksudnya berbagi (share) saja.

Jenis Niche Blog

Secara umum ada empat jenis niche blog, menurut John James Robinson dalam e-booknya  The Authority Site Adsense Guide.

Pengertian Niche Blog dan Jenis-Jenisnya
1. Whole-niche.

Yaitu niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Ambil contoh, jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari template Blogger, panduan Blogger, SEO Blogger, dan Desain Blogger.

2. Broad-niche

Yaitu niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. 

Contoh, jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, SEO untuk blogger, hingga monetize blog Blogger Anda.

3. Themed-niche

Yaitu niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya seo off page untuk blogger saja.

4. Micro-niche

Yaitu niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misalnya, topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar blogging.

Tips Memilih Niche Blog

Banyak blogger yang memilih niche blog yang tidak sesuai dengan keahliannya. Akibatnya, konten blognya lebih banyak hasil COPAS ketimbang tulisan sendiri, asli, unik, orisinal.

Niche blog terbaik adalah topik yang sesuai dengan passion, yakni bakat dan minat, sehingga posting akan asli, ditulis dengan hati, punya jiwa, kuat, karena memang dikuasai.

Blogger sendiri sudah memandu Anda tentang passion ini:

passion niche blog

Niche blog terbaik lainnya adalah topik seputar pengalaman atau hal-hal yang sudah dialami, lalu dibagikan kepada pembaca.

Posting berupa pengalaman akan tampak alami, natural, orisinal, dan ini sangat disukai Google. Google want fresh content!

Sehebat-hebatnya trik COPAS agar tidak ketauan sebagai copy paste, mesin pencari sudah punya database yang menyimpan posting aslinya. 

Jikapun tulisan hasil copas Anda ada di peringkat atas hasil pencarian, itu hanya sementara, bahkan bisa berakibat fatal: blog Anda melanggar hak cipta dan dibanned Google.

Demikian sekilas Pengertian Niche Blog dan Jenis-Jenisnya, plus tips memilih niche blog yang baik bagi blog Anda. Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya | Labels: Blogging
0 Komentar untuk "Pengertian Niche Blog, Jenis-Jenis & Cara Memilihnya"

1. Komentar spam, menyertakan Link Aktif dan Alamat Blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian di Sidebar.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *