November 21, 2018

Cara Cas Baterai Laptop yang Benar Agar Awet Tahan Lama

November 21, 2018

Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama
CARA nge-cas (charge) baterai laptop, notebook, atau netbook menentukan daya tahan baterai.

Cas yang benar akan membuat baterai laptop awet alias tahan lama. Sebaliknya, cara cas baterai laptop yang salah akan membuat baterai cepat rusak.

Baterai merupakan komponen utama laptop. Umumnya, dengan daya baterai 100%, laptop bisa bertahan menyala 4 - 6 jam secara normal.

Namun, jika melakukan aktivitas kinerja yang tinggi pada laptop, sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi, maka baterai hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam.

Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Berikut ini Cara Cas Baterai Laptop  yang Benar Agar Awet Tahan Lama.

1. Laptop Baru

Laptop baru biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Charge dahulu baterai 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai menunjukkan warna hijau atau biru.

2. Cabut Charge Jika Sudah Full 100%

Penyebab utama cepatnya baterai laptop menjadi bocor adalah kebiasaan lupa mencabut charger saat baterai sudah full.

Padahal, membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai malah dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, agar baterai laptop tetap awet, hindarilah mengisi daya saat kamu sedang tidur dan bepergian.

Selalu usahakan cas baterai hingga full 100%. Jangan sampai 40%, 90%, atau di bawah 100%. Jika sudah 100%, casan (charger) langsung cabut!

Jika kapasitas baterai laptop masih sekitar 70-80 persen, dan kita sedang memakai laptop, jangan takut melakukan charge saat ada kesempatan. 

Jika laptop kita gunakan untuk pekerjaan yang lama, ada baiknya untuk charge terus alias tidak mencabut charger, walaupun baterai sudah penuh. Ini tidak akan merusak baterai karena laptop sedang digunakan.

3. Hindari Laptop Mati Total

Kita sering lupa ngecas baterai laptop saat sedang digunakan, hingga akhirnya laptop mati total. Kebiasaan membiarkan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0%, justru dapat berakibat fatal.

Laptop yang tiba-tiba mati saat digunakan dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak.

Jadi, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai di bawah 20%. Jangan tunggu habis hingga 0%. 

Hasil penelitian menunjukkan, baterai yang terbiasa dicas ketika kapasitasnya masih 70 – 75%, daya tahannya bisa 5 – 6 kali lebih lama dibanding baterai yang sering di-charge ketika kapasitasnya hampir habis.

Demikian cara merawat dan cas baterai laptop/netbook agar awet tahan lama, dikutip dari laman resmi Acer Indonesia dan sumber lain. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Cas Baterai Laptop yang Benar Agar Awet Tahan Lama

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *