Jangan Sertakan Link Alamat Blog Anda dalam Komentar (Etika Blogwalking)

Jangan Sertakan Link Alamat Blog Anda dalam Komentar (Etika Blogwalking)

Jangan Sertakan Link Alamat Blog Anda dalam Komentar (Etika Blogwalking)
Banyak tips SEO backlink yang menganjurkan menulis komentar dengan menyertakan link atau alama blog. Disangkanya itu membangun backlink, padahal itu mitos, tidak banar. Jikapun dipublikasikan, linknya "no follow" sehingga tidak dihitung backlink oleh Google.

Maka, jangan sertakan link alamat blog Anda dalam komentar saat blogwalking. Selain dicurigai sebagai Spam, link dan alamat blog dalam komentar, juga mengindikasikan komentar Anda sebagai "modus" saja, basa-basi, padahal intinya mau nyebar link dan berharap mendapatkan backlink.

Akibatnya, komentar Anda sia-sia, karena tidak dipublikasikan oleh pemilik blog, akibat dianggap "nyepam". Apalagi jika komentarnya cuma "nice post" atau "sangat membantu, thanks".

Di kotak komentar blogger, cukup gunakan akun Google Plus Anda, itu pun jangan dengan nama bisnis atau usaha Anda --tapi gunakan nama saja. Jika komentar Anda bagus, berkualitas, menambah wawasan pembaca lain, maka yakinlah, pengunjung lain akan klik link Google Plus Anda, dan akan menemukan blog Anda di sana.

Bahkan, jika Anda mempunyai beberapa blog, dan di-share di Google Plus, maka bukan satu blog yang akan dibuka pengunjung lain, tapi kemungkinan blog lainnya juga akan dibuka, selama postingan Anda menarik dan bermanfaat.

Terus terang, CB jarang komentar di blog lain. Jarang sekali blogwalking, tapi fokus ke konten, rajin update, dengan postingan yang sekiranya memenuhi kriteria Konten Berkualitas menurut Google.

Backlink hanyalah satu dari sekian faktor SEO blog. SEO terbaik adalah menulis posting berkualitas. Content is King, meskipun backlink dan desain blog juga penting.

Menurut sebuah postingan di ShareHolic tentang Etika Komentar Blog, setidaknya ada dua hal yang tidak boleh dilakukan saat menulis komentar di blog orang lain.
  1. Don’t: Leave links in other people’s comments unless it’s relevant
  2. Don’t: Write a blog post of your own in the comments
Jangan menyertakan, menyisipkan, atau menuliskan link (tautan), kecuali relevan dengan isi postingan.

Yang dimaksud relevan di sini adalah postingan yang menambahkan hal baru atau yang tidak ada dalam postingan.

"Do NOT leave random links in your comments to your blog. Other bloggers recognize when commenters are just trying to get a link back to their own site."

Demikian tentang salah satu etika komentar, sekadar berbagi dan panduan untuk blogger pemula. Good luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Jangan Sertakan Link Alamat Blog Anda dalam Komentar (Etika Blogwalking) | Labels: Blogging edit this post
0 Komentar untuk "Jangan Sertakan Link Alamat Blog Anda dalam Komentar (Etika Blogwalking)"

1. Komentar spam, link aktif, dan alamat blog tidak akan muncul.
2. Tidak semua pertanyaan sempat/bisa dijawab.
3. Bagi yang mau tanya, sebelum bertanya, silakan cari dulu di Kotak Pencarian.
Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *