Pengertian & Contoh Latent Semantic Indexing untuk SEO - Kata Kunci LSI

Pengertian & Contoh Latent Semantic Indexing untuk SEO - Kata Kunci LSI

Latent Semantic Indexing (LSI) atau Latent Semantic Analysis (LSA) merupakan salah satu faktor SEO yang berpengaruh bagi peringkat blog atau postingan di Google. Apa itu Latent Semantic Indexing?

Pengertian & Contoh Latent Semantic Indexing untuk SEO - Kata Kunci LSI


Menurut Search Engine Land, LSI atau pengindeksan semantik laten --kadang-kadang disebut analisis semantik laten-- adalah metode matematika yang dikembangkan pada akhir 1980-an untuk meningkatkan keakuratan pengambilan informasi.

LSI menggunakan teknik yang disebut "dekomposisi nilai singular" untuk memindai data yang tidak terstruktur dalam dokumen dan mengidentifikasi hubungan antara konsep yang terkandung di dalamnya.

Intinya, ia menemukan hubungan tersembunyi (laten) antara kata-kata (semantik) untuk meningkatkan pemahaman informasi (pengindeksan).

Dalam blogging atau web content writing, LSI --sering juga disebut juga LSI Keywords-- adalah kata-kata atau frasa yang relevan dengan kata kunci utama.

Contohnya, kata "buku" bisa memunculkan LSI buku baru, buku nikah, buku wajib, menulis buku, jual buku, buku pelajaran, dan sebagainya.

Demikian juga kata "banjir" bisa menghasilkan LSI banjir bandang, banjir darah, banjir air mata, banjir bonus, atau banjur pujian dan banjir kecaman.

Contoh lain, kata kunci "persib" menghasilkan LSI maung bandung, pangeran biru, bobotoh, bandung, liga 1, sepakbola, juara, dan hal-hal lain yang terkait dengan klub sepakbola Persib Bandung.

Pengertian Latent Semantic Indexing

Istilah Latent Semantic Indexing terdiri dari tiga kata atau istilah. Masing-masing punya arti tersendiri.

Latent.

Laten secara bahasa artinya tersembunyi; terpendam; tidak kelihatan (tetapi mempunyai potensi untuk muncul).

Semantic.

Semantik artinya makna kata dan kalimat; pengetahuan mengenai seluk-beluk dan pergeseran arti kata; bagian struktur bahasa yang berhubungan dengan makna ungkapan atau struktur makna suatu wicara.

Praktisnya, semantik merujuk kepada arti kata di luar dari makna standarnya yang tertulis di dalam kamus. Misalnya, ketika kita bicara furniture, "kursi" berarti tempat duduk. Tapi, dalam konteks politik, kursi artinya kekuasaan atau jabatan (misanya anggota parlemen).

Indexing.

Pengindeksan adalah pengambilan data atau daftar kata dan istilah penting.

Dengan demikian, Laten Semantic Indexing secara bahasa artinya pengindeksan makna atau arti kata yang tersembunyi.

Dalam indeks Google atau mesin pencari, LSI merujuk pada kata-kata yang sinonim atau terkait dengan kata kunci.

Algoritme Google

LSI adalah algoritme mesin pencari yang mengaitkan sebuah istilah dengan suatu konsep saat mengindeks halaman sebuah web atau blog. LSI merupakan metode baru Google yang mampu mempermudah penyaringan informasi.

Dengan metode ini, Google menganalisis kata kunci dengan cara baru, bukan lagi berdasarkan pencocokkan kata secara leksikal.

Kata yang dicari tidak hanya kata kuncinya saja seperti pada algoritme pada umumnya, tetapi kata-kata yang berhubungan dengan kata kunci juga dicari.

LSI mesin pencari

LSI mesin pencari

Dengan LSI, mesin pencari mencari dokumen yang diinginkan oleh pengguna dengan lebih akurat.

Penerapan: LSI Keywords

LSI Keywords adalah kata-kata kunci yang masih relevan antara satu dengan kata kunci lainnya.

Menurut agtindia, kata kunci LSI merupakan istilah SEO untuk kata-kata terkait dari kata tertentu.

Alih-alih memasukkan kata kunci yang sama dalam konten untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di SERP, Anda bisa menggunakan kata kunci LSI untuk menunjukkan relevansi dalam konten.

Misalnya, jika Anda menulis blog atau artikel tentang “ecommerce website”, kata kunci LSI Anda adalah Toko Online, Bisnis, Pembuat Situs Web. Jadi, jika Anda memasukkan kata kunci LSI ini dalam konten Anda, itu akan bertindak sebagai sinyal relevansi konten. Selain itu, hindari terlalu banyak isian kata kunci dalam posting Anda.

Mengutip Quora, Kata kunci LSI pada dasarnya adalah kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari di mesin pencari seperti Google.

LSI Keyword adalah kata kunci yang terkait dengan istilah utama. Jika kita menerapkannya dalam postinga blog, kata-kata kunci ini akan membantu mendukung konten dan memberikan lebih banyak konteks untuk mesin pencari dan pengguna.

Pembaruan Panda Google mencari lebih banyak pencocokan topik daripada pencocokan kata kunci. Cara mereka melakukan ini adalah dengan mencari kata kunci LSI. Idenya adalah bahwa Anda secara alami memasukkan mereka saat Anda menulis. Jadi, hanya dengan menulis secara alami, Anda akan menemukannya.

Katakan misalnya Anda memiliki situs perjalanan. Idenya adalah bahwa Anda secara alami akan memasukkan kata-kata yang terkait seperti "penerbangan", "akomodasi", "kunjungan", "tempat yang tepat untuk liburan" dalam konten. Ini adalah kata kunci LSI untuk topik "bepergian" (travelling).

Dari uraian tentang pengertian dan contoh Latent Semantic Indexing (LSI) di atas, penerapannya untuk SEO adalah variasi kata kunci yang memperkuat kata kunci utama.

Tidak usah dibuat-buat, karena --seperti sudah disebutkan-- hanya dengan menulis secara alami, Anda akan menemukannya.

Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian & Contoh Latent Semantic Indexing untuk SEO - Kata Kunci LSI | Labels: Tips SEO edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian & Contoh Latent Semantic Indexing untuk SEO - Kata Kunci LSI"

Contact Form

Name

Email *

Message *