Pengertian, Jenis, dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing)

Pengertian, Jenis, dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing)

Content Marketing merupakan jenis pemasaran dalam bisnis online yang juga dikenal sebagai pemasaran internet (internet marketing). Pemasaran konten menjadi salah satu kunci sukses toko online.

Pengertian dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing)


Apa itu pemasaran konten? Apa saja jenis da contohnya?

Secara bahasa, konten (content) adalah isi, muatan, kandungan. Menurut KBBI, konten artinya informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Marketing artinya pemasaran yang meliputi promosi dan penjualan.

Namun, pemasaran konten bukan berarti memasarkan informasi, melainkan produksi informasi berupa tulisan, gambar, ataupun video untuk menarik pengunjung, menaikkan trafik situs web bisnis, dan meraih pelanggan potensial.

Pengertian Pemasaran Konten

Menurut kamus Google, content marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi online (seperti video, blog, dan posting media sosial) yang tidak secara eksplisit mempromosikan merek tetapi dimaksudkan untuk merangsang minat pada produk atau layanannya.

Bisa dikatakan, pemasaran konten adalah "iklan terselubung".

Menurut Content Marketing Institute, pemasaran konten adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas - dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Menurut Wikipedia, pemasaran konten adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan konten untuk audiens yang ditargetkan secara online. Ini sering digunakan oleh bisnis untuk: Menarik perhatian dan menghasilkan arahan. Perluas basis pelanggan mereka. Hasilkan atau tingkatkan penjualan online.

Di laman marketing disebutkan, pemasaran konten adalah penggunaan informasi relevan dan berharga untuk menarik pelanggan potensial.

Masih bingung? Lanjutkan ke Contoh Pemasaran Konten.

Contoh Pemasaran Konten

Begini, pemasaran konten itu adalah strategi baru dalam promosi online. Target awal adalah mendatangkan pengunjung, membangun merek (brand), kepercayaan, dan kredibilitas. Target akhirnya mendatangkan pelanggan, pembeli, atau klien.

Jika Anda jualan online, misalnya jual jam tangan melalui blog, maka blog Anda tidak hanya berisi produk jam tangan, tapi juga berisi artikel atau tips-tips seputar jam tangan. Misalnya, tips memilih jam tangan yang benar, tren jam tangan pria-wanita, menulis tentang fungsi jam tangan, sejarah jam tangan, dll.

Nah, ketika pengunjung merasa puas dengan informasi yang Anda sajikan, maka kemungkinan pengunjung yang tadinya hanya ingin tahu sejarah jam tangan, jadi tertarik belanja jam tangan di blog Anda.

Contoh Pemasaran Konten antara lain di situs Acer Indonesia. Salah satu pemasaran kontennya adalah tulisan tentang "5 Cara Cerdas Agar Baterai Laptop Berumur Panjang".

Dalam artikel tersebut, penulis konten membahas cara merawat baterai laptop biar awet, plus gambar-gambar yang berlogo Acer.

Contoh lainnya, saat ini sejumlah provider domain dan webhosting gencar melakukan pemasaran konten dengan membuat postingan tentang blogging dan tips SEO. Ada juga yang share template. Itulah contoh pemasaran konten.

Di tengah atau di bagian akhir tulisan, provider domain + hosting tadi mengarahkan pembaca untuk membeli domain + hosting di layanan yang mereka sediakan.

Jelas 'kan apa itu pemasaran konten?

Kesimpulannya, pemasaran konten adalah strategi baru pemasaran yang dilakukan di situs web secara online. Selain berupa "business blogging" --yaitu menulis postingan di luar produk/layanan, pemasaran konten juga dilakukan di media sosial.

Status update di akun media sosial tidak hanya berupa promosi, bahkan kebanyakan berisi informasi, tips, kata mutiara, gambar dan video menarik, yang membuak follower atau likers suka, senang, dan akhirnya tertarik juga menjadi pembeli atau pelanggan.

CB juga melakukan pemasaran konten. Dalam berbagai postingan, CB sertakan link ke Galeri Template, misalnya ketika membahas desain dan SEO, apalagi jika membahasa template.

Pemasaran konten menjadi hal wajib dilakukan agar tidak kalah dalam persaingan. Selain menaikkan trafik dan pelanggan, pemasaran konten juga membangun merek (brand), reputasi (reputation),  kepercayaan (trust), dan kesetiaan (loyality).

Banyak perusahaan yang kini mencari penulis konten (content writer) untuk mengisi situs web bisnis mereka dengan artikel untuk pemasaran konten. Silakan ketik "lowongan content writer" di Google. Banyak lowongan tuh!

Jenis-Jenis Pemasaran Konten

Berikut ini Jenis-Jenis atau Format Pemasaran Konten seperti diulas Digital Vidya.

  1. Video
  2. eBook
  3. Podcast
  4. Case Studies
  5. Infografis
  6. Data Survei
  7. Meme
  8. webinar
  9. Presentasi
  10. Testimoni
  11. Newsletter
  12. TemplateG
  13. GIF
  14. Kuis dan Kontes
  15. FAQ
  16. wawancara
  17. Guest Blogging
  18. Tanya-Jawab
  19. Brosur
  20. Live Streaming


Demikian ulasan tentang Pengertian, Jenis, dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing). Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Pengertian, Jenis, dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing) | Labels: Bisnis Online edit this post
0 Komentar untuk "Pengertian, Jenis, dan Contoh Pemasaran Konten (Content Marketing)"

Contact Form

Name

Email *

Message *