July 15, 2019

Waspadai Phishing! Peringatan Penutupan Akun Email Yahoo

July 15, 2019

Waspadai Phishing! Peringatan Penutupan Akun Email Yahoo

PHISHING merupakan kejahatan siber (cyber crime). Phishing adalah penipuan dengan mengelabui. Tujuannya mencuri akun atau data. 

Istilah phising berasal dari kata fishing yang artinya “memancing”. Pelaku memancing korban untuk terperangkap dijebakannya. 

Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu, salah satunya melalui email.

Maka, abaikan email yang meminta Anda klik pada link tertentu, seperti “Click here now to scan and sanitize your e-mail/webhosting/etc account”. Email tersebut Phising. Pengririmnya berusaha mencuri akun Anda.

Berikut ini contoh isi email phishing. Jika kurang cermat, kita akan terjebak. Sang penjahat siber menggunakan akun dan logo Yahoo untuk meyakinkan.

Jika melakukan penipuannya di email Gmail, tentu ia akan menggunakan logo Gmail atau Google. Phishing menimpa sema akun email, Gmail, Yahoo, dan lainnya, juga akun media sosial.


email-phising

Admindesk <ornelatrako@yahoo.com>
Yahoo!MAIL
Dear Member,
Your email account is currently transmitting viruses to our servers. We will deactivate your account permanently if this issue is not resolved now.
Please kindly sanitize your email or your access to our services will be terminated

Scan and sanitize your e-mail account by clicking here!
Failure to sanitize your email account immediately will lead to permanent deactivation without warning.
We are very sorry for the inconveniences this might have caused you and we assure you that everything will return to normal as soon as you have done the needful.

Yahoo Admin

Hahay.... dia ngancam. Katanya, akun akan deaktivasi jika gagal scan. Tipu !!!!

Sekali lagi, jangan sembarang klik link yang dikirim pengirim email yang tidak dikenal. Phishing merajalela. Waspadalah...!!!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Waspadai Phishing! Peringatan Penutupan Akun Email Yahoo

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *