Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android

Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android

Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android

Penggunaan data internet memang merupakan hal yang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Puluhan atau ratusan aplikasi di smartphone Android kamu bisa mengurangi penggunaan paket data secara drastis tanpa kamu sadari. Nah, sebenarnya penggunaan paket data internet ini bisa diatur dengan lebih bijaksana, loh.

Ya, kamu bisa lebih menghemat penggunaan paket data internet hanya untuk beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan secara signifikan. Keperluan utama yang biasanya harus selalu aktif tentu aplikasi messaging seperti WhatsApp, LINE, atau Telegram.

Selain membatasi penggunaan aplikasi, berikut ini cara menghemat penggunaan paket data di Android.

Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android 

1. Aktifkan fitur data saver

Banyak aplikasi yang menawarkan fitur data saver untuk mengurangi penggunaan paket data. Kamu bisa mengaktifkan fitur data saver pada Google Chrome, Twitter, dan beberapa aplikasi serupa. Fitur tersebut akan mengurangi penggunaan data internet kamu dengan mengatur performa aplikasi.

Tenang, aplikasi yang diaktifkan fitur data savernya tetap bisa kamu gunakan, kok. Hanya saja, beberapa artikel yang kamu baca akan muncul teks tanpa gambar. Selain itu, waktu untuk update kontennya mungkin lebih lambat karena fitur refresh on background-nya dinonaktifkan.

2. Nonaktifkan fitur autoupdate

Pembaruan aplikasi memang penting, tapi tahap ini akan menghabiskan cukup banyak penggunaan paket data.

Oleh karena itu, pengaturan pada smartphone Android menawarkan cara praktis untuk mengatasi hal ini. Kamu bisa menyesuaikan fitur auto update aplikasi hanya saat smartphone sedang terhubung melalui koneksi WiFi.

Tidak ada salahnya, kok, menunda update aplikasi, asalkan tidak terlalu lama. Pada beberapa kesempatan, biasanya aplikasi hanya akan memberikan perbaikan pada fitur-fitur tertentu.

Untuk memastikannya, kamu bisa melihat pembaruan apa yang dirilis di HP Android kamu melalui halaman Play Store. Jika memang ada fitur baru, kamu bisa cari WiFi gratis terlebih dahulu agar paket data tetap hemat.

3. Aktifkan mode offline aplikasi

Suka streaming lagu atau film saat sedang melakukan perjalanan? Nah, fitur streaming ini menghabiskan paket data dengan jumlah yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih untuk menggunakan aplikasi dalam mode offline.

Saat mode offline diaktifkan, kamu masih bisa mendengarkan lagu atau menonton film, kok. Namun, konten yang ingin kamu nikmati harus diunduh terlebih dahulu. Konten tersebut bisa kamu unduh saat terhubung dengan WiFi agar bisa tersimpan pada memori internal.

Beberapa aplikasi populer yang memungkinkan penggunaan mode offline adalah Spotify dan Netflix.

4. Kurangi penggunaan Instagram

Update di media sosial memang sulit ditolak dan cukup bikin kecanduan. Namun, update konten di Instagram bisa menghabiskan paket data internet dengan sangat cepat.

Pada dasarnya, hal ini disebabkan karena aplikasi Instagram menampilkan konten berupa gambar yang memang cukup boros paket data internet.

Boleh saja, sih, update Instagram secara real-time, tapi balas direct message (DM) atau explore kontennya nanti saja kalau sedang pakai paket WiFi. Langkah ini hanya perlu komitmen kamu agar bisa membatasi diri untuk tidak terlalu sering mengakses konten gambar atau video di Instagram.

Nah, langkah-langkah tadi bisa membatasi penggunaan paket data internet kamu agar lebih hemat.

Namun, kalau memang telanjur habis pulsa dan paket data, kamu bisa melakukan top up mobile prepaid lewat aplikasi Traveloka.

Selain lebih praktis karena bisa dilakukan lewat smartphone, kamu juga bisa dapat penawaran harga promo untuk dapat potongan harga langsung. Tinggal masukkan nomor, pilih nominal, lakukan pembayaran, lalu pulsa langsung terisi, deh.*

Thanks for reading Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android | Labels: Gadget, Internet, Tips edit this post
0 Komentar untuk "Cara Menghemat Penggunaan Paket Data Internet untuk Android "

Contact Form

Name

Email *

Message *