Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Semua blogger pasti ingin blognya banyak pengunjung, meski jarang update atau jarang membuat konten/posting baru. Salah satunya membuat Konten Evergreen.

Konten Evergreen Bikin Blog Ramai Pengunjung
Evergreen Content Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update (GreenGeeks)

Berikut ini Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update. Kuncinya sih tetap Konten Berkualitas yang disukai Google dan pembaca.

Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

1. Membuat Konten Evergreen

Konten evergreen adalah postingan yang tetap aktual sepanjan masa. Secara bahasa, menurut Kamus Google, evergeen artinya "berkaitan dengan atau menunjukkan tanaman yang mempertahankan daun hijau sepanjang tahun" atau "tanaman yang mempertahankan daun hijau sepanjang tahun".

Dalam konteks konten blog, evergreen artinya postinan yang tetap menarik, dibutuhkan, dicari pengguna, dan terus terasa aktual.

Konten Evergreen adalah konten yang tidak ketinggalan zaman. Ini berkisar pada topik yang selalu relevan bagi pembaca, terlepas dari siklus berita atau musim saat ini. Namanya berasal dari pohon cemara — tanaman yang mempertahankan daun hijau sepanjang tahun

Evergreen content is content that doesn't go out of date. It revolves around a topic that's always relevant to readers, regardless of the current news cycle or season. Its name comes from the evergreen—a plant that retains its green leaves all year round (ahrefs)

Contoh terbaik konten evergreen adalah konten Wikipedia dan WikiHow. Meski selalu update, konten Wikipedia terus berjaya di Google dan banyak dibaca pengguna internet.

Merujuk pada konten Wikipedia dan WikiHow, maka "postingan abadi" atau konten evergreen yang bisa dibuat di blog antara lain:

1. Tulisan tentang Pengertian 

Pengertian sebuah kata, istilah, atau definisi selalu dicari pengguna di internet. Buatlah artikel tentang pengertian sebuah istilah selengkap mungkin, plus referensi.

Dalam dunia jurnalistik atau tulis-penulis, artikel tentang pengertian ini dikenal dengan istilah "artikel deskriptif", yaitu tulisan yang menjelaskan sesuatu dengan rinci, menjawab pertanyaa n "apa" (what).

2. Tulisan tentang Tutorial

Artikel dengan genre tutorial merupakan salah satu niche evergreen yang mudah untuk didapatkan. Contohnya seperti tutorial cara membuat blog, cara membuat ini dan itu, cara mengatasi ini dan itu, dan sebaainya.

Contoh terbaik konten evergreen tentang tutorial adalah konten-konten laman WikiHow.

Untuk ide konten evergreen lainnya, Anda bisa simak 100 Ide Konten Evergreen.

2. Perbarui Konten Lama

Update konten lama juga bisa menjadi solusi blog tetap ramai meski jarang membuat posting baru. Perbarui tulisan lama, disesuaikan dengan perkembangan.

Memperbarui (recycle) konten lama bisa menjadi solusi ampuh untuk menjaga traffic website meskipun tidak ada postingan baru.

konten berkualitas dan fresh


Cari artikel atau postingan yang memiliki jumlah pengunjung sedikit, kemudian perbaiki dengan menjadikannya lebih lengkap, lebih detail, ditambah foto dan video jika perlu, dan bandingkan dengan posting blog lain yang ada di peringkat atas di Google.

Dengan begitu, konten blog akan terasa fresh kembali. Bukankah Google wants quality content and fresh?

Demikian Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update. Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update | Labels: Blogging, Tips SEO edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Tips Membuat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top