Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru

Fitur Fetch as Google (Ambil sebagai Google) di Webmaster Tools dulu favorit di kalangan blogger. Kini di Webmaster Tool yang baru, yakni Google Search Console, fitur itu tidak ada.

Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru

Pengganti Fetch as Google sekaligusus Submit URL Google Webmaster di Google Search Console adalah menu URL Inspection (Inspeksi URL).

Fungsinya sama dengan Fetch as Google, yaitu meminta baik-baik kepada Google agar mengindeks blog kita. Ini bagian dari SEO dasar blog.

Dulu ada dua langkah agar blog kita diindeks Google, yaitu Submit URL dan Submit Sitemap. Kini juga dua langkah, yaitu Submit Sitemap dan Inspeksi URL.

Cara Menggunakan Fetch As Google yang Baru

Ringkasnya begini.

1. Buka Google Search Console
2. Klik Start Now (Mulai Sekarang)
2. Tambahkan Properti bila URL atau blog Anda belum didaftarkan di Google Search Console
3. Pilih menu: Inspeksi URL
4. Masukkan URL situs yang akan diindex

Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru


5. Bila URL tidak ada di Google, klik : Minta Pengindeksan (Request Indexing)
6. Tunggu beberapa saat, selesai.

Apa Itu Fetch as Google?

Fetch as Google (Ambil sebagai Google) memungkinkan kita mengetahui bagaimana Google melakukan crawling atau merender URL di blog kita.

Kita bisa mengecek apakah Googlebot dapat mengakses blog kita dan mengetahui apakah ada gambar atau konten yang diblokir oleh Googlebot.

Untuk mengakses fitur ini, kita bisa membuka Google Search Console versi lama dan pilih menu Crawl > Fetch as Google. Namun, menu ini sudah tida ada.

Di Google Search Console versi terbaru, hal ini dilakuan melalui menu Index > Coverage, lalu klik URL yang ingin kita periksa.

Informasi paling penting yang perlu Anda dapatkan adalah kode respons yang diberikan. Jika kode respon yang diberikan adalah 200, halaman tersebut berarti baik-baik saja.

Periksa juga waktu yang diperlukan Googlebot untuk mengunduh halaman Anda. Jika waktu unduh melebihi 1.5 detik, artinya Googlebot mengalami kesulitan melakukan crawling di blog Anda.

Kita juga bisa melakukan indexing dengan cepat menggunakan Fetch as Google ini. Kita hanya perlu memasukkan URL postingan terbaru dan klik tombol Fetch. Jika Googlebot sudah mengunduh halaman tersebut, klik tombol Request Indexing.

Cara Daftar Google Search Console

Berikut ini cara mendaftarkan blog ke Google Search Console.

1. Buka Google Search Console


2. Masukkan alamat blog Anda di kolom kedua (URL prefix)

Google Search Console

3. Kemilikan blog teverifikasi.

Google Search Console

4. Notifikasi berhasil.

Google Search Console

5. Tambahkan/Daftarkan/Submit Sitemap.

- Klik menu Sitemap




- Tambahkan sitemap.xml  di belakang alamat blog.

Google Search Console

6. Sitemap berhasil didaftarkan.

Google Search Console

Google Search Console


Google Search Console

Demikian Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru plus merefresh daftar ke sana dan submit sitemap.

Good Luck and Happy Blogging! (www.contohblog.com).*

Thanks for reading Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru | Labels: Blogging, Tips SEO edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Fetch As Google di Google Search Console Terbaru"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top