Pengertian CSS, HTML, JavaScript, dan XML di Template Blogger

Template atau tema (theme) blog Blogger adalah desain tampilan blog. Kodenya ada dalam satu file XML yang terdiri dari  CSS, HTML, dan JavaScript (JS).

pengertian CSS, HTML, JavaScript, dan XML

Struktur desain blog --dan website pada umumnya-- terdiri dari header, content area, sidebar, dan footer. Navigasi menu umumnya di bagian header dan footer.

struktur desain template blog

Template blog Blogger didesain dengan tiga kode utama, yaitu CSS, HTML, dan Javascript yang dikompilasi menjadi file XML.

Pengertian HTML

Apakah HTML itu?

Blogger yang suka utak-atik desain blognya pastinya familiar dengan istilah ini. Pasalnya, tiap kali harus mengubah kode, biasanya harus klik Tema > Edit HTML dan membuka kode template.

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language.

Pengertian teknisnya, HTML adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh web browser (penjelajah web) untuk mempresentasikan teks dan gambar.

Dokumen HTML sering disebut sebagai "halaman web" (web page). Browser --seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox-- mengambil halaman web dari web server dan karena adanya internet.

Browser atau Internet Browser adalah program yang dipakai untuk membaca dokumen HTML pada World Wide Web (WWW).

Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag <html> atau <HTML> dan ditutup dengan kode </html> atau </HTML>, sebagaimana dalam template blog.

Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada di dalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser.

Pengertian CSS

CSS merupakan kependekan dari Cascading Style Sheet. Dalam template blog, kode CSS adalah kode yang ada di bawah <b:skin> atau <style> dan sebelum </b:skin> atau </style>

Kode CSS inilah yang mendesain gaya (style) tampilan blog atau dokumen HTML lain. CSS digunakan untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan.

Jika Anda ingin mengubah desain blog, kode CSS inilah yang jadi fokus. Misalnya, Anda mau mengubah background, jenis huruf (font) dan ukurannya, warna, dll. maka contoh kodenya sebagai berikut:

backgroud:#ffffff
font-family: Arial;
font-size: 14px;
color: #000000;

Khusus warna, lihat Kode Warna HTML

Pengertian JavaScript

JavaScript --disingkat JS-- adalah kode yang didasarkan pada konsep pemrograman, terutama terkenal karena penggunaannya di situs web atau blog.

Ciri khas Javascript yaitu diapit oleh tag html <script> dan </script> seperti ini:

<script type=”text/javascript” KODE DI SINI </script>

Kode JavaScript inilah yang menjadi salah satu penyebab sebuah blog/web tampil lambat. Makin banyak kode javascript yang digunakan, maka loading blog makin berat. Apalagi jika kodenya ada di pihak ketiga seperti Font Awesome dan jQuery.

Pengertian XML

File template yang kita gunakan berupa ekstensi file xml? Apa itu XML?

XML adalah singkatan dari Extensible Markup Language, yaitu bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. 

XML merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. (Wikipedia).

XML adalah bahasa markup – menggunakan tag label, mengkategorikan dan mengatur informasi dalam spesifikasi cara. Markup menjelaskan dokumen atau data struktur dan organisasi. Konten, seperti teks, Gambar, dan data, adalah bagian dari kode yang berisi markup Tag.

Demikian pengertian CSS, HTML, JavaScript, dan XML. Setidaknya, sebagai blogger, kita tahu singkatannya. Happy Blogging!

Thanks for reading Pengertian CSS, HTML, JavaScript, dan XML di Template Blogger | Labels: Desain Blog edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "Pengertian CSS, HTML, JavaScript, dan XML di Template Blogger"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top