7 Alasan Mengapa UKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Berbasis Cloud

7 Alasan Mengapa UKM Harus Menggunakan Software Akuntansi berbasis Cloud

Saat ini, Anda hidup di masa yang menyenangkan, dengan teknologi baru yang menjadikan pemilik bisnis lebih mudah dan semakin jauh lebih mudah dalam berproses dan menjalankan usaha sepanjang waktu.

Di tengah perkembangan zaman yang serba teknologi, bukankah sudah waktunya untuk menentukan software yang dapat melakukan efisiensi budget dan waktu dalam bisnis Anda?

Otomatisasi dan digitalisasi adalah tren utama dalam pertumbuhan bisnis pada era revolusi industri 4.0. Hal tersebut membuat proses bisnis menjadi semakin lancar, sangat membantu Anda membangun UKM yang sukses. 

Perangkat lunak akuntansi digital memberikan pandangan yang jelas tentang kondisi keuangan pada UKM milik Anda. Kemajuan yang sangat nyata dalam bidang perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, memungkinkan pemilik bisnis untuk melakukan lebih banyak hal, dengan lebih cepat, dalam menghadapi pertumbuhan dan menerima potensi keuntungan yang besar. 

Dengan adanya software tersebut, memungkinkan Anda untuk menemukan case seperti arus kas negatif jauh lebih awal, dapat mengidentifikasi peluang bisnis Anda untuk lebih berkembang dan mencapai tujuan. 

Akuntansi dan perangkat lunak mungkin bukan bagian dari kata-kata yang cukup menarik, tetapi melihat lebih dalam manfaatnya, jelas membuatnya semakin menarik untuk bisnis apa pun. 

Pada masa pandemi ini, banyak orang semakin semangat untuk memulai bisnis. Anda belum mempunyai bisnis? Ada 5 bisnis bisa dimulai tanpa modal, bisa dibaca di sini.

Alasan Menggunakan Software Akuntansi berbasis Cloud

Software akuntansi berbasis cloud mengacu pada penggunaan perangkat lunak yang memanfaatkan cloud untuk menjalankan fungsi akuntansi suatu bisnis. 

Pendekatan ini, dengan cepat menggantikan perangkat lunak akuntansi versi desktop yang dapat diakses secara offline dan untuk alasan yang sangat baik tentunya. 

Seperti Xero, QuickBooks Online, Sage Business Cloud, dan Kledo, merupakan software akuntansi berbasis cloud yang sangat mudah untuk digunakan, dapat menghemat waktu dan uang Anda, memberikan data yang akurat, serta pembaruan bisnis yang lebih baik. 

Berikut ini 7 alasan utama mengapa UKM milik Anda harus menggunakan software akuntansi berbasis cloud:

1. Akses langsung ke informasi keuangan

Mungkin keuntungan terbesar yang dapat diperoleh dari perangkat lunak akuntansi berbasis cloud adalah kemampuannya untuk langsung melakukan rekonsiliasi atas akun bank perusahaan secara otomatis. 

Dengan menghubungkan akun bank ke software, transaksi yang ditarik langsung dari bank akan tercatat dan masuk dalam perangkat lunak akuntansi ini. 

Anda tidak perlu lagi mengunggah rekening koran setiap periode, menghemat banyak waktu. Ini juga berarti software akuntansi memungkinkan akses secara langsung ke informasi keuangan. 

Hal tersebut dikarenakan semua transaksi bank beserta semua tagihan customer dan pemasok sudah disimpan dalam sistem cloud. Dengan begitu, Anda akan selalu mendapatkan informasi keuangan terkini. 

2. Bekerja dari perangkat apapun dari mana saja di dunia

Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud memungkinkan Anda memiliki gaya hidup vagabond. Pemilik UKM yang semua kegiatan bisnisnya menggunakan sistem digital, dapat bekerja dari mana saja di dunia, membuat perpanjangan waktu travelling menjadi lebih mudah. 

Bisnis sendiri juga tidak terikat pada suatu tempat atau kantor tertentu, karena Anda dapat mengakses software ini dari perangkat lunak apapun dengan koneksi internet, di mana pun Anda berada dan sukai. 

3. Pelaporan dan analitik otomatis yang cepat dan dapat disesuaikan

Dengan adanya akses informasi keuangan secara langsung, untuk menghasilkan laporan manajemen yang sangat bagus, semudah hanya menekan suatu tombol jika telah diatur dengan tepat. 

Sistem pada perangkat lunak akuntansi berbasis cloud yang terkemuka, memiliki alat pelaporan yang kuat, bahkan dapat menghasilkan grafik, laporan varians, key metrics, dan masih banyak detail lain sebagai pelengkap dashboard keuangan untuk UKM yang Anda jalankan. 

Laporan tersebut disajikan dengan sangat indah dan mudah untuk dipahami. Laporan dan dashboard ini memberi keuntungan bagi direktur yang mungkin tidak memahami akuntansi keuangan.

4. Memungkinkan akses tak terbatas software untuk konsultan

Memiliki konsultan terpercaya sebagai bagian dari pengelolaan keuangan perusahaan adalah kuncinya. 

Dengan fungsi yang memungkinkan Anda untuk mengundang konsultan bisnis untuk dapat mengakses profil perangkat lunak akuntansi berbasis cloud pada UKM yang dijalankan, Anda dan pihak konsultan bisa mendiskusikan secara langsung tentang keuangan perusahaan untuk memberikan arahan strategis terbaik yang bisa dicapai, bahkan tanpa perlu bertatap muka. Hal tersebut akan memberikan Anda ketenangan pikiran.

5. Alokasi otomatis dalam pembelajaran software melalui mesin

Ini adalah perkembangan paling menarik dari software akuntansi berbasis cloud dibanding dengan versi desktop. 

Kehebatan dari perangkat lunak yang terus dikembangkan ini adalah dapat mengenali kemungkinan transaksi double catat, sehingga mampu secara otomatis mengalokasikannya. 

Bahkan, belajar dari jutaan akun yang telah diproses di seluruh dunia, perangkat lunak ini juga dapat mengalokasikan transaksi ke dalam akun yang benar. 

Dalam pengembangannya, setelah beberapa bulan menggunakan, alokasi manual yang sebenarnya harus dilakukan, bisa berkurang lebih. Saat fungsi ini bertambah kuat, pekerjaan pembukuan akan berkurang. 

Pemilik bisnis akan dapat fokus pada hari ke hari menjalankan UKM, pekerjaan akuntan menjadi berkurang, dan dapat fokus pada nilai tambah serta nasihat konsultan daripada melakukan pencatatan transaksi. 

6. Cloud mempunyai banyak kelebihan

Teknologi cloud mengalahkan software desktop dalam setiap aspek. Top end enkripsi memastikan bahwa keamanan data tetap dijaga. 

Aksesibilitas data yang instan, tanpa hambatan dalam melakukan akses terhadap informasi keuangan adalah hal yang utama. Cloud membuat Anda terbebas dari adanya risiko fisik terhadap data keuangan, seperti komputer mendadak macet, dicuri, atau bahkan ketumpahan air. 

Dokumen akan tetap aman di sana dan tidak mengalami kerusakan seperti pada versi software offline pada desktop.

7. Hemat waktu dan tidak merepotkan

Efisiensi waktu adalah kunci untuk membuka jalan menuju pertumbuhan lebih lanjut pada perusahaan. Pengelolaan keuangan otomatis merupakan bagian dari efisiensi waktu yang tepat. Akun dapat dikontrol dengan lebih cepat dan jauh lebih mudah. 

Dokumen diunggah secara digital, menghemat waktu untuk menghadapi pertanyaan audit yang cukup mengerikan itu. 

Software akuntansi berbasis cloud ini berfungsi tanpa kertas, menghilangkan kerumitan dalam melakukan filling dokumen, seperti kwitansi, Tagihan, PO, SO, DO, yang akan membuat meja kerja Anda penuh.

Biarkan Teknologi membuat Hidup Anda menjadi Lebih Mudah

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang paling sederhana di antara software lain sejenis. 

Dengan semua fitur yang ada, Kledo sangat cocok digunakan pada sektor UKM. Perangkat lunak akuntansi ini dapat diakses gratis selama 14 hari (trial). 

Kledo memberikan laporan secara real time, terkait penjualan, penawaran, pembelian, kas dan bank, dsb. Bahkan Kledo menyediakan fitur overview yang memudahkan pemilik dalam melakukan pengawasan bisnis. 

Selain pelaporan, Kledo juga memberikan akses untuk membuat tagihan dan penawaran pada penjualan, serta purchase order dan invoice pada pembelian.*

Thanks for reading 7 Alasan Mengapa UKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Berbasis Cloud | Labels: Bisnis Online, Software edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

0 Komentar untuk "7 Alasan Mengapa UKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Berbasis Cloud "

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top