January 6, 2021

Apakah Hak Merek Itu Penting, Simak Artikel Berikut Sebelum Anda Menyesal

January 6, 2021

Apakah Hak Merek Itu Penting, Simak Artikel Berikut Sebelum Anda Menyesal


Kasus artis berinisial RO yang sempat terseret ke pengadilan dikarenakan suatu merek adalah bentuk nyata atas jawaban apakah hak merek itu penting? Jawabannya memang adalah, sangat penting.

Ketika Anda mendirikan suatu perusahaan, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah juga untuk menentukan merek perusahaan Anda tersebut.

Apakah Hak Merek Itu Penting?

Yang perlu Anda ketahui, suatu nama usaha, logo, produk yang mana jika disederhanakan adalah suatu merek dari perusahaan adalah suatu kekayaan intelektual. Tentu, jika merek Anda kemudian diklaim oleh orang lain, yang mengalami kerugian adalah Anda sendiri. Untungnya, saat ini sudah ada payung hukum yang melindunginya.

Tetapi yang harus Anda ketahui, untuk mendapatkan hak merek, maka Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda agar mendapatkan hak merek tersebut. Ada beberapa alasan mengapa sangat penting mendapatkan hak merek ini. Alasannya antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Untuk menandakan identitas produk yang Anda miliki

Semisal Anda menjual produk bed cover buatan Anda sendiri. Tanpa adanya merek, tentu tidak akan ada orang yang dengan mudah menemukan dan mencari produk Anda. Itu akan menjadi label dan reputasi atas produk yang Anda buat. Bayangkan jika produk Anda tidak memiliki merek, kemudian ada orang yang mengklaim produk yang Anda miliki. Sangat menyeramkan, bukan?

2. Sebagai pembeda atas produk yang lainnya

Ketika Anda melihat merek Samsung, maka pikiran Anda langsung terintegrasikan bahwa produk yang dijual adalah alat elektronik seperti hp, laptop, tv, dan lain sebagainya. Begitu pula jika Anda melihat produk bernama H&M, maka pikiran Anda tentu langsung terintegrasikan kepada pakaian.

Itulah yang dimaksud bahwa merek mampu menjadi pembeda antara suatu produk dan yang lainnya. Dengan begitu, Anda dengan mudah mendapatkan produk yang Anda inginkan.

3. Hak eksklusif

Ini adalah hak yang paling penting atas keberadaan merek. Arti eksklusif maka maksudnya sang pemilik merek boleh menggunakannya sendiri atau jika ingin orang lain menggunakan, maka harus dari seizinnya. Memberikan izin kepada orang lain atas penggunaan merek adalah dengan adanya lisensi.

Dan lain sebagainya. Sebegitu pentingnya keberadaan hak merek. Maka dari itu, bagi Anda yang sudah memiliki merek atas perusahaan Anda, maka wajib segera mendaftarkan hak merek untuk mendapatkan manfaatnya.

Apakah Mendaftarkan Hak Merek Sulit?

Bagi perusahaan kecil menengah, mungkin ini pertanyaan yang muncul di kepala. Jawabannya adalah tidak sulit, meskipun bagi sebagian orang ini termasuk agar rumit. Tetapi meskipun begitu, hal ini tetap harus Anda lakukan supaya tidak merugikan Anda di kemudian hari dan tentunya memberikan Anda berbagai manfaat seperti yang dijelaskan di atas.

Hal yang harus Anda ketahui pertama adalah, permohonan hak merek ini akan diajukan kepada Menteri. Ini bisa Anda lakukan secara langsung melalui surat ataupun melalui online dengan jalur elektronik.

Jalur elektronik sendiri dilakukan dengan mengajukan di laman resmi Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual yang bisa Anda cari melalui internet. Nantinya Anda akan diminta mengisi berbagai dokumen dan diunggah melalui laman tersebut. Anda juga bisa meminta pertolongan konsultan atas hal ini agar urusan Anda lebih mudah.

Mengingat pentingnya memiliki hak atas merek, maka Anda sebaiknya tidak menyepelekan hal ini. Adanya kasus dari usaha artis yang terseret atas masalah merek juga bisa menjadi pelajaran berharga. Jadi, pertanyaan apakah hak merek itu penting? Kini Anda telah menemukan jawabannya.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Apakah Hak Merek Itu Penting, Simak Artikel Berikut Sebelum Anda Menyesal

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *