January 6, 2021

Contoh Peluang Usaha dan Branding

January 6, 2021

Contoh Peluang Usaha dan Branding
Ilustrasi Peluang Usaha (123rf)

Zaman sekarang, banyaknya peluang usaha dan branding yang dilakukan membuka jalan bagi banyak orang akhirnya memiliki perusahaan yang diinginkannya. 

Apakah Anda sudah memiliki usaha atau bisnis Anda sendiri? Jika belum, jangan khawatir karena ada banyak sekali ide yang bisa Anda gunakan sesuai passion Anda.

Selain itu, Anda juga tidak boleh melupakan tentang pentingnya branding produk. Hal ini dikarenakan memberikan branding atau merek akan sangat menguntungkan produk yang Anda jual seperti memberikan ciri khas, menunjukkan kualitas, menjadi pembeda, dan lain sebagainya.

Contoh Peluang Usaha dan Branding Produk yang Harus Anda Ketahui

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda lakukan, apalagi semenjak semakin berkembangnya teknologi digital. Contoh peluang usaha tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan UMKM dengan berbagai produk yang Anda minati dengan modal kecil
2. Menjadi reseller suatu produk belanja online
3. Menjadi dropshipper berbagai produk
4. Menawarkan jasa fotografer
5. Membuka bisnis katering
6. Bakery atau toko roti
7. Jasa Wedding Organizer (WO)
8. Penyewaan baju
9. Menjadi desainer
10. Kursus online
11. Rental mobil/kamera/hp
12. Jasa pembuatan website
13. Membuka salon/barbershop
14. Membuat kue kering
15. Penjualan berbagai perangkat lunak

Dan masih banyak lagi contohnya yang bisa Anda kembangkan. Dan jangan lupa, setelah Anda menentukan bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat branding atau merek atas produk Anda. 

Ada beberapa tips yang harus Anda ikuti untuk membuat suatu merek atau branding, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pastikan branding tersebut mencerminkan produk Anda
2. Buatlah merek atau brand yang semenarik mungkin
3. Anda bisa menggabungkan beberapa unsur seperti bentuk, warna, logo, nama, dan lain sebagainya
4. Pastikan bahwa baik logo, simbol, warna, dan lain sebagainya tersebut memiliki arti dan makna sehingga merek tidak kosong
5. Dan sebagainya

Mengapa Harus Memiliki Branding atau Merek Tersendiri

Kenyataannya, dipasaran ada banyak sekali bisnis kecil menengah yang tidak memiliki tag sendiri. Akhirnya, bisnis tersebut sulit berkembang ke tahap selanjutnya. Ada beberapa alasan mengapa memiliki merek sangat penting bagi produk bisnis Anda. Alasannya antara lain adalah:

1. Menjadi identitas suatu produk

Apalah arti suatu produk tanpa memiliki identitas. Barang tersebut akan menjadi barang yang valuenya kurang. Maka dari itu, sangat penting untuk menamai atau memberi merek atas suatu barang jasa yang Anda jual.

2. Memudahkan pembeli menemukan produk Anda

Bayangkan jika Anda memiliki sebuah produk sabun batang yang berkualitas. Tetapi ternyata Anda belum memiliki merek sejak pertama kali bisnis Anda berdiri. Saat konsumen ingin membelinya lagi, ia tidak tahu bagaimana cara membelinya dan bagaimana menemukannya. Inilah pentingnya suatu produk memiliki merek.

3. Segmentasi pasar

Produk yang telah memiliki merek akan sangat mudah dipilah-pilah segmentasi pasarnya. Dengan begini, maka semakin mudah bagi Anda untuk menemukan calon pembeli Anda sehingga produk barang atau jasa yang Anda tawarkan semakin cepat laku.

Itulah artikel tentang peluang usaha serta branding tipsnya. Jangan lupa setelah menemukan merek Anda, segera patenkan agar Anda mendapatkan hak merek dan tidak akan mengalami kerugian dikemudian hari.

Anda tidak perlu khawatir karena pendaftarannya sangat mudah dan tentunya sebanding dengan yang Anda dapatkan. Semoga artikel tentang peluang usaha dan branding tips ini bermanfaat.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Contoh Peluang Usaha dan Branding

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *