Cara Mudah Jadi Influencer bagi Orang Biasa yang Bukan Artis

Cara Mudah Jadi Influencer bagi Orang Biasa yang Bukan Artis adalah dengan membuat dan mengelola blog. Jadilah Influencer Blogger!


Influencer merupakan profesi baru di era internet saat ini. Influencer adalah seseorang yang memiliki media sosial dengan jumlah follower yang banyak. Biasanya influencer ini adalah artis, selebgram, atau youtuber.


Secara umum, influencer adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain karena kapasitas yang dimilikinya. Secara bahasa, influencer artinya "pemberi pengaruh". Ia menjadi trend-setter bagi pengikutnya.


Semua orang bisa menjadi influencer. Namun, untuk konteks media sosial, profesi influencer faktanya hanya milik kelompok tertentu, terutama pesohor (public figure) dari kalangan artis/selebritas yang memang sudah terkenal.


Banyak juga "orang biasa" yang naik kelas menjadi influencer, seperti Youtuber yang memiliki keahlian luar biasa di bidang tertentu untuk membuat video unik dan menarik.


Orang biasa dengan kemampuan biasa saja sangat sulit bersaing menjadi influencer di media sosial. Karenanya, cara mudah jadi influencer bagi orang biasa adalah dengan mengelola blog atau menjadi blogger.


Orang biasa akan sulit mendapatkan follower dan subscriber. Ini fakta. Hanya artis dan pesohor yang mudah mendapatkan banyak pengikut dan pelanggan, karena memang mereka sudah terkenal.


Bagi orang biasa, cara termudah menjadi influencer adalah dengan membuat blog dan mengelolanya dengan serius.


Tidak harus menjadi artis atau tokoh terkenal untuk menjadi influencer dengan ngeblog. Google tidak menjadikan author sebagai ukuran indeks sebuah blog, melainkan konten atau isi blognya. 


Jika postingan blog Anda berkualitas, unik, detail, bermanfaat bagi pengguna internet, maka dengan sendirinya pengunjung bakal banyak, dan Anda pun akan menyandang predikat influencer!


Selain akan menghasilkan uang dari Google AdSense, blog yang banyak pengunjung akan mendapatkan penghasilan dari posting berbayar (paid post). 


Banyak pihak saat ini melakukan strategi marketing dan backlink building dengan content placement, yaitu memasang artikel di blog banyak pengunjung.


Tentu saja, konten blog Anda harus berkualitas. Langkah pertama adalah Anda fokus mengisi blog dengan berbagi pengalaman, pemikiran, dan pengetahuan yang Anda kuasai atau sesuai dengan passion (minat dan bakat).


Jangan abaikan Tips SEO untuk membuat blog Anda mudah dirambah, diindeks, dan diperingkat mesin pencari, khususnya Google.


Itu dia cara mudah jadi influencer bagi kita-kita yang bukan artis, bukan tokoh terkenah, alias orang biasa. Semua orang punya peluang dan kesempatan.


Membuat blog dan menjadi influencer adalah juga menjadi alternatif untuk meninggalkan rutinitas pekerjaan normal dan menjadi bos bagi diri Anda sendiri, serta bekerja dengan nyaman dari rumah.


Good Luck and Happy Blogging!


Post a Comment