December 18, 2021

Dasar-Dasar SEO Video Youtube untuk Meningkatkan Subscriber dan Viewer

December 18, 2021

Video Youtube Juga Perlu SEO Biar Banyak Subscriber dan Viewer. Berikut ini Dasar-Dasar SEO Video Youtube.

Dasar-Dasar SEO Video Youtube untuk Meningkatkan Subscriber dan Viewer


BANYAK orang "mengadu nasib" di YouTube dengan menjadi conten creator video dan menjadi Youtuber. Kanal Youtube harus populer agar menghasilkan uang.

Video Youtube juga memerlukan SEO biar banyak subscriber dan viewer --dua hal yang menjadi syarat utama monetisasi video di Youtube.

Jika Anda buka selebritas atau orang terkenal, mungkin akan sulit menembus 1000 subscriber yang menjadi syarat utama monetisasi. Anda perlu usaha ekstra untuk membuat video unik dan menarik sehingga mengundang viewers dan subscriber.

Tahukah Anda bahwa YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google? Dengan lebih banyak penelitian yang menunjukkan peningkatan keterlibatan pengguna dengan video, tidak mengherankan jika SEO YouTube menjadi topik hangat di kalangan pemasar. 

Ada lebih dari 323 juta artikel yang mengklaim sebagai panduan utama untuk SEO YouTube; yaitu, panduan untuk memilih kata kunci ajaib untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada video Anda.

Mungkin kesadaran tentang SEO di kalangan Vlogger/Youtuber tidak sebaik kalangan blogger. SEO lebih familiar di kalangan blogger daripada vlogger. Padalah, vlogging juga perlu SEO.

Dasar-Dasar SEO Video Youtube

Salah satu upaya mengundang pelanggan dan penonton adalah optimalisasi video Youtube Anda. Berikut ini dasar-dasar SEO Video Youtube sebagaimana dishare Backlinko.

1. Riset Kata Kunci

Sebagaimana SEO pada umumnya, SEO Video Youtube juga berpusat pada kata kunci. Karenanya, langkah awal SEO Youtube adalah riset kata kunci dan pemilihan kata kunci yang tepat dan populer.

Secara umum, Google cenderung menggunakan hasil video untuk jenis kata kunci ini:
  1. Kata kunci how-to (“cara membuat kopi cold brew”)
  2. Ulasan atau Review (“ulasan beats by Dre”)
  3. Tutorial (“Menyiapkan WordPress”)
  4. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kebugaran atau olahraga (“Kardio kickboxing”)
  5. Video lucu (“Hewan lucu”)
Konten video Youtube paling digemari memang kelima topik tadi --tips, review, tutorial, sports, dan video lucu atau humor. Mungkin urutan berikutnya adalah musik dan berita.

Berikut ini dasar SEO Video Youtube soal kata kunci (keywords).
  1. Cari keyword yang populer di YouTube dan berkaitan dengan video Anda.
  2. Gunakan keyword tersebut di judul dan buatlah judul yang menarik sekaligus clickable.
  3. Masukkan juga keyword temuan Anda ke kolom deskripsi.
  4. Gunakan tag juga agar mudah ditemukan oleh YouTube.
Anda bisa coba mengetik keyword di kolom pencarian YouTube, lalu lihat hasil pencarian paling populer yang diberikan oleh YouTube Suggest

2. Judul Video

Google dan Youtube tidak membaca video atau gambar. Google/Youtube hanya bisa mendeteksi teks atau tulisan.

Karenanya, pastikan judul video Youtube Anda menarik, unik, mengundang penasaran, dan sesuai dengan konten video. Jika judul-judul video Anda tak selaras dengan isi, maka kanal Youtube Anda akan sepi dan dibenci penonton.

Judul video Anda harus setidaknya 5 kata. Dengan begitu, Anda dapat memasukkan kata kunci lengkap tanpa isian kata kunci.

3. Deskripsi

Deskripsi video Anda memainkan peran penting dalam SEO Video Youtube. Sebagaimana judul, deskripsi inilah yang diperhatikan Google atau Youtube.

Youtube menyediakan ruang deskripsi video hingga 5000 karakter! Tapi, berapa karakter yang Anda manfaatkan? 

Deskripsi video Anda sangat penting. Deskripsi video Anda membantu YouTube dan Google memahami konteks video Anda. Dan semakin baik mereka memahami video Anda, semakin tinggi peringkat Anda (dan semakin sering Anda muncul di sidebar Video yang Disarankan).

Berikut adalah pedoman dasar untuk deskripsi:
  1. Sertakan kata kunci Anda dalam 25 kata pertama
  2. Buat deskripsi minimal 250 kata
  3. Sertakan kata kunci Anda 2-4 kali
Deskripsi yang dioptimalkan untuk SEO ini membantu memberi tahu Google dan YouTube tentang isi video Anda tanpa menjadi spam.

4. Durasi Video

Berapa lama seharusnya video Anda? Video dari Daily Vlogger biasanya berdurasi 5-10 menit saja.

Jika masuk akal jika video Anda berdurasi 20+ menit, lakukanlah. Jangan khawatir video Anda terlalu panjang. Jika itu luar biasa, orang AKAN menontonnya.

Makin panjang video, makin bagus! Penonton bisa menunda menonton sisa konten video jika mereka sibuk atau mencari video lain.

5. Jangan sungkan minta Subscribe!

Jika seseorang berlangganan (subscribe) kanal Youtube Anda setelah menonton video Anda, itu mengirimkan sinyal BESAR bahwa Anda memiliki video yang luar biasa.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan di YouTube? Minta orang untuk berlangganan. Jangan sungkan mengatakan "Silakan Subscribe" di awal atau di akhir video Anda. Minimal dalam bentuk teks atau animasi.

Itu dia dasar-dasar SEO Video Youtube, di luar kualitas audio dan gambar dalam video Anda. Keunikan, keaslian, dan kata kunci menjadi fokus SEO Youtube. Good Luck and Happy Vlogging!

Video: Instrumental Music Backsound No Copyright 

Pusing? Simak dulu Video Music untuk Relaksasi ini dari Kanal Youtube CB Blogger!
 

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Dasar-Dasar SEO Video Youtube untuk Meningkatkan Subscriber dan Viewer

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *