Kata Gaul: Pengertian Ghosting, Stalking, dan Doxing

DI posting sebelumnya sudah dibahas kata gaul bestie. Juga daftar kata gaul yang masuk KBBI. Kini CB akan fokus "mendokumentasikan" sekaligus berbagi tiga istilah Inggris yang berakhiran "ing". 

Istulah-istilah ini sering digunakan di media sosial juga dan populer, yaitu Ghosting, Stalking, dan Doxing. Dua istilah pertama biasanya terkait asmara atau percintaan. Yang terakhir itu harus diwaspadai banget!

Pengertian kata gaul ghosting, stalking, dan doxing ini CB rangkum dari berbagai sumber, termasuk kamus bahasa Inggris.

Pengertian Ghosting

Dari kata ghost yang artinya hantu, ghosting adalah perilaku seseorang yang memutuskan semua komunikasi secara tiba-tiba tanpa penjelasan, seolah ia "menghilang" seperti hantu (ghost).

Pengertian Ghosting

Jadi, arti ghosting secara umum sebenarnya digunakan untuk menyebut seseorang yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Hal itu membuat hubunganmu dan dia jadi gantung tanpa penjelasan ataupun kepastian.

Ghosting atau tiba-tiba menghilang ini sering terjadi saat lagi masa pendekatan atau PDKT atau bahkan saat masih pacaran. Ciri pertama cowok yang suka ghosting adalah sulit untuk diajak berkomunikasi, baik itu via chatting, atau bertemu secara langsung.

Selain ghosting, ada istilah lain yang mirip, yaitu orbiting. Orbiting merupakan salah satu istilah yang erat dengan percintaan. Jika diambil dari bahasa Inggris, orbiting merupakan "mengorbit atau peredaran."

Orbiting merupakan istilah dalam percintaan yang artinya ketika seseorang tiba-tiba memutus kontak dengan kita, tapi dia ternyata masih sering berkomunikasi dengan kita lewat media sosial. Makna tersebut tak jauh beda dengan kata orbit yang bermakna peredaran. Walaupun sudah memutus kontak, namun dia masih sering muncul dan tak jauh dari sekeliling kamu.

Dalam hubungan percintaan, memutus kontak tiba-tiba sering terjadi. Entah karena bosan atau ingin menghilang dalam beberapa waktu. Namun sikap tersebut tentunya bikin sakit hati karena menghilang tanpa alasan, tapi tiba-tiba muncul dan menghubungi lewat media sosial.

Pengertian Stalking

Stalking berasal dari kata stalk yang artinya "batang, tangkai; mengejar, dan mengikuti (animals)." Jadi, stalking ini sebenarnya merujuk pada hewan yang suka mengikuti pemiliknya.

Pengertian Stalking

Dalam bahasa gaul, stalking atau ngestalk secara harfiyah artinya "menguntit". atau "mengintip" (melihat secara diam-diam).

Stalking adalah aktivitas menguntit, khususnya di sosial media untuk memantau kehidupan seseorang secara diam-diam. Stalking umumnya dilakukan untuk mengetahui informasi sebanyak-banyaknya dari orang tertentu tanpa sepengetahuannya.

Tindakan stalking seseorang dilakukan melalui profil akun sosial media mereka. Salah satunya stalker Instagram artinya seseorang yang diam-diam mengintip atau mengamati akun IG pribadimu. Stalker atau pelakunya biasanya "mantan". Mantan apa saja lah...!

Ada juga istilah yang artinya mirip stalking, yaitu snooping. Dari kata snoop yang artinya pengintai, pengintip (urusan orang lain), memata-matai, snooping artinya mengintai atau memata-matai, mirip ngestalk lah!

Ada lagi istilah haunting  yang terjadi ketika seseorang terus-menerus berinteraksi lewat media sosial, padahal sudah berhenti berhubungan satu sama lainnya. Haunting biasanya dilakukan secara pasif. Misal hanya sekadar like postingan tanpa memberi komentar.

Awas, jangan salah ucap atau salah tulis dengan "salting" yaitu salah tingkah, serba canggung dalam bertingkah laku.

Pengertian Doxing

Arti doxing mirip stalking dan snooping, namun lebih dalam lagi! Doxing, doksing, atau doxxing (berasal dari kata "dox", singkatan dari dokumen) adalah sebuah tindakan berbasis internet untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi secara publik (termasuk data pribadi) terhadap seseorang individu atau organisasi.

Pengertian Doxing

Doxing adalah sebuah praktik melalui internet untuk meneliti dan menyebarluaskan informasi pribadi ke publik terhadap seseorang individu

Doxing merupakan tindakan kejahatan digital yang berdampak serius termasuk peretasan akun pribadi dan perisakan (bullying).

Doxxing sebenarnya bukanlah praktik ilegal, namun memiliki konotasi negatif karena melanggar privasi seseorang, karena terkait perlindungan akun data pribadi dan sering digunakan untuk pembalasan atau vigilantisme.

Doxing disebut juga perundungan digital (digital bullying). Ini sering muncul di forum-forum dan sejumlah komunitas online. 

Di Indonesia doxing jelas dilarang dan diatur dalam Undang-Undang. Pasal 26 UU ITE menyebutkan bahwa informasi pribadi seseorang, tidak boleh digunakan (dan disebarluaskan) tanpa seizin pemilik informasi pribadi tersebut.

Itu dia ulasan tentang kata gaul berupa pengertian ghosting, stalking, dan doxing.*

Post a Comment