May 29, 2022

Pengertian Utas di KBBI dan Media Sosial Twitter

May 29, 2022

Pengertian Utas di KBBI dan Media Sosial Twitter

SUKA main Twitter? Tau dong arti kata "utas"? Ia bukan kata gaul. Istilah utas dominan di media sosial Twitter karena utas merupakan bagian dari fitur khas microblogging untuk berbagai informasi dan pendapat ini.

Jika kita ingin tahu pengertian utas atau kata lainnya, khususnya kata gaul, biasanya kita Googling. Nah, kalau kita "tanya" ke Google soal arti utas, maka halaman pertama Google akan menyebutkan Utas adalah Universitas Tasmania (University of Tasmania).

Namun, banyak juga yang membahas pengertian utas. Acuannya adalah definisi atau arti kata "utas" di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI Daring, utas artinya mahir atau pandai; tali atau kata penggolong untuk barang yang panjang (seperti tali, benang).

Nah, di Twitter, utas ini maksudnya adalah pengertian utas yang kedua, yakni "tali". Ia mengikat sebuah topik yang menjadi materi tweet.

Utas di Twitter adalah rangkaian Tweet yang terhubung dari seseorang. Dengan sebuah utas, Anda dapat memberikan konteks tambahan, pembaruan, atau poin tambahan dengan menghubungkan beberapa Tweet bersama. Sentuh ikon buat untuk menyusun Tweet baru.

Masih belum paham? Utas adalah bahasa Indonesianya thread atau tweet bersambung.

Thread atau utas adalah rangkaian pesan yang membentuk percakapan. Utas dimulai dengan pesan awal dan kemudian berlanjut sebagai serangkaian balasan atau komentar. Utas sangat penting untuk melacak percakapan di sebagian besar bentuk komunikasi online, termasuk media sosial dan email.

Di Twitter banyak tweeps (pengguna Twitter) yang membuat thread horor, thread resep masakan, thread meme, thread pengalaman, thread yang membahas isu serius, dan lain-lain.

Jadi, thread adalah kata dari bahasa Inggris yang berarti "utas". Fitur terbaru dari Twitter memudahkan kamu untuk membuat thread dengan cara membalas twit sendiri sampai menjadi sebuah rangkaian atau utas.

Demikian pengertian UTAS di media sosial Twitter, yaitu thread atau tweet yang bersambung semacam "kultwit".

Kultwit adalah kependekan dari kuliah lewat Twitter atau kuliah twit. Disebut kultwit karena biasanya merupakan rangkaian tweet dengan satu topik tertentu. Jika di luar negeri, disebut dengan “tweetstorm".*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Utas di KBBI dan Media Sosial Twitter

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *