October 10, 2022

Arti Goat dalam Sepakbola: Kenapa Ronaldo dan Messi Disebut Goat?

October 10, 2022

Arti Goat dalam Sepakbola: Kenapa Ronaldo dan Messi Disebut Goat?

GOAT adalah istilah dalam sepakbola yang ditujukan kepada pemain bintang yang sering mencetak gol atau bermain bagus untuk membuat timnya menang.

Goat ditujukan pada pemain memiliki kemampuan diatas rata-rata dibanding pemain lain. Pemain bola yang dijuluki GOAT antra lain Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski.

Pengertian Goat

GOAT adalah sebuah singkatan yang berarti Greatest of All Time atau diartikan sebagai "yang terbaik sepanjang masa".

Julukan itu ditujukan kepada pemain maupun olahragawan terbaik di antara rekan maupun pesaing lainnya. Namun, lebih populer dipakai dalam cabang sepak bola.

Secara bahasa, goat sendiri artinya kambing. Itulah sebabnya ikon kambing sering digunakan di media sosial saat menampilkan goat seperti Ronaldo dan Messi.

Jadi, secara harfiah, goat berarti kambing, Namun GOAT di sini merupakan akronim dari Greatest of All Time, istilah yang disematkan kepada seorang atlet yang dianggap terbaik di satu cabang olahraga.

Pencipta Istilah Goat?

Kata atau istilah goat pertama kali muncul pada tahun 1992. Adalah Lonnie Ali, istri petinju Muhammad Ali, yang menggunakannya.

Dikutip dari Tempo, sebelum diucapkan oleh istri Muhammad Ali, istilah goat memiliki konotasi yang negatif. Ketika itu, khususnya awal abad ke-20, para jurnalis olahraga di Amerika Serikat menggunakan istilah ini pada atlet yang gagal atau sedang dalam masa terburuknya. 

Saat ini istilah yang lazim disebutkan bagi pemain seperti itu adalah istilah flop.

Di tahun 2011, Frank Deford, penulis olahraga, kembali memopulerkan label goat dan menyatakan bahwa label GOAT merupakan salah satu bentuk terbaik untuk mendeskripsikan performa seorang atlet yang memiliki kualitas, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Arti Goat dalam Sepakbola: Kenapa Ronaldo dan Messi Disebut Goat?

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *