March 21, 2023

Pengertian Page Authority dan Cara Meningkatkannya

March 21, 2023

Web Page Authority kian penting bagi SEO website atau blog untuk banyak pengunjung. Berikut pengertian PA dan cara meningkatkannya.

Pengertian Page Authority  dan Cara Meningkatkannya

SERING denger istilah PA? PA banyak arti dan kepanjangan, mulai "Pe-A" dalam arti "gila", Personal Account, Pembawa Acara, hingga Page Authority.

Nah, yang dimaskud PA dalam postingan ini adalah PA singkatan dari Page Authoritu atau otoritas halaman.

Halaman yang dimaksud adalah halaman website atau blog, baik halaman depan (homepage) maupun halaman artikel (singe page).

Pengertian Page Authority

Semula, CB menduga PA atau otoritas halaman ini terkait dengan pemilik atau admin website/blog. Jika pemilik webnya sebuah lembaga resmi, misalnya instansi pemerintah, web kampus, atau web organisasi, maka peringkatnya akan tinggi di Google. 

Faktanya memang demikian. Postingan atau tulisan yang dimuat situs berita, situs resmi lembaga, dan web kampus, banyak nongol di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP) Google. Blog-blog pribadi seperti CB Blogger ini "nyungsep" di halaman ke sekian.

Ternyata, dari hasil "riset online" yang CB lakukan, Page Authority adalah istilah SEO yang digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari situs Anda akan ditemukan di mesin pencari.

Mengutip laman TechTarget, Otoritas halaman, dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO), adalah nilai yang diberikan mesin telusur ke halaman Web. Semakin tinggi nilainya, semakin besar kemungkinan mesin pencari akan mengembalikan halaman Web di awal hasil pencarian organik.

Pesan yang konsisten dari Google adalah "Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari" dan sedikit yang diketahui tentang bagaimana mesin pencari menilai otoritas mendukung filosofi itu.

Mesin pencari mengukur kualitas halaman melalui seperangkat algoritma pembelajaran mesin yang berusaha meniru cara manusia menentukan kualitas halaman Web. Tingkat kualitas ditentukan oleh faktor peringkat on-page dan off-page. 

Faktor peringkat pada halaman adalah hal-hal yang dapat dikontrol oleh penerbit Situs Web. Itu termasuk hal-hal seperti membuat konten yang bermanfaat dan menautkan ke konten lain yang bermanfaat dan relevan. 

Faktor peringkat di luar halaman adalah faktor yang tidak dapat dikontrol langsung oleh penerbit. Itu termasuk hal-hal seperti menerima tautan dari halaman Web berkualitas tinggi lainnya dan ulasan positif di media sosial. 

Faktor di luar halaman memiliki bobot lebih karena faktor tersebut cenderung dipengaruhi oleh penerbit yang mencoba meningkatkan peringkat mereka terlepas dari kualitas halaman mereka.

Menurut Moz, Otoritas Halaman (PA) adalah skor yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

Skor Otoritas Halaman berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan peringkat yang lebih besar.

Otoritas Halaman didasarkan pada data dari indeks web kami dan memperhitungkan lusinan faktor. 

Seperti Otoritas Domain, ini menggunakan model pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi algoritme yang berkorelasi paling baik dengan peringkat di ribuan SERP yang kami prediksi, lalu menghasilkan skor Otoritas Halaman menggunakan perhitungan spesifik tersebut.

Faktor Page Authority

Otoritas halaman web/blog harus tinggi agar bisa bersain dan bertahan di Google. Banyaknya blogger berhentu ngbelog mungkin karena "menyerah" dalam hal PA ini. 

Apa saja faktor yang memengaruhi PA sebuah website atau blog?

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang diduga dapat memengaruhi peringkat Page Authority dan kualitas halaman web, sehingga masuk di peringkat atas mesin pencari.

1. Konten Update, Fresh

Content is King! Konten adalah raja masih berlaku dan akan tetap berlaku. Konten adalah isi atau postingan website/blog dan konten yang disukasi Google, sekaligus berpengaruh pada PA, adalah konten update dan segar (fresh).

Google menyikai konten segar.

Selama bertahun-tahun, Google telah berupaya menghapus situs-situs web yang dianggapnya mati (tidak aktif) karena tidak ada update konten yang segar. 

Jadi, kita harus fokus pada konten yang segar, terbaru, atau update, agar situs web mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.

2. Broken Link

Tautan yang rusak akan menurunkan reputasi web. Update postingan bisa sekaligus memeriksa tautan keluar (external link) ataupun ke dalam (internal link) yang rusak (broken).

Jadi, Page Authority juga bisa ditingkatkan dengan cara membersihkan halaman website Anda dari tautan rusak. Anda perlu melakukan inspeksi dan menghapus atau mengubah jika ada broken link (tautan rusak) di website Anda.

Selain itu, Anda bisa meminta Google menghapus tautan-tautan eksternal berkualitas buruk yang menuju halaman tersebut. Tautan yang perlu diwaspadai adalah tautan yang berasal dari web dengan niche yang melanggar hukum dan tidak pantas. 

3. Backlink

Sama dengan konten, backlink atau link ke halaman web kita dari web lain sangat bagus buat SEO dan PA.

Membangun backlink merupakan SEO tersulit bagi banyak blogger. Cara jitu membangunnya adalah memasang Content Placement atau Sponsored Post di website lain, bayar.

Para ahli SEO menyarankan kita harus bikin postingan yang bagus banget, unik, berkualitas tinggi, sehingga akan mengundang orang lain nge-link ke postingan tersebut.

Membuat link ke halaman Anda dari situs lain adalah cara yang bagus untuk meningkatkan Page Authority Anda. Link ini meningkatkan kesadaran untuk situs Anda, dan bila digunakan dengan benar, dapat meningkatkan lalu lintas ke halaman Anda juga. 

Itu dia Pengertian Page Authority  dan Cara Meningkatkannya. Blogging memang tidak sekadar membuat postingan. Ada penerapan SEO juga. Demikian pula jadi pengelola website terutama content writernya.

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Page Authority dan Cara Meningkatkannya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *