May 8, 2023

Jangan Sepelekan Blog! Blogging Masih Efektif untuk Marketing Online

May 8, 2023

Blog masih bagus sebagai media promosi online. Blogging masih efektif sebagai strategi pemasaran internet.

Blogging Masih Efektif untuk Marketing Online

Blogging adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan dan berbagi informasi tentang bisnis Anda. 

Saat Anda membuat blog tentang tren terbaru, berita, dan acara yang terkait dengan "ceruk" (niche) bisnis Anda, calon pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan apa yang Anda tawarkan. Ini dapat membantu Anda menarik pelanggan baru dan membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sudah ada.

Apakah blogging masih relevan? Angka-angka pasti mengatakan demikian.

Ada 70 juta postingan baru setiap bulan. Akibatnya, blogging masih menjadi bagian penting dari strategi pemasaran online.

Faktanya, dalam survei 2022, dari semua mode pemasaran konten di luar sana, seperti video, infografis, ebook, dan acara online, 90% bisnis menggunakan blog untuk membantu memasarkan merek mereka dalam 12 bulan terakhir.

Pebisnis berfokus pada prioritas seputar blogging, seperti SEO, dan meluangkan waktu untuk memahami pelanggan mereka.

Tetapi jika Anda masuk ke SEO atau pernah menjadi pemasar konten, Anda mungkin bertanya-tanya apakah masih layak membangun strategi blog atau menghabiskan waktu untuk melakukan outsourcing blog. Ya, benar.

Meskipun media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi konten, bukan berarti blog dibiarkan begitu saja.

Blogging membawa lebih banyak lalu lintas (traffic) pengunjung dan dapat membantu membangun kesadaran dan otoritas merek (brand). Prospek serta trafik tersebut berubah menjadi pelanggan dan membantu menciptakan pemirsa.

Tetapi membuat blog berpengaruh yang memenuhi tujuan perusahaan Anda adalah topik lain.

Jadi, meskipun penting, penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk membuat strategi efektif yang melibatkan dan menumbuhkan audiens Anda serta menarik orang kembali ke situs web merek Anda.

Mengapa Blogging Masih Relevan?

Sekarang, mari pelajari mengapa blogging sangat penting untuk merek dan strategi yang digunakan merek teratas untuk memastikan blog mereka berpengaruh di era pemasaran online yang terus berkembang.

1. Blogging Membangun Loyalitas dan Kepercayaan

Blog membantu membangun loyalitas dan kepercayaan. Tapi bagaimana caranya?

Memberikan saran dan informasi tepercaya yang dapat digunakan konsumen akan membangun otoritas pada topik yang Anda diskusikan.

Blog adalah cara yang bagus untuk memelihara audiens Anda secara perlahan dan membuktikan keahlian Anda dalam hal industri dan lini produk Anda.

Bagian penting dari peningkatan konten adalah konsep E-A-T, yang merupakan singkatan dari keahlian, otoritas, dan kepercayaan.

Meskipun ini bukan faktor peringkat, Google membagikan bahwa E-A-T sangat penting untuk algoritmenya dan cara menganalisis serta mengenali konten.

Artinya, konten Anda memerlukan informasi yang akurat, informatif, dan bermanfaat di seluruh konten dan situs.

2. Blogging Meningkatkan Visibilitas

Bagian selanjutnya dari membangun konten yang hebat adalah memastikannya dioptimalkan oleh mesin pencari. Blog yang menjawab pertanyaan yang ditanyakan konsumen di industri Anda sangat membantu untuk SEO.

Selain itu, menggabungkan kata kunci di seluruh judul dan subjudul Anda yang menawan dan unik, serta konten unik Anda yang diteliti dengan baik, adalah cara yang pasti untuk membantu meningkatkan visibilitas.

Tautan internal atau backlink adalah cara lain untuk meningkatkan visibilitas. Pembuatan tautan di seluruh halaman lain, blog, dan halaman produk di situs Anda dapat membantu membangun visibilitas, kesadaran, dan otoritas merek.

Penting juga untuk melihat panjang blog yang sebanding dengan topik yang Anda diskusikan untuk memastikan Anda sepenuhnya membahas topik dan memenuhi panjang yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP).

3. Blogging Menciptakan Kesadaran Merek

Konten baru dan orisinal dapat membuat merek Anda lebih menonjol di antara pesaing Anda yang lain.

Saat mereka mencari jawaban atas pertanyaan mereka atau ingin mempelajari lebih lanjut, merek Anda berada di puncak SERP, memberi mereka informasi yang mereka butuhkan.

Semakin banyak Anda berinvestasi dalam strategi blog, semakin besar potensi yang Anda miliki untuk menumbuhkan kesadaran merek tidak hanya untuk SERP tetapi juga melalui berbagi di media sosial.

4. Blogging Menghasilkan Prospek Baru

Jika konsumen menyukai konten Anda, kemungkinan besar mereka akan menginginkan lebih.

Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan prospek baru dengan meminta mereka berlangganan daftar email Anda.

Dengan cara ini, ini tidak terlalu mengganggu daripada membuat mereka menyukai iklan yang meminta mereka mendaftar ke daftar email untuk mendapatkan kupon.

Meskipun ini bisa menjadi taktik yang bagus untuk prospek, blog membantu membangun koneksi sebelum meminta informasi mereka.

Jika mereka memilih untuk membaca konten Anda di situs Anda, mereka sudah menyukai konten Anda dan ingin mempelajari lebih lanjut. Ada lebih banyak hubungan dengan Andar melalui konten yang unik dan bermanfaat.

Anda kemudian dapat memasukkan pop-up berlangganan berlangganan di akhir blog atau ketika mereka menggulir, sehingga mereka dapat dengan cepat memasukkan informasi mereka dan terus membaca.

5. Blogging Mendorong Keterlibatan

Salah satu tujuan sebagian besar pemasar konten adalah terus membangun hubungan dengan pelanggan baru dan yang sudah ada.

Blog menyediakan lebih banyak konten yang dapat dibagikan daripada sekadar postingan produk atau layanan Anda agar konsumen dapat berbagi dengan orang lain di media sosial.

Ini cara yang bagus untuk mengedukasi pelanggan, memberikan kiat atau petunjuk, dan menciptakan lebih banyak hubungan dengan merek Anda.

Seiring waktu, perlahan-lahan mengingatkan konsumen tentang merek Anda melalui konten Anda dapat membantu mengubah pembaca menjadi pelanggan jangka panjang.

Selain itu, blog dapat menambahkan poin menarik ke perjalanan pelanggan dan menawarkan berbagai peluang untuk membagikan konten Anda.

Terakhir, ini melibatkan konsumen dengan topik yang sudah mereka minati atau ingin pelajari, menciptakan lebih banyak kegembiraan untuk keterlibatan.

6. Blogging Memungkinkan Anda Memahami Kebutuhan Pelanggan

Umumnya, konsumen tidak memiliki banyak waktu untuk membaca blog, jadi penting untuk menemukan apa yang sesuai dengan mereka agar mereka tetap di halaman.

Mencoba menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan dan menjawab pertanyaan mereka adalah untuk apa blog dibuat dan dapat menguntungkan Anda dan pelanggan.

Dengan cara ini, Anda telah meluangkan waktu untuk meneliti lebih lanjut dan memahami target pasar Anda, dan mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Blog juga menawarkan ruang yang mengundang untuk meninggalkan ulasan dan umpan balik. Anda dapat menemukan area yang bagus untuk peningkatan dan ide baru untuk keterlibatan blog.

Misalnya, mungkin seseorang meninggalkan pertanyaan, dan pertanyaan itu menjadi topik yang bagus untuk posting blog lainnya.

Ini sangat bagus untuk inspirasi masa depan, terhubung dengan pelanggan, dan memahami kebutuhan mereka.

Apa Masa Depan Blogging?

Blogging telah mengalami transformasi yang cukup selama bertahun-tahun dalam strategi untuk mengoptimalkannya dan praktik terbaik untuk terlibat dengan pembaca.

Google Trends menunjukkan bahwa pemasaran konten dan blogging bergabung di beberapa titik, meskipun fokusnya kini beralih ke konten secara keseluruhan.

Jangan membuat blog hanya untuk membuatnya karena menurut Anda hal itu dapat membantu visibilitas merek Anda.

Mesin pencari telah berkembang seperti halnya blog dan lebih baik dalam mengevaluasi konten.

Selain itu, orang juga tidak punya waktu untuk membaca konten yang panjang dan tidak pernah berakhir, di mana sulit untuk menemukan poin-poin utamanya.

Konten membutuhkan judul dan subjudul yang deskriptif dan menarik, serta konten yang jelas dan ringkas dengan kata kunci yang efektif.

Sangatlah berharga untuk membahas suatu topik secara menyeluruh sehingga seseorang dapat memahaminya tetapi juga langsung ke intinya – tidak ada kesalahan tambahan.

Selain itu, sangat penting untuk membuat strategi konten jangka panjang untuk memastikan Anda tidak hanya memenuhi tujuan bisnis umum tetapi benar-benar menjangkau dan memahami target pasar Anda.

Blog tidak hanya dapat mendatangkan prospek tetapi juga menumbuhkan kesadaran merek untuk target pasar Anda. Jika Anda meluangkan waktu untuk memahami taktik SEO sederhana dan cara menjangkau audiens Anda, Anda pasti akan memiliki fondasi postingan blog yang berkembang pesat. (Entrepreneur, SEJ).

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Jangan Sepelekan Blog! Blogging Masih Efektif untuk Marketing Online

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *