July 18, 2023

Pentingnya Sistem Manajemen Aset untuk Mengelola Aset Perusahaan

July 18, 2023

Pentingnya Sistem Manajemen Aset untuk Mengelola Aset Perusahaan

Aset merupakan modal atau sumber kekayaan yang dimiliki oleh sebuah entitas maupun perusahaan untuk memberikan manfaat di masa yang akan datang. Keberadaan aset akan sangat membantu perusahaan dalam menjalankan segala kegiatannya.

Untuk itu, aset harus dikelola dengan baik agar kinerja perusahaan dapat meningkat. Biasanya perusahaan menggunakan sistem manajemen aset untuk mengotomatisasikan berbagai prosedur pengelolaan aset, sehingga perusahaan tidak perlu melakukannya secara manual.

Melihat betapa pentingnya pengelolaan aset, berikut akan kami jelaskan tentang apa saja keuntungan dari sistem manajemen aset bagi perusahaan.

Apa Itu Sistem Manajemen Aset?

Sebelum kita membahas tentang keuntungan dari menggunakan sistem manajemen aset di perusahaan, alangkah baiknya ketahui dulu apa itu sistem informasi manajemen aset.

Sistem informasi manajemen aset adalah software untuk melakukan tracking atau monitoring aset-aset penting yang dapat menunjang pengambilan keputusan dalam rencana anggaran operasional pengelolaan dan pemeliharaan aset, termasuk akuisisi investasi baru.

Bila perusahaan melakukan pelacakan aset menggunakan spreadsheet secara langsung, penggunaan sistem informasi aset akan lebih membantu perusahaan dalam mengevaluasi data khusus untuk setiap aset.

Dengan begitu, sangat memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam pengelolaanya, jika dibandingkan menggunakan cara manual seperti menggunakan spreadsheet.

5 Keuntungan Pengelolaan Aset Menggunakan Sistem Manajemen Aset

Tidak sedikit perusahaan yang memiliki banyak aset, namun tidak memanfaatkannya secara maksimal.

Maka dari itu, sebuah sistem manajemen aset seperti software asset management akan diperlukan dalam proses pengelolaannya.

Terdapat berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan mengimplementasikan sistem ini di perusahaan, di antaranya:

1. Aset Perusahaan Akan Lebih Terjaga

Bila perusahaan menerapkan sistem manajemen aset, sama halnya dengan memudahkan perusahaan dalam melacak posisi aset, hingga mengatur jadwal maintenance selanjutnya.

Dengan bantuan sistem ini, perusahaan dapat mengatur kapan harus membeli aset baru atau kapan harus melakukan penghapusan aset.

2. Proses Audit Semakin Mudah

Penggunaan sistem pengelolaan aset dalam proses pencatatan yang dilakukan secara terstruktur, dapat mempermudah proses audit di kemudian hari.

Umumnya, kendala yang sering ditemui dalam proses audit adalah ketidaksesuaian antara jumlah aset yang sebenarnya dengan aset yang tercatat. Sehingga, dengan sistem pengelolaan ini, auditor perusahaan akan lebih mudah melakukan audit aset.

3. Pencatatan Lebih Detail dan Akurat

Menggunakan cara manual dalam pendataan aset, sangat rentan mengalami human error. Sementara, jika Anda menerapkan sebuah sistem seperti software asset management, informasi tentang aset yang didapatkan akan lebih jelas dan detail.

Misalnya, data pengguna aset, status aset, hingga lokasi aset dapat diakses dengan cepat dan tepat, sehingga aset dapat dikontrol dengan mudah.

4. Hemat Waktu dan Sumber Daya

Jika perusahaan Anda masih menerapkan cara manual dalam pengelolaan aset, biasanya petugas audit akan mencocokkan dokumen pembelian dengan fisik aset yang ada di lapangan.

Tentu saja hal tersebut sangat menyita waktu dan tenaga bukan? Untuk itulah, proses inventaris akan lebih mudah dan lebih efisien jika menggunakan bantuan software asset management.

5. Menghasilkan Laporan Keuangan yang Akurat dan Terpercaya

Laporan keuangan menjadi elemen penting dalam mengukur pertumbuhan perusahaan. Dari laporan ini, perusahaan akan mengetahui lebih jauh, apakah kondisi perusahaan tumbuh dengan baik atau malah sebaliknya.

Laporan keuangan yang sering kali dilihat oleh pihak ketiga adalah jumlah dan nilai aset yang dicantumkan dalam neraca keuangan. Pihak ketiga yang dimaksud misalnya calon investor, partner perusahaan, atau bank.

Selain proses auditnya lebih mudah dan cepat, dengan menerapkan sistem informasi manajemen, laporan keuangan pun menjadi lebih kredibel dan terpercaya.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya penerapan sistem manajemen aset untuk mengelola aset perusahaan Anda. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pentingnya Sistem Manajemen Aset untuk Mengelola Aset Perusahaan

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *