November 8, 2023

Cara Membuat Video Murottal Qur'an - Memasukan Teks Ayat Arab ke Adobe Premiere Pro

November 8, 2023

Cara Membuat Video Murottal Qur'an

Salah satu masalah yang CB hadapi saat membuat video murottal Qur'an adalah memasukkan teks Arab, berupa ayat Al-Qur'an, saat edit videonya di Adobe Premiere Pro. 

Cara mengatasi masalah ini mudah. CB menemukan dua video tutorial yang pas, cocok buat mengatasi masalah dalam memasukan teks ayat (Arab) ke Adobe Premiere Pro, sebagaimana disajikan di bawah postingan ini.

Yang dimaksud video murottal Qur'an adalah video berisi rekaman bacaan Al-Qur'an. Secara bahasa, murottal adalah singkatan dari "murajaah tilawah" yang berarti "mendengarkan atau membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar."

Secara istilah, murottal Quran adalah istilah yang merujuk pada rekaman suara atau bacaan Al-Qur'an yang dilakukan oleh seorang qari (orang yang membaca Al-Quran atau memiliki keahlian dalam membaca Al-Quran dengan tartil dan tajwid yang baik).

Banyak qari terkenal yang telah membuat rekaman murottal Quran yang terkenal di dunia. Nama-nama seperti Sheikh Mishary Rashid Alafasy, Sheikh Saad Al-Ghamdi, dan Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais sudah dikenal di kalangan umat Islam yang suka mendengarkan murottal Qur'an.

Cara Membuat Video Murottal Qur'an 

Yang CB maksud adalah cara memasukan teks ayat Al-Qur'an yang berbasaha Arab ke video yang kita bikin di Adobe Premiere Pro.

Setelah memasukkan video dan/atau audio murottal, biasanya video murottal Quran dilengkapi dengan tampilan ayat yang dibacanya. Nah, berikut ini caranya.

CB memasukan dua tips tersebut dan berhasil. Begini intinya.

1. Download dan install Font Arab

Buka saja laman Arabic Fonts lalu download, extract, dan INSTALL font tersebut di komputer Anda. Font yang terpasang otomatis akan muncul saat edit video murottal di Adobe Premiere.

2. Setting

Langkah berikutnya dalam proses memasukkan teks Arab (ayat Qur'an) ke Adobe Premiere adalah melalukan seting di Adobe Premiere Pro, di file projet Murottal Anda. Berikut ini tahapannya:
  1. Klik menu Edit
  2. Klik Prefrences
  3. Pilih Graphics
  4. Klik South Asian and Middle Eastern
  5. Jangan lupa klik juga Gindi Digits
  6. Pilih juga Right to Left
Selesai!

Kini Adobe Premiere Pro Anda siap menampilkan teks bahasa Arab seperti ayat Al-Quran dan hadits. Copas saja teks ayat Al-Qur'annya, misalnya dari laman quran.com.

Sampai di sini, CB berhasil, tanpa harus mengubah setelan bahasa Inggris menjadi bahasa Arab (AR).

Demikian Cara Membuat Video Murottal Qur'an - Memasukan Teks Ayat Arab ke Adobe Premier Pro. Selengkapnya bisa simak dua video tutorial berikut ini.

VIDEO 1 Font Arab Adobe Premiere


VIDEO 2 Setting Teks Arab Adobe Premiere

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Membuat Video Murottal Qur'an - Memasukan Teks Ayat Arab ke Adobe Premiere Pro

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *