December 21, 2023

Hari Jadi Persib Bandung 5 Januari 1919, Jersey Bukan Biru

December 21, 2023

Hari Jadi Persib  Bandung 5 Januari 1919, Jersey Bukan Biru

Hari Jadi Persib Bandung adalah 5 Januari 1919. Demikian resmi ditetapkan berdasarkan hasil penelitian sebagaimana dirilis web resmi Persib. "Persib secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi dari 14 Maret 1933 ke 5 Januari 1919."

Jersey Persib juga awalnya bukan biru, melainkan merah-hitam. Saat ini klub berjuluk Maung Bandung itu identik dengan warna biru. Bahkan web resmi klub sering menjuluki Persib sebagai "Pangeran Biru".

Berikut ini ringkasan informasinya dari laman resmi Persib dan pemberitaan tentang perubahan hari jadi Persib dari  14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919.

Kenapa 5 Januari 1919?

Dasar penetapan 5 Januari 1919 sebagai hari jadi Persib yang baru adalah adanya momen kesepakatan dalam vergadering (rapat) 13 klub pribumi (Bandung), seperti KBS, BB (Bintang Bandoeng), STER (Steeds trappen en rennen), Diana (Doe is alles niet achteruit), Zwaluw, BIVC, BVC, KVC, VVC, Visser, NVC, Brom, dan Pasar Ketjil.

Klub-klub itu bersepakat untuk mendirikan sebuah bond atau perserikatan bernama Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond (BIVB). Fakta tersebut ditemukan dalam pemberitaan surat kabar Kaoem Moeda edisi 7 Januari 1919.

Penelitian tentang kapan sebenarnya Persib Bandung berdiri dilakukan karena belum ditemukan bukti otentik penetapan pada 14 Maret 1933 sebagai hari jadi Persib.

Selain itu, Persib merupakan salah satu dari tujuh perserikatan (bond) pendiri Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 19 April 1930. Jadi, tidak mungkin klub pendiri PSSI lahir tiga tahun kemudian (1933).

Dengan demikian, Persib yang sebelumnya bernama Bandoengsch Inlandsch Voetbal Bond (BIVB), sudah sepatutnya berdiri lebih dulu dari PSSI.

Jersey Persib Bukan Biru

Hal menarik lainnya adalah soal jersey atau kostum pemain Persib.  Tim Peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) menemukan sejumlah fakta menarik terkait sejarah Persib Bandung, termasuk logo dan warna jersey tim pada zaman dahulu.

Berdasarkan hasil riset ilmiah dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad, Prof. Kunto Sofianto, Ph.D, ditemukan fakta Persib sempat menggunakan jersey berwarna merah dan hitam.

Terkait logo, Kunto Sofianto mengatakan, Persib sebelum tahun 1950-an tidak menggunakan logo yang spesifik. Tim peneliti menemukan fakta logo Persib hingga tahun 1957 pun kemungkinan belum memakai logo yang digunakan saat ini, karena masih ada pengaruh dari klub Eropa.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Hari Jadi Persib Bandung 5 Januari 1919, Jersey Bukan Biru

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *