Mengatasi Gambar Salah (Tidak Muncul) Saat Posting Share ke Facebook

Share di Facebook
Cara mengatasi gambar (thumbnail image) posting blog yang salah atau tidak muncul saat share ke Facebook.

KADANG bahkan sering, saat posting atau tulisan di-share ke Facebook, gambar yang nongol di Facebook bukan foto yang ada di tulisan, tapi yang lain. Kadang juga yang muncul cuma judul doang.

Kalo soal mengatasi judul doang yang muncul, sudah ada solusinya:  Memunculkan Deskripsi (Alinea Pertama) Posting di Share Facebook.

Share ke Facebook merupakan salah satu trik SEO untuk mengundang pengunjung dan menyebar link ke blog kita, minimal "link effect".

Mengatasi Gambar Salah (Tidak Muncul) Saat Posting Share ke Facebook

Untuk memunculkan gambar, foto, atau image posting yang benar di Facebook, lakukan dua hal ini:

1. Pastikan gambar yang diupload berukuran minimal 200x200 Pixel atau lebih besar.
2. Tambahkan kode meta tag "Open Graph Image Property" berikut ini ke dalam template Anda.
3. Copas kode berikut ini bagian kode <head> di bawah kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> 

<b:if cond='data:blog.postImageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/>
<b:else/>
<meta content='URL Alternate Image' property='og:image'/>
</b:if>

4. Ganti URL Alternate Image dengan link gambar yang akan muncul jika postingan tidak ada gambarnya.

Ingat, ukuran gambarnya juga minimal 200 x 200px.

5. Save!

Facebook butuh waktu sekitar 24 jam untuk mengenali perubahan itu di blog Anda. Namun, kita bisa mempercepatnya dengan memasukkan salah satu link posting sekalius mengetesnya di  Facebook's Open Graph Debugger Tool.

MASIH TIDAK MUNCUL ???

CB sudah update soal gambar thumbnail tidak muncul saat posting di-share ke Facebook ini dengan menyertakan kode meta tags sosial lengkap. Silakan buka: Mengatasi Masalah Gambar Posting Tak Muncul di Facebook.

Good Luck! (http://www.contohblog.com).*

Sumber

28 Komentar untuk "Mengatasi Gambar Salah (Tidak Muncul) Saat Posting Share ke Facebook"

apakah di template NJW V3 sudah dikasih kode begituan? mohon pencerahannya

nah kalao mau share banyak artikel berarti harus ke edit html lagi dong ya?cara otomatisnya ada gak ya?

silakan simak baik-baik posting di atas.......

numpang tanya om CB, di saya tdk ada kode "b:include data='blog' name='all-head-content" di antara "head" jadi saya tambahkan bisa tdk om CB ?

kalau kode
 
tidak ada di dalam HTML bagaiama?

ngga bisa ada bacaan elemen meta harus pakai >

Bisa, intinya, simpan di bawah kode < head >

Simpan di bawah kode < head >

intinya, simpan kode di atas di bawah kode < head >

akhirnya ketemu juga nih artikelnya :)

Scrib udah saya pasang dibawah kode head tapi kok masih blum berubah..

Tips yang bisa di andalkan . saat lagi mampet ..
bagus artikelnya kawan !

gan html saya jadi errror gmn niiih di bawahnya ada kodenyang mirip dengn kode yang agan kasih gmn tuh?/!

Saya hanya punya pengalaman juga thumbnail tidak muncul di salah satu posting. Padahal yang lain muncul.

Usut punya usut ternyata judul posting saya pake tanda petik ('). Setelah saya remove tanda (')nya, thumbnail akhirnya mau nongol juga.

Untuk kawan-kawan yang masalah sama dengan saya bisa coba cara tersebut.

Kalo memang berguna bisa ditambahkan ke artikelnya pak admin. Salam

kalau yag wordpress gimana caranya?

di tamplete saya tidak ada kode ini gan , jadi di taruh dmna ya ?

Gak bisa min, yang muncul malah ini "Kesalahan saat mengurai XML, baris 14, kolom 45: Element type "meta" must be followed by either attribute specifications, ">" or "/>"."

klaw kasusnya bukan gambar artikel yang muncul tapi logo blog yang muncu di postingan di Facebook

Yang poin 4 saya tidak paham maksudnya...

Sila coba lagi... kode sudah diperbaiki

WP mah pake plugin aja. Kalo wp gratisan, ganti template, gak bisa diedit

Sila coba lagi, kode sudah diperbaiki, di baris kedua koma-nya nempel ke property, harusnya nempelnya ke Url

Url link gambar, misalnya:
https://lh3.googleusercontent.com/-AFZMVwv2E5A/VPuzZyAIr0I/AAAAAAAAHd0/QZwVnXBbXL4/w272-h60-no/contoh-blog-logo.png

min, kalau url kita share ke fb , tapi yg muncul hanya link blog bukan link artikelnya , gmana ngatasinya gan ?

Komentar spam, menyertakan link aktif dan alamat blog tidak akan muncul. Tidak semua pertanyaan sempat atau bisa dijawab. Thanks for visiting and the comment :)

Contact Form

Name

Email *

Message *